Home & Living

30 September 2021

Home Gym, Alternatif Terbaik untuk Menjaga Kesehatan

Bikin home gym yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sudah bukan rahasia lagi kalau latihan di pusat kebugaran merupakan salah satu cara cepat untuk meningkatkan massa otot. Biasanya, Moms rela mengeluarkan biaya untuk mengikuti pelatihan agar mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Padahal, Moms bisa berhemat dengan membaut home gym untuk latihan rutin sendiri.

International Journal of exercise science menyebut, latihan rutin di rumah yang dikombinasikan dengan diet dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, dengan membuat home gym Moms juga tidak perlu menghabiskan waktu di jalan untuk pergi ke pusat kebugaran.

Baca juga: 21+ Gerakan Brain Gym dan Manfaatnya untuk Bayi dan Anak, Moms Wajib Tahu!

Alat Home Gym Murah

Alat Home Gym

Foto: Orami Photo Stock

Apapun tujuan Moms berolahraga. Melakukan di rumah merupakan salah satu hal terbaik. Namun, Moms mungkin akan berpikir dua kali saat akan membuatnya di rumah. Pasalnya alat gym seperti treadmill terbilang cukup mahal ya Moms.

Kendati demikian, treadmill bukanlah satu-satunya alat yang bisa Moms gunakan untuk latihan otot di rumah lho. Karena ada beberapa alat olahraga yang bisa Moms pilih saat akan membuat home gym, yuk simak.

1. Matras

Matras merupakan alat home gym yang terbilang murah dan multifungsi lho Moms. Untuk alat ini, Moms dapat memilih yang bantalan tipis atau tebal sesuai dengan kebutuhan untuk olahraga.

Matras dengan bantalan tipis cocok untuk yoga atau biasa disebut yoga mat. Sementara matras dengan bantalan tebal digunkan latihan plyometric.

Harga untuk matras dimulai dari Rp.79 ribu tergantung dari kualitas dan juga mereknya ya Moms.

2. TRX

Alat home gym dengan harga terjangkau yang bisa Moms pilih adalah TRX. Walaupun terbilang sederhana, tetapi ala mini mampu memberi latihan seluruh tubuh secara maksimal. Karena dengan alat ini Moms dapat melakukam push up, squat, dan deadlift.

Namun, Moms tetap harus mengikuti instruksi dari pakar olahraga saat akan menggunakannya lewat video streaming. Hal ini dapat mengurangi risiko cedera saat Moms berolahraga. Moms juga perlu melakukan peregangan dulu sebelum latihan ya.

Biasanya TRX dibanderol dengan harga mulai dari Rp.300 ribuan tergantung dari kelengkapan dan juga mereknya.

Baca juga: Sedang Tren, Seberapa Efektif Olahraga TRX untuk Menurunkan Berat Badan?

3. Dumbbell

Moms yang ingin membentuk otot di rumah, penting untuk membeli dumbbell. Alat ini sangat berguna untuk Moms yang baru memulai olahraga lho. Karena, hanya dengan melakukan aktivitas selama 30 menit sudah bisa membakar hingga 400 kalori.

Untuk harga dumbbell juga beragam tergantung dari merek dan juga jenis yang Moms pilih untuk melengkapi home gym.

4. Pull-up Bar

Pull-up bar merupakan salah satu alat home gym murah yang bisa dipilih. Alat ini dapat membantu Moms yang ingin memiliki otot lengan, bahu dan punggung yang kuat.

Harga alat ini juga terbilang cukup murah Moms, mulai dari Rp.75 ribu dan juga mudah untuk digunakan di rumah.

5. Resistance band

Alat home gym murah lain yang bisa Moms pilih adalah resistance band. Moms yang memiliki ruangan terbatas untuk home gym wajin memiliki alat ini.

Produk ini dapat membantu repetisi bicep curl atau lunges yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan, serta bisa menjadi pengganti beban. Untuk harganya cukup murah Moms, untuk sebuah resistance band dibanderol mulai dari Rp.150 ribuan aja.

Baca juga: 9 Cara Membentuk Otot Dada Tanpa Perlu ke Gym

Cara Membuat Home Gym

Cara membuat Home Gym

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum Moms membeli alat-alat home gym, sebaiknya cari tahu dulu jenis olahraga apa sih yang akan dilakukan. Setelah itu, Moms dapat menentukan berapa banyak jenis alat dan juga luas ruangan yang akan digunakan.

Berikut cara membuat home gym untuk Moms yang ingin memulai hidup sehat dan tidak ingin keluar rumah. Simak ya.

1. Pilih Ruangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat akan membuat home gym adalah menentukan ruangan. Moms bisa membuatnya di garasi atau sudut ruang keluarga. Pastikan ruangannya tidak terlalu kecil atau sesuai dengan alat-alat yang akan digunakan.

2. Pasang Lantai Gym

Jika sudah menentukan ruangan, pasang lantai gym. Ini adalah bagian yang penting untuk mengurangi cedera saat melakukan latihan di rumah. Beberapa bahan alat gym yang bisa dipilih adalah karet, vinyl atau busa sesuai dengan budget yang dimiliki ya.

Baca juga: 9 Jenis Olahraga Persiapan Persalinan Normal Agar Lebih Lancar, Catat!

3. Pilih Perlengkapan Gym

Hal paling penting saat akan membangun home gym adalah menentukan peralatan yang akan mengisi ruangan. Jenis alat harus sesuai dengan latihan yang akan Moms lakukan ya. Jangan sampai alat yang sudah dibeli tidak digunakan karena tidak sesuai dengan tujuan dari latihan yang dilakukan.

Misalnya Moms yang ingin melatih kekuatan tubuh bagian atas dapat memilih Weight Rack atau Bench Press. Sementara untuk kekuatan dan kelenturan perut Ab Crunch Bench bisa dipilih dan beberapa jenis alat lainnya.

Jika budget untuk membuat home gym terbatas, Moms dapat membeli alat-alat bekas yang ada di e-commerce atau toko barang bekas lainnya. Biasanya, beberapa pusat kebugaran juga menjual alat yang masih layak pakai dengan harga terjangkau lho Moms.

4. Kosongkan Ruang untuk Peralatan

Setelah memilih peralatan yang diinginkan, saatnya mengosongkan ruangan. Ukur ruangan dengan hati-hati untuk melihat apa yang dapat muat dan mulailah mendekorasi ruangan sesuai dengan kebutuhannya.

5. Manfaatkan Ruangan dengan Baik

Pastikan Moms telah memanfaatkan ruangan dengan baik ya. Jangan sampai saat Moms sudah membeli alat, tetapi tidak dapat diletakan di dalam ruangannya.

Jika Moms ingin menggunakan lebih dari satu alat, tetap manfaatkan ruangan yang ada ya. Jangan sampai Moms harus membuka ruangan baru hanya untuk sebuah alat home gym.

Baca juga: 13+ Rekomendasi Baby Play Gym untuk Stimulasi Motorik Bayi, Yuk Simak!

The Malaysian Journal of Medical Sciences menjelaskan Latihan fisik secara teratur mengurangi risiko kematian dini secara umum, dan penyakit jantung koroner, hipertensi dan diabetes mellitus. Aktivitas fisik juga meningkatkan kesehatan mental dan penting untuk kesehatan dan fungsi optimal otot, tulang, dan persendian.

  • https://www.budgetdumpster.com/blog/turning-a-basement-into-a-gym/
  • https://garagegymlab.com/ultimate-guide-budget-home-gym/
  • https://www.cnet.com/health/fitness/how-to-build-home-gym/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait