Kehamilan

KEHAMILAN
19 Agustus 2020

Ibu Hamil Makan Daun Pepaya, Benarkah Bisa Menyebabkan Keguguran?

Cari tahu kebenarannya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Segala sesuatu yang dimakan ibu selama kehamilan mempengaruhi janin dengan cara tertentu. Karena itu penting untuk mengetahui apa yang harus atau tidak boleh dikonsumsi oleh seorang ibu hamil.

Banyak makanan yang tampak tidak berbahaya, malah terbukti berbahaya bagi anak yang sedang berkembang di dalam kandungan kita. Salah satu dari banyak makanan tersebut adalah pepaya.

Ada anggapan bahwa ibu hamil makan daun pepaya dapat menyebabkan risiko keguguran. Benarkah hal tersebut? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Pepaya Jepang

Ibu Hamil Makan Daun Pepaya

Daun pepaya untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil makan daun pepaya bisa menyebabkan keguguran? Jawabannya ada pada antara iya dan tidak. Ada kebingungan yang Moms rasakan tentang daun pepaya.

Hal yang sama juga terjadi pada buah pepaya. Ada yang mengatakan bahwa ibu hamil yang makan pepaya matang akan baik-baik saja, sedangkan untuk wanita hamil yang makan pepaya mentah dapat membahayakan janin. Mengapa begitu?

Ada banyak dilema pada ibu hamil tentang konsumsi pepaya. Pepaya yang matang, ketika dimakan secara benar, dapat bermanfaat, tetapi pepaya yang tidak matang dapat menyebabkan banyak komplikasi selama kehamilan.

Jika ibu hamil ingin mengonsumsi pepaya, harus perhatikan beberapa kondisi di bawah ini terlebih dahulu.

  • Awal kehamilan

Pada bulan-bulan awal kehamilan, janin di dalam kandungan amat peka dan harus dijaga sebaik-baiknya. Bahkan jumlah zat berbahaya sekecil apa pun, seperti lateks, dapat menyebabkan banyak komplikasi.

Pepaya yang mentah mengandung zat lateks, yang dapat menyebabkan kontraksi uterus (rahim). Lateks buah mengandung pepsin sayuran atau 'papain', dalam pepaya, zat ini bertindak seperti prostaglandin (zat endogen atau zat tubuh sendiri) dan oksitosin (hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis otak), yang memicu kontraksi.

Kontraksi uterus yang tidak normal atau tidak wajar pada kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur bayi. Papain juga melemahkan selaput vital janin, membuat kelangsungan hidup janin di perut akan sulit. Karenanya, pada trimester pertama, pepaya mentah harus dihindari ya Moms.

Baca Juga: 6 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Diabaikan

  • Trimester ketiga

Pada trimester ketiga atau tiga bulan terakhir kehamilan, pepaya dapat menginduksi persalinan dini dengan menyebabkan kontraksi rahim karena enzim 'papain' ada di dalamnya.

Mengingat komplikasinya, banyak ibu hamil memilih untuk menahan diri mengkonsumsi pepaya selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa perdarahan dari tepi plasenta juga dapat disebabkan oleh konsumsi pepaya mentah selama kehamilan.

Sama halnya saat mengonsumsi daun pepaya. Menurut dr. Bramundito, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah, mitos bahwa mengonsumsi daun pepaya saat hamil dapat menyebabkan keguguran.

“Justru daun pepaya baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung vitamin B1, A, dan C,” jelas dr. Bramundito.

Menurutnya, daun pepaya dapat meredakan kram menstruasi, memperlancar ASI, untu meredakan demam berdarah, malaria, saluran cerna, mencegah risiko kanker, jerawat, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika Moms menjadikan daun pepaya sebagai minuman, teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung, dan mulas.

Manfaat Ibu Hamil Makan Daun Pepaya

daun pepaya untuk ibu hamil

Sebuah jurnal dalam U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa daun pepaya mengandung serat, nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Manfaat lainnya ibu hamil makan daun pepaya adalah:

1. Mencegah Anemia

Manfaat ibu hamil makan daun pepaya yang lainnya adalah mencegah anemia. Selain mengonsumsi vitamin penambah darah sesuai anjuran dokter, ibu hamil juga bisa mengonsumsi daun pepaya untuk mencegah anemia yangs ering terjadi pada ibu hamil.

Baca Juga: Sebelum Terjadi, Ini 7 Cara Mencegah Anemia

Rupanya daun pepaya terkenal mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, sama seperti sayuran berdaun hijau lain. Apalagi, cadangan zat besi pada wanita hanya 0-300 mg saja. Jadi mengonsumsi daun pepaya bisa jadi cara yang praktis lho Moms.

2. Membentuk Tulang Janin

Manfaat ibu hamil makan daun pepaya yang lainnya adalah membentuk tulang janin. Janin di dalam kandungan banyak bergantung pada tubuh ibu hamil dalam memperoleh asupan nutrisi dan gizi. Salah satunya berupa kebutuhan akan vitamin D yang berperan dalam membentuk tulang janin.

Daun pepaya diketahui sebagai sayuran yang mengandung vitamin D dan kalsium. Kedua zat ini berperan besar dalam mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang janin. Selain itu, ibu yang sedang hamil juga terjaga kekuatan tulangnya.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat ibu hamil makan daun pepaya yang lainnya adalah meningkatkan nafsu makan. Moms yang suka makan tumis daun pepaya, makanan satu ini memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan nafsu makan lho. Apalagi, jika daun pepaya diolah dengan tepat dan bisa mengurangi rasa getirnya.

Baca Juga: Ini 5 Trik untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Ibu hamil bisa menumisnya dengan berbagai bumbu-bumbu sederhana yang sederhana dan ditambahkan bahan makanan favorit sebagai pelengkapnya. Moms juga bisa meremas-remas daun lebih dulu, lalu direbus bersama garam hingga layu. Cocok dijadikan sebagai lalapan lho Moms.

Nah, setelah mengatahui banyaknya manfaat ibu hamil makan daun pepaya, berarti mitos tentang daun pepaya menyebabkan keguguran sudah terjawab dong Moms?

Artikel Terkait