Rupa-rupa

4 Mei 2021

Jelang Idul Fitri, Tengok Ide Hampers Lebaran Menarik untuk Keluarga dan Kerabat!

Berbagai ide unik hampers untuk menyambut Idul Fitri
placeholder

Foto: instagram.com/flour.up

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Amelia Puteri

Wah sudah pertengahan bulan Ramadan, nih, Moms. Siapa yang sudah menyiapkan hampers Lebaran untuk orang-orang terkasih? Atau Moms malah masih bingung ingin memberikan apa?

Walaupun bukan sesuatu yang wajib, memberikan hampers sudah menjadi salah satu tradisi unik saat menyambut hari Lebaran di Indonesia.

Dengan mudah, kita akan menemukan beragam parcel-parcel yang unik dan cantik di pertokoan di bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri.

Memilih hampers Lebaran memang sesuatu yang menyenangkan sekaligus memusingkan, ya, Moms. Kadang, kita sudah mulai memikirkannya di awal bulan Ramadan.

Alasannya tentu saja, kita ingin memberikan yang terbaik saat menyambut hari kemenangan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Baju Lebaran Untuk Ibu Hamil

Makna Membagikan Hampers

lebaran.jpg

Foto: etsy.com

Bingung ingin memberikan hampers apa di hari Lebaran memang sudah menjadi agenda bagi sebagian Moms di rumah. Hampers Lebaran tentu dikirimkan dengan tujuan baik dan dengan perasaan bahagia menyambut Idul Fitri.

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia menjadikan hal ini sebagai tradisi, yaitu:

1. Menjaga Tali Silaturahmi

Hampers dikirimkan dengan tujuan untuk ucapan Lebaran kepada keluarga dan rekan. Tujuannya untuk mengucap syukur, permohonan maaf, dan rasa terimakasih.

Maka dengan tulus dan ikhlas, hampers dikirimkan di hari yang penuh maaf dan juga untuk tetap menjalin tali silaturahmi.

2. Berbagi Ke Sesama

Selain mengirim untuk orang terkasih, Moms juga bisa mengirimkan hampers Lebaran kepada siapapun dengan tujuan berbagi ke sesama. Tidak sedikit saudara kita yang tidak bisa menikmati Lebaran dengan meriah.

Melalui hampers ini, Moms ikut membagikan semangat menyambut bulan yang baru.

3. Pengganti THR

Tidak hanya sebagai hadiah, ternyata di beberapa daerah, hampers lebih disukai untuk dibagikan dibanding dengan Tunjangan Hari Raya (THR).

Jadi, hampers bisa digunakan sebagai pengganti THR, lho, Moms. Biasanya opsi ini dipilih untuk "menyembunyikan" nominal yang diberikan. Hal ini sah-sah saja kok dilakukan, karena bermaksud untuk tidak riya'.

Baca Juga: 7 DIY Packing Untuk Momen Lebaran

Ragam Ide Hampers Lebaran yang Unik

Hampers Lebaran biasanya tidak jauh dari kue kering, kudapan kaleng, dan minuman kemasan ya, Moms? Karena banyak disukai, memang tepat rasanya kalau kita berikan di hari Lebaran untuk dinikmati bersama keluarga dan orang tersayang.

Tapi jangan bingung untuk Moms yang bosan dengan isi hampers itu-itu saja dan ingin memberikan sesuatu yang baru dan unik. Gak ada salahnya untuk mencoba hal baru setahun sekali, bukan?

Ini dia, Moms, beberapa ide hampers Lebaran yang berbeda dan bisa Moms coba untuk Lebaran tahun ini!

1. Cupcakes Buatan Sendiri

cupcakes.jpg

Foto: pinterest.com

Moms ada yang punya hobi baking atau baru berkeinginan untuk belajar? Ternyata kue buatan sendiri juga gak bisa dijadikan ide hampers Lebaran, lho!

Salah satu yang bisa Moms coba buat adalah cupcakes atau kue mangkuk. Cara membuatnya mudah dan rasanya dijamin enak. Moms bisa mengkreasikan topping cupcakes untuk disesuaikan dengan suasana Idul Fitri.

Karena alasan ketahanan, Moms bisa berikan cupcakes ke keluarga dekat dan tetangga sekitar.

Yakin untuk membuat cupcakes sebagai hampers Lebaran tahun ini? Berikut adalah resep simple ala Wildan Willy yang bisa Moms ikuti, yuk dicoba!

Bahan:

  • 170 gram gula halus
  • 120 gram mentega/margarin
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 2 butir telur
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm susu bubuk
  • 150 ml air

Cara Membuat:

  1. Ayak tepung terigu bersama dengan baking powder, lalu sisihkan.
  2. Campurkan susu bubuk dengan air, aduk hingga larut.
  3. Campurkan gula halus, mentega, dan vanila bubuk hingga merata. Jika sudah, tambahkan telur dan mixer hingga mengembang.
  4. Turunkan kecepatan mixer menjadi sedang, lalu masukkan capuran tepung terigu dan baking powder, aduk rata.
  5. Selanjutnya masukkan larutan susu, aduk kembali hingga tercampur sempurna.
  6. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat selama 10 menit.
  7. Tuang adonan ke cetakan cupcakes yang sudah disediakan.
  8. Masukkan cupcakes ke dalam oven dan panggang selama 25 hingga 30 menit. Jangan lupa cek dengan tusuk gigi agar dipastikan cucpakes matang hingga dalam.
  9. Jika cupcakes sudah matang, diamkan di suhu ruang hingga dingin dan cupcakes bisa dihias dengan berbagai topping sesuai selera.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Mekar dan Ketan Hitam Enak, Anti Gagal!

2. Hampers Piring dan Alat Makan

hampers piring.jpg

Foto: pinterest.com

Hampers Lebaran berupa piring dan alat makan juga bisa Moms jadikan pilihan, nih. Selain tampak cantik, hampers satu ini juga bisa digunakan berulang dan memiliki jangka waktu yang panjang.

Moms juga bisa sesuaikan tema piring, gelas, alat makan, dan serbet, sesuai dengan warna kesukaan sang penerima hampers.

Dibungkus dengan keranjang anyam dan plastik bening, akan membuat hampers Lebaran satu ini tampak cantik. Jangan lupa juga berikan kartu ucapan Lebaran, ya.

Jika takut pecah, Moms juga bisa menggantinya dengan piring serta alat makan berbahan kayu. Kini banyak tersedia aneka kerajinan kayu buatan lokal yang tidak kalah bagusnya. Selain awet, bingkisan hampers piring kayu juga ramah lingkungan.

3. Peralatan dan Kebutuhan Masak

30356b52da7b03649e4f92359a909741.jpg

Foto: pinterest.com

Siapa sangka peralatan dan kebutuhan memasak yang terlihat sederhana ternyata bisa menjadi pilihan hampers Lebaran yang berkesan?

Moms bisa jadikan ini sebagai pilihan untuk diberikan ke sahabat dan keluarga yang hobi memasak.

Untuk isinya, Moms bisa memberikannya kejutan, misalnya dengan memberikan alat masak yang diimpikan atau bahan-bahan yang belum pernah dicoba untuk dimasak agar bisa digunakan untuk bereksperimen setelah Lebaran.

Seru banget, ya Moms?

Baca Juga: Hati-hati, Lebaran Banyak Makanan, Ini Pantangan Bagi Ibu Hamil

4. Lilin Aroma

scented candle.jpg

Foto: pinterest.com

Lilin aroma atau scented candle akhir-akhir ini memang sedang menjadi viral, ya Moms. Kemasan dan bentuknya yang cantik, ditambah memiliki wangi yang beragam, tidak heran benda satu ini banyak diminati.

Nah, Moms bisa banget memilih lilin aroma sebagai hampers Lebaran kali ini. Untuk menemukannya pun tidak sulit, kini banyak toko baik in store dan online yang khusus menjual lilin aroma dengan cirinya masing-masing.

Moms bisa menemukan lilin aroma terapi, aroma segar buah-buahan, bunga, hingga aroma manis khas kue yang dapat menaikkan mood ruangan!

5. Alat Sholat

alat sholat.jpg

Foto: pinterest.com

Ingin memberikan hampers yang penuh makna? Moms bisa memberikan hampers berisi peralatan sholat untuk menyambut Lebaran.

Saat memasuki Idul Fitri, tidak sedikit orang yang berbelanja peralatan sholat baru untuk dipakai sholat Ied. Nah, Moms bisa banget memanfaatkan hal tersebut untuk berbagi.

Hampers satu ini dijamin unik dan bermanfaat.

Itu tadi Moms beberapa ide untuk hampers Lebaran yang unik dan bisa Moms berikan kepada orang terkasih dalam menyambut Idul Fitri.

  • https://cookpad.com/id/resep/1020094-%F0%9F%8C%B8vanilla-cupcake-%F0%9F%8C%B8-simple-for-beginner?ref=search&search_term=cupcake%20sederhana%20anti%20gagal
  • https://www.etsy.com/listing/821812582/candle-molds-candle-making-kit-candle?epik=dj0yJnU9eTRqaFRuVW5Nc2RhTG92SHZsVDdZSTU5eEt1QW9kQ0smcD0wJm49bXFLXzdUWXhrVWVBZjhpdTlNUEN3USZ0PUFBQUFBR0NLYzdR
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait