Trimester 1

TRIMESTER 1
6 April 2020

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?

Makanan pedas menjadi favorit banyak orang. Namun, apakah boleh ibu hamil mengonsumsinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Kehamilan adalah waktu yang penting untuk mempersiapkan hal penting bagi kehidupan Moms dan pasangan.

Segala hal yang dilakukan ibu hamil meliputi gaya hidup, kebiasaan, dan pola makan yang sehat berpengaruh pada anak di masa mendatang.

Nah, berbicara dengan pola makan ibu hamil, Moms mungkin sering merasa bingung terhadap makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Banyak anggapan yang berkembang di masyarakat, salah satunya adalah larangan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan pedas.

Apakah benar demikian? Atau hanya mitos belaka? Ini ulasan selengkapnya.

Aturan Ibu Hamil Makan Pedas

Ternyata anjuran ibu hamil dalam makan makanan pedas berbeda dalam setiap tahap kehamilan lho, Moms. Yuk simak penjelasannya!

1. Trimester Pertama, Hindari Makanan Pedas

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas-1.jpg

Foto: momjunction.com

Studi yang dikembangkan oleh University of Rochester Medical Center mengungkapkan, saat usia kehamilan muda atau trimester pertama, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan pedas.

Biasanya, ibu hamil muda akan mengalami morning sickness. Gejala yang terjadi dapat menyebabkan rasa mual, muntah, dan sakit perut.

Penyebabnya adalah perubahan kadar hormon yang terjadi begitu cepat saat trimester pertama.

Nah, sebaiknya Moms menghindari makanan pedas saat hamil muda karena dapat memperburuk rasa gejala morning sickness karena aromanya yang kuat.

Morning sickness sering dikaitkan dengan sensitivitas terhadap bau. Estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab untuk indra penciuman. Jika memiliki hormon estrogen tinggi, maka lebih sensitif terhadap sesuatu yang beraroma kuat,” ungkap Miriam Erick, ahli gizi senior dan ahli gizi di Brigham and Women’s Hospital di Boston.

Alternatifnya, konsumsi makanan dan minuman yang berprotein, atau bisa juga perbanyak minum teh atau jahe hangat.

Selain itu, tetap aktif bergerak agar gejala yang dirasakan dapat berangsur membaik.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Bisa Berbahaya

2. Makan Pedas saat Trimester Kedua

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas-2.jpg

Foto: romper.com

Makanan pedas memang menjadi favorit bagi banyak orang, mungkin termasuk juga untuk Moms.

Pada trimester kedua, gejala morning sickness biasanya sudah menghilang dan Moms mulai merasa nyaman dengan kehamilan yang sedang dijalankan.

Nah, Moms tetap bisa mengonsumsi makanan pedas secara moderat atau tidak berlebihan. Namun, berhati-hati dengan efek samping yang bisa terjadi seperti perut terasa mulas.

Dilansir dari WebMD, mayoritas ibu hamil mengalami gangguan pencernaan akibat perubahan hormon dan tekanan dari rahim yang sedang tumbuh.

Cara terbaik adalah menghindari makanan yang memicu perut mulas.

Meskipun tidak menyakiti bayi, namun hal ini bisa membuat Moms merasa tidak nyaman.

Namun, apabila Moms ingin sesekali mencoba makanan pedas, tentunya tidak masalah.

Baca Juga: 3 Makanan untuk Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional

3. Makan Pedas saat Trimester Ketiga, Bantu Proses Persalinan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas-3.jpg

Foto: care.com

Masuk ke trimester ketiga, artinya sebentar lagi Moms akan menjalani proses persalinan.

Ada anggapan kalau mengonsumsi makanan pedas bisa membantu proses persalinan. Ternyata, hal ini hanya mitos belaka, ya, Moms.

Makanan pedas memang dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon prostaglandin melalui proses pencernaan, yang memicu kontraksi pada rahim.

Namun, hal ini tidak ada hubungannya dengan membantu mempercepat proses persalinan.

Stanford Children’s Health justru mengungkapkan, makanan pedas, berlemak, dan berminyak bisa menjadi pemicu ibu hamil mengalami mulas dan refluks asam.

Makanan yang sulit dicerna juga bisa membuat Moms menjadi cepat mulas. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau makan berlebihan juga bisa jadi pemicunya.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Soda, Ketahui 5 Bahayanya!

Untuk itu, tetap perhatikan jenis makanan yang sudah dikonsumsi. Makan dalam porsi yang tepat dan imbangi dengan nutrisi yang seimbang. Nyatanya, makanan pedas saat hamil memang tidak dilarang.

Namun, ada beberapa gejala lain yang bisa terjadi dan mengganggu kenyamanan Moms saat hamil.

Jadi, apabila memang ingin mengonsumsi makanan pedas, tetap imbangi dengan nutrisi lain dan cukupkan cairan tubuh dengan minum air putih.

Artikel Terkait