Kesehatan

30 Juli 2021

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rendang? Simak Penjelasannya

Rendang merupakan salah satu makanan yang diakui oleh dunia kelezatannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ibu hamil seringkali memiliki pantangan untuk konsumsi makanan tertentu. Biasanya Moms yang sedang dalam masa kehamilan disarankan untuk konsumsi makanan sehat dan tidak diperbolehkan konsumsi makanan pedas. Lalu, bolehkah ibu hamil makan rendang

Baca juga: 4 Resep Rendang Ayam Gurih dan Nikmat!

Kandungan Gizi Rendang

Kandungan gizi di dalam rendang

Foto: Orami Photo Stock

Rendang merupakan makanan Indonesia yang rasanya sudah diakui oleh dunia. Bahkan, sajian khas minang ini mendapat predikat sebagai makanan terenak di dunia. Sebelum mengetahui bolehkah ibu hamil makan rendang, simak dulu kandungan gizi di dalam panganan satu ini.

Karena dibuat dari daging dan juga santan, rendang mengandung banyak sekali nutrisi untuk tubuh. Daging mengandung zinc, vitamin B12, zat besi, niacin, vitamin B6 dan fosfor. Seperti yang diketahui, vitamin B12 sangat sulit untuk ditemui dalam sayuran atau buah.

Tak hanya daging, santan yang menjadi bahan utama rendang juga memiliki banyak nutrisi untuk tubuh.

Baca juga: Selain Sate Padang dan Rendang, Ini 5 Kuliner Khas Sumatra Barat Lainnya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rendang?

Bolehkan ibu hamil makan rendang

Foto: Orami Photo Stock

Daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Daging sapi juga kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B lainnya. Semua nutrisi ini sangat dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan.

Besi adalah mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin. Moms akan membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah meningkat. Makanan ini sangat penting selama trimester ketiga.

Saudi Medical Journal kadar zat besi yang rendah selama awal dan pertengahan kehamilan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, yang meningkatkan risiko berat badan lahir rendah dan komplikasi lainnya.

Mungkin sulit untuk memenuhi kebutuhan zat besi Moms hanya dengan konsumsi daging. Apalagi kalau Moms seorang vegetarian atau tidak menyukai daging.

Namun, bagi mereka yang bisa, makan daging merah tanpa lemak secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah zat di dalam tubuh.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan rendang? Jawabannya adalah boleh. Hanya saja porsinya harus dibatasi. Karena di dalam rendang terdapat lemah jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.

Selain itu, Moms juga harus mengimbangi dengan makanan yang berserap saat konsumsi rendang. Hal ini sangat penting karena serat dapat mengurangi daya serap usus terhadap lemak, karbohidrat dan protein.

Baca juga: Pecinta Rendang? Yuk Kunjung 5 Restoran dengan Menu Rendang Terenak Ini

Bahaya Konsumsi Rendang saat Hamil

Bahaya Rendang pada Ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun sudah mengetahi jawaban dari bolehkah ibu hamil konsumsi rendang, tetapi Moms juga perlu tahu bahaya konsumsi rendang berlebihan saat hamil.

American Heart Asociation menjelaskan makanan yang mengandung lemak jenuh dapay meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Saat kadar kolesterol dalam darah meningkat, banyak risiko penyakit yang mungkin Moms alami seperti penyakit jantung dan stroke.

Rendang merupakan makanan yang diolah dengan teknik slow cook atau dimasak dalam waktu lama. Cara memasak seperti ini dapat menurunkan asam amino essensial yang ada di dalam daging. Selain itu, kadar lemah jenuh di dalam santan juga akan mengalami peningkatan menjadi lebih tinggi.

Sekali lagi, jika ingin tahu bolehkah ibu hamil makan rendang? Jawabannya memang boleh. Hanya saja konsumsi makanan lain yang lebih sehat dan tidak memiliki efek samping akan lebih baik Moms.

Baca juga: Varian Resep Rendang Telur yang Menggugah Selera!

Makanan untuk Ibu Hamil

Salmon baik untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil disarankan untuk selalu konsumsi makanan sehat. Moms yang sedang membuat daftar makanan sehat, berikut jenis makanan yang bisa Moms masukan. Daripada bertanya bolehkah ibu hamil makan rendang, sebaiknya Moms konsumsi makanan berikut ini.

1. Produk Susu

Selama kehamilan, Moms perlu mengonsumsi ekstra protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan si kecil yang sedang tumbuh. Produk susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi, yaitu kasein dan whey.

Susu adalah sumber kalsium terbaik, dan menyediakan fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng dalam jumlah tinggi. Selain itu, yoghurt terutama Greek yoghurt mengandung lebih banyak kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya dan sangat bermanfaat. Beberapa jenis yoghurt juga mengandung bakteri probiotik, yang mendukung kesehatan pencernaan.

2. Ubi Jalar

Moms juga bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari ubi jalar. Selain rasanya yang enak, makanan ini kaya akan beta karoten, senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A sangat penting untuk perkembangan bayi. Jurnal Nutrients menjelaskan Moms perlu berhati-hati terhadap sumber vitamin A hewani dalam jumlah berlebihan. Daging yang diambil dari organ hewan dapat menyebabkan toksisitas dalam jumlah tinggi.

3. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 esensial yang memiliki banyak manfaat. Seperti yang diketahui, nutrisi ini banyak terdapat dalam makanan laut dan membantu membangun otak serta mata bayi.

Namun, saat akan mengkonsumsi makanan laut perlu diperhatikan ya. Karena saat ini banyak sekali makanan laut yang mengandung merkuri dan membahayakan untuk tubuh dan si kecil.

4. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Telur besar mengandung sekitar 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, dan banyak vitamin dan mineral.

Selain sebagai sumber protein, telur adalah sumber kolin, nutrisi penting selama kehamilan. Makanan ini penting dalam perkembangan otak bayi dan membantu mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

5. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin dan senyawa tanaman air. Moms bisa memasukan oat, quinoa, beras merah, beri gandum, dan barley untuk diet Mom selama hamil. Kandungan makanan tersebut lebih baik daripada roti putih, pasta, dan nasi putih.

Beberapa biji-bijian, seperti gandum dan quinoa, juga mengandung cukup banyak protein. Selain itu, makanan ini juga memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil seperti vitamin B, serat, dan magnesium.

Baca juga: Anti Ribet, Ini 14 Rekomendasi Bumbu Rendang Instan yang Enak dan Autentik

Demikian penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil makan rendang dan juga rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan Moms tentang bolehkah ibu hamil makan rendang.

  • https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#whole-grains
  • https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/saturated-fats
  • https://www.discover-java-and-bali.com/beef-rendang.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait