Jalan-jalan

4 April 2019

Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Pergi ke Luar Negeri Bersama Si Kecil

Agar liburan keluarga jadi berkesan, ini yang perlu Moms persiapkan sebelum wisata ke luar negeri dengan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun akan menantikan perjalanan ke luar negeri. Mengajak Si Kecil ke luar negeri dapat menjadi wisata edukatif dan menyenangkan bersama keluarga.

Si Kecil akan mengunjungi wilayah-wilayah baru, belajar aneka ragam budaya di negara tersebut, dan mempelajari bahasa asing.

Agar rencana liburan berjalan lancar, Moms perlu menyiapkan beberapa hal penting saat berlibat ke luar negeri bersama anak. Hal ini untuk mengantisipasi jika Si Kecil rewel atau tidak bisa diajak kerja sama sepanjang perjalanan.

Karenanya, penting untuk memastikan anak tetap terhibur. Berikut ini hal yang perlu Moms persiapkan untuk rencana liburan keluarga ke luar negeri, dikutip dari Kids Are A Trip dan Mom Voyage.

1. Tentukan Tujuan di Peta

Segera setelah Moms memiliki tujuan dalam pikiran, tunjukkan Si Kecil kemana tujuan liburan nanti di peta, tunjukkan juga di mana Moms dan keluarga akan tinggal.

Diskusikan jarak dan metode bepergian nanti. Bagaimana caranya agar sampai di sana? Berapa lama untuk mencapai tujuan akhir? Jenis transportasi apa yang akan digunakan? Apakah ada perubahan waktu?

Mulailah percakapan dengan Si Kecil terkait perjalanan ini dan jawab pertanyaan mereka sebanyak mungkin.

Baca Juga: Yuk, Ikuti 5 Tips Menyusui di Pesawat dengan Nyaman

2. Libatkan Si Kecil Dalam Perencanaan Liburan

anakluarnegeri1 telegraphcouk

Foto: telegraph.co.uk

Pergilah ke perpustakaan dan cari tahu tentang negara yang akan dikunjungi. Lihatlah buku-buku non-fiksi dari perpustakaan tentang negara-negara atau temukan buku-buku fiksi yang terkenal di negara tersebut.

Anak-anak suka mendengar cerita karakter fiksi yang terjadi di kota-kota yang akan mereka kunjungi. Bicara juga tentang orang, makanan, lanskap, iklim yang akan dikunjungi.

3. Beli Mata Uang Asing dan Diskusikan dengan Anak

Tukar uang Moms dengan mata uang asing di negara tersebut untuk memberikan kesempatan mengajar yang baik bagi anak-anak.

Moms bisa mengajari mereka tentang nilai tukar uang, berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk berwisata, dan bagaimana menetapkan anggaran untuk biaya hidup di sana.

4. Ajarkan Si Kecil Bahasa Dasar Negara Tersebut

anakluarnegeri1 familyfocusorg

Foto: familyfocus.org

Sebelum pergi, sempatkan mengajari anak-anak beberapa frasa yang umum digunakan. Moms bisa mengajak Si Kecil mengikuti kelas bahasa di sekolah bahasa setempat.

Atau jika Moms memiliki kerabat atau teman yang berbicara bahasa asing, minta mereka untuk mengajari anak-anak beberapa kata.

Cara lain, Moms bisa melibatkan mainan seperti permainan bilingual, kartu, atau kamus gambar bilingual.

Baca Juga: Yuk, Tiru 7 Travel Hack Para Selebriti Saat Liburan Bersama Balita

5. Pelajari Tentang Masakan di Negara Tersebut

Temukan resep atau makanan dari negara yang akan dikunjungi dan cobalah beberapa resep di rumah sebelum bepergian.

Ketika Moms mengenalkan makanan baru khas negara tersebut kepada Si Kecil, akan membuat mereka lebih bersedia mencicipi makanan ketika mereka pergi ke sana dan menemukan makanan tersebut di jalan.

6. Biarkan Mereka Berkemas Sendiri

anakluarnegeri1 tastecompany

Foto: taste.company

Biarkan Si Kecil mengepak sendiri tasnya. Ini memberi mereka rasa tanggung jawab dan membangun perasaan gembira ketika hendak pergi ke suatu tempat.

Bepergian ke luar negeri memang membutuhkan persiapan yang matang, terutama ketika pergi dengan anak-anak. Karenanya, pastikan Moms sudah membawa bekal yang cukup untuk mendapatkan pengalaman liburan yang baru.

Penting untuk membuat Si Kecil merasa nyaman ketika ia sedang berada di lingkungan yang asing, sehingga ia tidak merasa canggung dan bingung yang akhirnya bisa merusak liburan keluarga.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Moms siapakan saat hendak bepergian ke luar negeri bersama Si Kecil. Selamat berlibur!

(AP/AND)

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait