Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tanya Pakar | Jul 27, 2018

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ternyata Sebabkan Nyeri Perut Sebelah Kanan

Bagikan


Tanya : 

Saya wanita 20 tahun. Sekitar 3 minggu yg lalu saya punya keluhan perut bagian bawah kanan nyut-nyutan, seperti ditusuk-tusuk. Rasa tersebut juga saya rasakan di perut bagian kanan, sebelah pusar.

Pada waktu itu, perut saya terasa penuh, terasa sering ingin buang angin, tapi susah keluar. BAB & BAK masih seperti biasa, tak ada keluhan.Setelah makan, dan disaat berdiri, daerah ulu hati terasa sesak, keras, dan ketika membungkuk, rasanya mengganjal.

Punggung bawah dan pinggang pegal-pegal. Pernah juga saya rasakan nyeri yang sama di perut bgn kiri bawah dan samping pusar, namun sangat jarang dalam waktu 3 minggu ini. Siklus haid saya biasanya tepat waktu atau bisa maju mundur 2 hari, terakhir kali mundur sekitar 1 minggu.

Saya sudah 2 kali periksa ke dokter, katanya radang usus buntu dan saya hanya diberi obat-obatan.

Gejala-gejala tersebut kini sudah mulai hilang, namun terkadang secara sengaja saya rasa-rasakan dengan menggerakkan paha kanan ke atas, perut sebelah kanan pusar rasa sakitnya masih menusuk.

Kira-kira apa ada indikasi penyakit lain selain apendisitis dok? Apakah apendisitis bisa sembuh tanpa operasi? Terima kasih dok.

Jawab :

Berikut merupakan penyebab sakit perut sebelah kanan bawah

1. Appendicitis (Radang usus buntu)

Usus buntu atau apendix terletak pada perut sebelah kanan bawah, pada suatu ketika bisa terjadi peradangan pada usus buntu yang kita kenal dengan istilah appendicitis.

Gejala khas radang usus buntu ini yaitu nyeri tekan perut kanan bawah, hilang nafsu makan, mual dan muntah segera setelah perut sakit, demam, perut kembung.

2. Kehamilan Ektopik (Hamil di luar kandungan) terganggu

Hamil diluar kandungan yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah yaitu jika hamilnya terletak pada tuba falopi (saluran telur) kanan kemudian terganggu (pecah) atau keguguran.

Gejala yang menyertai Kehamilan Ektopik terganggu ini yaitu terjadi pada wanita yang telat mens dengan hasil tes pack (+) hamil, pasien menjadi cepat lemah, dan pucat.

3. Salpingitis Kanan

Radang tuba falopi sebelah kanan karena adanya infeksi, sehingga paling umum disertai dengan demam.

4. Kista Ovarium Kanan

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat pada ovarium (indung telur). Wanita memiliki dua ovarium kanan dan kiri. Kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala apapun dan sembuh sendiri.

Tapi jika kista ovarium membesar dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Jika kista besar menekan pada kandung kemih, maka akan merasa sebentar-sebentar ingin kencing.

Kista ovarium yang menimbulkan rasa sakit dan gejala yang serius jika kista tersebut pecah. Jika yang terlibat adalah ovarium kanan maka akan menimbulkan rasa sakit pada perut sebelah kanan bawah.

5. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium (lapisan rahim) yang seharusnya tumbuh di rahim malah tumbuh di luar rahim. Organ luar rahim yang biasanya ditumbuhi antara lain ovarium (indung telur), usus, dan organ lain dalam rongga pelvis.

Dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah jika organ yang terlibat berada disana. Gejala atau ciri khas dari endometriosis ini, yaitu rasa sakit timbul ketika menstruasi.

6. Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis terjadi ketika jaringan lunak – biasanya bagian dari membran yang melapisi rongga perut (omentum) atau bagian dari usus – menonjol melalui titik lemah pada otot perut. Tonjolan yang dihasilkan dapat menyakitkan, terutama ketika batuk, membungkuk, mengangkat benda yang berat, mengedan.

Hernia bisa terjadi di kanan atau kiri. Bisa menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan bawah apabila hernia inguinalis terjadi di kanan.

Tanda lainnya berupa penonjolan pada lipat paha yang hilang timbul. Timbul saat berdiri tegak, hilang atau mengecil saat berbaring terlentang. Namun biasanya tonjolan sudah menetap (kejepit) jika sudah menimbulkan rasa sakit.

7. Ureterolithiasis (batu ureter) kanan

Ureter merupakan saluran kencing yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Ureter ada dua, kanan dan kiri.

Ketika ada batu pada saluran ureter yang terletak di perut kanan bawah maka akan menimbulkan rasa sakit pada area tersebut yang biasanya disertai dengan nyeri pinggang, rasa sakit menjalar ke selangkangan (daerah buah zakar pada laki-laki), terkadang ada rasa mual.

Sakit perut sebelah kanan bawah yang dirasakan terasa melilit seperti diremas-remas dan sangat sakit bergelombang (sebentar sakit, sebentar reda) ini yang disebut sebagai nyeri kolik.

8. Obstruksi Usus (usus tersumbat)

Sebenarnya bisa terjadi di perut sebelah kiri dan kanan, atas atau bawah dan akan menibulkan rasa sakit pada bagian perut yang terlibat, dapat disertai dengan mual dan muntah, perut kembung.

Mengingat banyaknya penyebab nyeri perut kanan bawah sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebab nyeri perut anda dan pengobatan lebih terarah.

Bila dokter anda mencurigai usus buntu dan keluhan sering dirasakan berulang, tindakan operasi merupakan satu-satunya cara untuk penyembuhan.

Dijawab oleh : dr. Yohana Margarita

Sumber : meetdoctor.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.