Kesehatan

1 Juni 2021

Mengenal Hormon Endorfin, Hormon "Pereda Nyeri" yang Bisa Kurangi Rasa Sakit dan Stres

Kebiasaan berikut ini dapat meningkatkan hormon endorfin secara alami, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sering mendengar tentang hormon endorfin? Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan hormon endorfin? Selain itu, seberapa besar pengaruh hormon ini dalam kinerja organ tubuh?

Menurut laman Medical News Today, secara umum dapat dijelaskan, hormon endorfin adalah bahan kimia yang diproduksi secara alami oleh sistem saraf untuk mengatasi rasa sakit atau stres.

Maka dari itu, hormon endorfin sering juga disebut sebagai hormon yang memicu kebahagiaan atau hormon pereda nyeri.

Hormon endorfin dibuat di hipotalamus dan kelenjar pituitari. Namun, hormon ini mungkin juga berasal dari bagian tubuh lain. Peningkatan kadar endorfin yang tinggi sering dikaitkan dengan perasaan lega yang muncul setelah berolahraga yang intens.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini, ya, Moms!

Baca Juga: Stres Bisa Bikin Susah Hamil?

Manfaat dari Hormon Endorfin

Manfaat dari Hormon Endorfin

Foto: Orami Photo Stock

Hormon endorfin berasal dari dua kata yang memiliki pengertiannya masing-masing. Pertama, yaitu endogen atau yang berasal dari dalam tubuh, dan morfin yang menjadi pereda nyeri.

Jadi, rasanya masuk akal apabila hormon endorfin disebut juga pereda nyeri alami dalam tubuh.

Lantas, sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan Moms dengan meningkatkan hormon endorfin? Efek positif dari hormon endorfin di antaranya, yaitu:

Secara keseluruhan, manfaat hormon endorfin berpengaruh pada pengurangan risiko mengalami depresi dan meningkatkan rasa bahagia. Endorfin bertindak sebagai analgesik, yang artinya mampu mengurangi rasa nyeri.

Selain itu, hormon ini juga bertindak sebagai obat penenang. Endorfin diproduksi di otak, sumsum tulang belakang, dan banyak bagian lain dari tubuh dan dilepaskan sebagai respons terhadap bahan kimia otak yang disebut neurotransmitter.

Namun, tidak seperti morfin, aktivasi reseptor ini oleh endorfin tubuh tidak menyebabkan kecanduan atau ketergantungan.

Baca Juga: Suami Mengalami Depresi? Kenali Tanda-tandanya!

Efek Samping Tingkat Hormon Endorfin yang Rendah

Efek Samping Tingkat Hormon Endorfin yang Rendah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain manfaat hormon endorfin yang harus Moms pahami, ada efek samping dari tingkat hormon endorfin yang rendah. Di antaranya adalah:

Tingkat hormon endorfin yang rendah dikaitkan dengan tingkat stres yang semakin tinggi, dan akhirnya berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

Hal ini dapat diatasi, karena ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk meningkatkan hormon endorfin secara alami. Simak ulasan selanjutnya, ya!

Baca Juga: Sadari Pentingnya Koneksi Emosional Bagi Hubungan Suami Istri

Cara Meningkatkan Hormon Endorfin Secara Alami

Mengenai cara meningkatkan hormon endorfin secara alami, Moms tidak perlu melakukan olahraga yang berat secara terus-menerus setiap harinya.

Ada beberapa cara yang bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan sederhana, asalkan secara konsisten melakukannya.

Nah, berikut ini beberapa cara meningkatkan hormon endorfin secara alami yang dapat dicontoh, yaitu:

1. Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga

Foto: Orami Photo Stock

Peningkatkan hormon endorfin dan rutin berolahraga memang dua hal yang tidak bisa dilepaskan, ya, Moms. Nah, dilansir dari jurnal Frontiers in Psychology, olahraga yang rutin bisa dilakukan dengan intensitasi sedang, selama 45 menit, setidaknya tiga kali seminggu.

Nah, kebiasaan baik ini akan membantu meningkatkan endorfin secara alami dalam tubuh.

Pilih jenis olahraga apa pun yang Moms sukai, mulai dari jogging, skipping, aerobik, lari, yoga, angkat beban, bersepeda, atau berenang. Ritme olahraga yang konsisten dan berkelanjutan melepaskan endorfin dan mendorong pemikiran reflektif.

Salah satu kendala yang sering terjadi ketika seseorang mau mulai berolahraga adalah rasa malas melakukannya sendirian.

Nah, Moms dapat berolahraga secara berkelompok, misalkan dengan mengajak pasangan, anak-anak, atau anggota keluarga untuk berolahraga bersama.

Disebutkan juga, olahraga yang dilakukan bersama dengan orang lain akan meningkatkan hormon endorfin lebih tinggi. Namun, di masa pandemi ini, tetap hindari melakukan olahraga secara berkerumun, ya, Moms.

Alternatif lainnya yang dapat dicoba, yaitu melakukan olahraga di rumah bersama teman-teman dengan memanfaatkan teknologi internet, seperti Zoom Meeting. Apa pun sarananya, sebaiknya mulai kebiasaan rutin berolahraga mulai dari sekarang.

Selain meningkatkan hormon endorfin, rutin berolahraga mampu menjauhkan Moms dari risiko obesitas, mengalami penyakit kronis, kelelahan, gangguan tidur, dan tentunya penumpukan lemak berlebih dalam tubuh.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa mendengarkan musik juga menjadi cara alami dan paling sederhana untuk meningkatkan hormon endorfin?

Mendengarkan musik yang Moms sukai akan memicu kegembiraan dengan melepaskan zat kimia otak yang membuat perasaan nyaman dan rileks.

Manfaat mendengarkan musik lainnya mampu meningkatkan suasana hati, mencegah depresi, menurunkan kadar hormon yang terkait stres seperti kortisol, dan bahkan bisa mengurangi rasa sakit.

“Musik mengaktifkan sistem neurokimia dan struktur otak yang terkait dengan suasana hati positif, pengaturan emosi, perhatian dan memori seseorang,” ujar Kim Innes, profesor epidemiologi di School of Public Health University West Virginia.

Nah, jadi mulai dari sekarang rutin mendengarkan musik yang disukai agar hari-hari Moms akan lebih baik dan bahagia lagi, ya!

3. Tertawa

tertawa

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka bahwa reaksi psikologis ini bisa menjadi cara meningkatkan hormon endorfin secara alami dalam tubuh? Dilansir dari jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, tertawa dapat merangsang endorfin dalam tubuh.

Maka dari itu, ada baiknya Moms meluangkan waktu untuk menonton acara televisi yang lucu atau menghabiskan waktu dengan orang terdekat yang dapat membawa energi positif.

Selain itu, beberapa studi membuktikan bahwa aktivitas tertawa merangsang sel antibodi untuk berkembang lebih banyak sehingga bisa menjadi melawan resiko infeksi juga melawan virus penyakit.

Tak hanya itu, tertawa juga memiliki pengaruhnya dengan peningkatkan kreativitas, lho.

Saat tertawa, tubuh menghasilkan hormon endorfin juga banyak oksigen yang masuk ke dalam otak. Sehingga, sistem kerja otak kiri dan otak kanan menjadi seimbang dan banyak ide-ide kreatif yang bisa berkembang.

Baca Juga: Cemilan Sehat untuk Hadapi Stress

4. Mengonsumsi Dark Chocolate

Mengonsumsi Dark Chocolate

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi cokelat sudah dikenal mampu meredakan stres.

Jenis cokelat paling baik yang dimaksud, yaitu dark chocolate atau cokelat hitam. Dark chocolate memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, serta dapat meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh.

Dark chocolate memiliki kandungan polifenol dan antioksidan lainnya yang tinggi, sehingga mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat LDL, meningkatkan kolesterol HDL yang baik, dan melindungi kesehatan arteri Moms.

Kakao, zat yang banyak terdapat dalam dark chocolate juga mengandung stimulan berupa kafein dan theobromine yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kerja otak.

5. Berhubungan Intim

Berhubungan Intim

Foto: Orami Photo Stock

Berhubungan intim dengan pasangan Moms juga menjadi cara meningkatkan hormon endorfin paling alami. Berhubungan seks dengan pasangan juga menjadi cara meningkatkan keintiman dengan suami, yang bermanfaat untuk kesehatan.

Aktivitas menghilangkan stres yang menyenangkan ini juga mampu membakar kalori, lho!

Seks juga meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini diungkapkan dalam Journal of Health and Social Behavior, yang menemukan bahwa seorang perempuan yang aktif melakukan hubungan seks mempunyai risiko penyakit jantung lebih rendah.

Itulah hal-hal penting yang perlu Moms pahami tentang hormon endorfin. Ketahui cara meningkatkan endorfin secara alami, agar terhindar dari stres dan depresi, ya!

  • https://www.rd.com/list/natural-endorphin-boosters/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320839
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5052677/
  • https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2015.01890/full
  • https://www.inc.com/melanie-curtin/neuroscience-says-listening-to-this-one-song-reduces-anxiety-by-up-to-65-percent.html
  • https://www.researchgate.net/publication/51645748_Social_laughter_is_correlated_with_an_elevated_pain_threshold
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait