Rupa-rupa

9 Juli 2021

Simak 14 Kumpulan Hewan Lucu yang Tersebar di Dunia, Ada yang Hampir Punah!

Ini dia hewan lucu di dunia yang menggemaskan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Melihat hewan lucu merupakan salah satu cara asyik menghilangkan rasa penat karena bekerja seharian. Moms yang suka melihat tingkah lucu dan menggemaskan hewan, simak artikel berikut ini yuk.

Baca juga: Hewan Peliharaan Bisa Menjamin Pernikahan Lebih Awet

Kumpulan Hewan Lucu di Alam Liar

Banyak alasan Moms untuk suka dengan hewan lucu, bahkan saat berada di alam liar. Seperti apa sih hewan lucu di alam liar? Liat kumpulan hewan liar lucu berikut ini yuk Moms.

1. Pika, Amerika Utara dan Asia

hewan lucu di alam liar

Foto: cntraveller.com

Pika merupakan mamalia penghuni gunung yang menggemaskan ini ditemukan di Amerika Utara dan beberapa bagian Asia.

Hewan lucu ini memiliki tubuh bulat dan pendek, anggota badan kekar, tampaknya lebih banyak berjalan daripada berjalan, dan diketahui membawa tandan kecil bunga untuk dibawa kembali ke liangnya untuk dimakan selama musim dingin.

Saat menyelam ke dalam rumahnya, ia sering membuat panggilan alarm bernada tinggi, membuatnya mendapat julukan 'kelinci bersiul'.

2. Quoll, Australia dan New Guinea

hewan lucu di Australia

Foto: cntraveller.com

Quoll merupakan hewan lucu yang berasal dari Australia dan New Guinea. Hewan marsupial soliter ini aktif di malam hari dan menghabiskan sebagian besar hari di sarangnya.

Hal ini dapat diidentifikasi dengan bintik-bintik putih khas yang tersebar di mantel biasanya coklat. Sayangnya hewan ini telah punah dari daratan Australia selama 50 tahun hingga WWF mulai merehabilitasinya pada 2018.

3. Quokka, Australia Barat

hewan lucu Quoll

Foto: cntraveller.com

Quokka merupakan hewan lucu yang sempat viral di dunia maya. Hewan asal Australia Barat ini sempat dijuluki sebagai hewan paling bahagia di dunia dan menjadi buruan para turis yang datang ke wilayah tersebut.

Sayangnya, saat ini Quokka sudah terancam punah karena kehilangan habitat aslinya karena campur tangan manusia. Yah, sedih ya.

Baca juga: 4 Cara Agar Hewan Peliharaan Bersahabat dengan Bayi

4. Klipspringer, Afrika Timur dan Selatan

hewan lucu klipspinger

Foto: cntraveller.com

Hewan lucu ini sering disebut “pelompat batu” karena hampir setiap harinya dihabiskan dengan melompat di sekitar tebing yang ada di Afrika Timur dan Selatan sambil berkamuflase di pegunungan berkat bulunya yang keabu-abuan.

Klipspringer juga unik lho Moms, karena mereka bisa kawin seumur hidupnya dan berada sekitar lima meter dari pasangan saat sedang kawin.

5. Musang Jepang, Jepang

hewan lucu dari Jepang

Foto: cntraveller.com

Hewan lucu yang berasal dari pulau-pulau Jepang Honshu, Kyūsh dan Shikoku, ini dikenal dengan nama Mustela itatsi. Si musang Jepang ini sangat suka berburu di sepanjang sungai dan, di musim dingin, di bawah salju, mengejar tikus kecil.

Mantel bulu musang berubah menjadi putih selama bulan-bulan musim dingin, memungkinkannya untuk menyamarkan dirinya di salju.

6. Jerboa, Cina dan Mongolia

hewan lucu Jerboa

Foto: cntraveller.com

Jerboa memiliki telinga panjang dapat ditemukan di padang rumput dan gurun antara Cina dan Mongolia. Bentuknya sangat mirip dengan kelinco hanya saja ukurannya lebih kecil.

Hewan lucu ini memiliki panjang hanya sekitar 8cm, tetapi telinga besar itu membentuk sebagian besar panjang tubuhnya, memungkinkannya untuk mendengar pemangsa dengan sangat baik, dan melompat dengan kaki belakangnya yang kuat seperti kanguru mini yang sangat manis.

Baca juga: 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman Untuk Anak Alergi atau Asma

7. Slow Loris, Asia Selatan dan Tenggara

hewan lucu slowris

Foto: cntraveller.com

Terlepas dari matanya yang besar dan penuh perasaan, tangan yang mungil dan gerakan yang sangat lambat, kukang atau loris lebih berbahaya daripada yang terlihat.

Slowr Loris merupan satu-satunya primata berbisa, ia memiliki gigitan beracun – jika terancam oleh pemangsa ia akan menjilat kelenjar di sikunya, dan minyak yang dikeluarkan bercampur dengan air liurnya untuk menghasilkan racun.

Sementara lonjakan ketenaran telah mengancam kelangsungan hidup spesies dengan memicu perdagangan penjualan hewan sebagai hewan peliharaan, jika dilihat dari jarak yang aman dan terhormat, hewan yang menyenangkan ini dapat terus berkembang di alam liar.

8. Tupai Terbang Kecil Jepang, Jepang

hewan lucu di alam liar

Foto: cntraveller.com

Meskipun kedengarannya dibuat-buat, tupai ini dapat ditemukan menjulang di sekitar puncak hutan alpine di Jepang.

Hewan lucu nokturnal ini memiliki selaput kulit tipis di antara kaki depan dan belakangnya, yang memungkinkannya meluncur mulus di antara puncak pohon sepanjang malam.

9. Dik Dik, Afrika Timur

hewan lucu di alam liar

Foto: cntraveller.com

Dengan tinggi hingga 45 sentimeter dan berat maksimum 16 pon, hewan sejenis antelop ini semanis kedengarannya.

Nama Dik Dik berasal dari suara 'dik dik' berulang yang dibuat oleh betina saat dia mendengus melalui lubang hidungnya yang berbentuk tabung dan berbentuk hati.

Baca juga: Xabiru Punya Hewan Peliharaan, Ini 7 Tips Memelihara Hewan di Rumah

Hewan Lucu untuk Peliharaan di Rumah

Moms mungkin menganggap bahwa hewan berbulu seperti kucing dan anjing sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Selain wajahnya yang lucu, hewan jenis ini juga terbilang tidak terlalu sulit untuk dirawat.

Selain kedua hewan lucu itu, ada beberapa hewan peliharaan yang menurut ilmu pengetahuan sangat menggemaskan. Jenis hewan seperti apa saja yang masuk dalam daftar tersebut? Yuk simak pembahasannya berikut ini. Kira-kira hewan peliharaan Moms masuk enggak ya?

10. Kucing

hewan lucu untuk dipelihara

Foto: Orami Photo Stcok

Posisi pertama ditempati oleh kucing. Survey tersebut membuktikan bahwa 46,51% responden memilih kucing sebagai salah satu hewan lucu yang cocok untuk dipelihara.

Kucing memiliki banyak sifat yang disukai oleh Moms karena kemudahan perawatan, kebersihan, dan kejenakaan yang menggemaskan. Tak heran, kalau banyak keluarga memilih kucing sebagai hewan peliharaan di rumah ya Moms.

11. Ferret

hewan lucu ferret

Foto: TheGuardian.com

Ferrey merupakan anggota keluarga musang yang dipilih responden sebagai hewan lucu untuk dipelihara di rumah. Sebanyak 46,20% responden menganggap hewan ini sangat lucu sebagai peliharaan.

Hewan lucu ini cocok sebagai peliharaan karena sangat cerdas dan mudah untuk dijinakkan. Meskipun mereka tampak seperti hewan peliharaan kecil yang mudah dirawat, mereka adalah tanggung jawab besar dan seringkali membutuhkan perawatan yang sama seperti kucing atau anjing, bahkan bisa lebih.

Baca juga: Bayi Sering Bermain dengan Hewan Peliharaan, Boleh Tidak?

12. Kelinci

Hewan lucu kelinci

Foto: Orami Photo Stcok

Selanjutnya ada kelinci yang dipilih 40,30% responden sebagai hewan lucu untuk dipelihara di rumah. Selain tampangnya yang lucu, kelinci juga terbilang cukup mudah untuk dirawat ya Moms.

Kelinci menjadi hewan peliharaan yang hebat. Secara umum kelinci membutuhkan perumahan yang sesuai, olahraga, sosialisasi dan diet khusus untuk kesejahteraan yang baik.

13. Hamster

hewan lucu

Foto: Orami Photo Stcok

Hamster juga dipilih sebagai hewan lucu yang cocok sebagai peliharaan di rumah oleh 31,46% responden.

Karena ukurannya yang kecil, hamster sering dibeli sebagai hewan peliharaan untuk anak-anak yang ingin bermain dengannya di siang hari. Namun, ketika tiba waktunya si kecil untuk tidur, inilah saatnya bagi hamster untuk bangun.

Hewan yang mirip dengan tikus putih ini membutuhkan sentuhan lembut dan mungkin mudah dikejutkan oleh gerakan tiba-tiba dan suara keras

14. Anjing

hewan lucu untuk dipelihara

Foto: Orami Photo Stcok

Pada posisi terakhir sebanyak 29.64% responden memilih anjing sebagai hewan lucu untuk dipelihara di rumah.

Walaupun berada diposisi terakhir, tetapi anjing merupakan hewan peliharaan yang banyak disukai oleh keluarga. Selain dapat menjadi teman, hewan satu ini juga bisa menjadi penjaga rumah dari orang jahat. Selain itu, anjing juga termasuk hewan yang sangat setia kepada manusia.

Baca juga: Ternyata 3 Hal Ini yang Ingin Dilakukan Hewan Peliharaan Sebelum Meninggal

Journal of the Royal Society of Medicine menjelaskan memiliki hewan peliharaan memberikan efek positif terhadap perlaku manusia dalam jangka panjang.

Sementara Canadian Medical Association Journal menjelaskan pemilik hewan peliharaan memiliki kesehatan jantung yang lebih baik dibandingkan tidak.

Nah, Moms gimana? Ingin memelihara hewan lucu atau sekadar melihat yang ada di alam liar saja?

  • https://www.cntraveller.com/gallery/cutest-animals-in-the-world
  • https://www.moneybeach.co.uk/the-boardwalk/the-cutest-pets-according-to-science/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait