Kehamilan

KEHAMILAN
6 Juli 2020

Mengapa Ibu Hamil Merasa Kedinginan? Berbahayakah?

Selain merasa kepanasan, ternyata sebagian Moms mengalami kedinginan selama kehamilan berlangsung.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat Moms hamil, hormon tubuh seakan berada di roller coaster. Bagi kebanyakan calon ibu, lonjakan estrogen dan progesteron menyebabkan keringat serta kepanasan sepanjang waktu. Namun, terkadang Moms malah merasakan kebalikannya yaitu kedinginan. Ya, ibu hamil kedinginan pun bisa dialami.

Sistem kontrol suhu tubuh Moms mungkin terlalu efisien dalam mendinginkan tubuh yang tengah bekerja keras saat hamil atau mungkin memiliki kondisi kesehatan yang sangat dapat diobati bahkan seringkali sembuh dengan sendirinya.

Penyebab Ibu Hamil Kedinginan

Hanya karena merasa lebih panas merupakan hal yang normal, itu tidak berarti ibu hamil kedinginan tak normal. Ada beberapa penyebab ibu hamil kedinginan dan di antaranya benar-benar tidak berbahaya:

Baca Juga: Tak Hanya Karena Suhu Lingkungan Rendah, Ini 6 Penyebab Lain Anda Merasa Kedinginan

1. Tekanan Darah Rendah

darah rendah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Sementara beberapa calon ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi hingga berbahaya. Namun, dilansir dari American Journal of Epidemiology, sekitar 10 persen Moms mengalami tekanan darah rendah atau berada di angka 90/60 atau lebih rendah.

Tekanan darah rendah saat hamil seringkali berasal dari tuntutan peredaran darah tambahan yang harus dilakukan oleh tubuh saat mencoba meningkatkan darah yang cukup bagi Moms dan Si Kecil dalam kandungan.

Adapun gejala tekanan darah rendah yang bisa diketahui yaitu mual, pusing, pingsan, penglihatan kabur, tekanan nadi lemah, dan bila merasakan hal-hal ini Moms ada baiknya langsung menemui dokter kandungan.

Sebaliknya, jika Moms memiliki tekanan darah rendah dan merasa baik-baik saja. Maka, tidak perlu memerlukan perawatan apapun. Menurut American Heart Association, tekanan darah biasanya kembali normal sekitar minggu ke-24 kehamilan.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Sering Diajukan Orang Tua Terkait Tekanan Darah Tinggi pada Anak

2. Anemia

Penyebab Ibu Hamil Kedinginan

Foto: Orami Photo Stocks

Anemia terjadi ketika tubuh Moms tidak memproduksi cukup sel darah merah pembawa oksigen. Karena tubuh menggunakan oksigen, Moms dapat melihat ada masalah untuk hampir semua sistem dalam tubuh termasuk soal suhu.

Nah, ibu hamil rentan terhadap anemia utamanya anemia defisiensi besi. Tubuh Moms menggunakan zat besi untuk membuat sel darah merah. Saat hamil, Moms membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak dari biasanya untuk memasok cukup darah kaya oksigen untuk Moms dan Si Kecil.

Jika Moms tidak memiliki cukup mineral yang tersimpan di tubuh atau mendapatkan dari menu makanan saat hamil, maka akan menjadi anemia saat hamil. Terutama menginjak trimester kedua dan ketiga, Ketika Si Kecil dalam kandungan tumbuh dengan pesat.

Hal ini diyakini menjadikan ibu hamil kedinginan dan salah satu ciri khas anemia dari kondisi ini adalah kaki dan tangan yang dingin. Gejala lain termasuk merasa lemah, kulit pucat, detak jantung tak teratur, dan sesak napas.

Baca Juga: Anemia pada Ibu Hamil: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Cara Mencegah

3. Hipotiroidisme

Penyebab Ibu Hamil Kedinginan

Foto: Orami Photo Stocks

Hipotiroidisme, atau tiroid yang kurang aktif, adalah kondisi di mana tubuh Moms tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Itu bisa terjadi jika memiliki penyakit autoimun tertentu (disebut penyakit Hashimoto) di mana tubuh menyerang tiroid.

Hipotiroidisme juga terjadi ketika ada kerusakan pada tiroid (misalnya, akibat radiasi) dan bahkan kekurangan nutrisi (terutama kekurangan yodium). Banyak wanita memiliki hipotiroidisme ringan yang tanpa disadari sampai tuntutan hormon berat dari kehamilan dimulai.

Hormon tiroid sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Mereka juga meningkatkan metabolisme dan membantu mengendalikan detak jantung dan suhu tubuh. Tanpa cukup hormon-hormon ini, Moms mungkin merasa kedinginan, lelah, lesu, sembelit.

Menurut publikasi di National Library of Medicine, hipotiroidisme memengaruhi hingga 5 persen semua wanita hamil. Jika Moms memiliki salah satu gejalanya, beri tahu dokter kandungan agar dapat dites.

Baca Juga: Yuk Ketahui Pentingnya Skrining Hipotiroid Untuk Bayi Baru Lahir

4. Kurang Tidur

Penyebab Ibu Hamil Kedinginan

Foto: Orami Photo Stocks

Ibu hamil kedinginan pun dapat disebabkan oleh kurang tidur.

Kurang tidur karena sakit punggung, mulas, dan buang air kecil tentu mengganggu Moms di siang hari utamanya malam hari.

Sehingga, membuat tidur nyenyak yang penting untuk pengaturan suhu tubuh pun berubah.

Baca Juga: Bukan Hanya Karena Kurang Tidur, Ini Penyebab Lainnya Mata Bengkak

5. Kegelisahan

Penyebab Ibu Hamil Kedinginan

Foto: Orami Photo Stocks

Mempersiapkan persalinan kemudian menghabiskan beberapa puluh tahun dalam hidup dengan menempatkan kebutuhan fisik, emosional, dan finansial orang lain di atas kebutuhan Moms tentu akan menimbulkan kegelisahan. Sehingga, mengubah emosi yang dapat meningkatkan mekanisme dalam tubuh Moms.

Untuk membuat tubuh Mom siap bergerak adalah darah dialihkan dari organ yang tidak penting seperti kulit ke yang lebih penting seperti jantung, dan itu bisa membuat ibu hamil kedinginan. Gejala kecemasan lainnya adalah mual, berkeringan, dan detak jantung kencang.

Menurut sebuah tinjauan studi BJPsych Open tahun 2019, kecemasan memengaruhi hampir seperempat ibu hamil.

6. Infeksi

Penyebab Ibu Hamil Kedinginan

Foto: Orami Photo Stocks

Bila Moms mengalami sakit umum dan lesu bersamaan dengan perasaan kedinginan, bisa jadi terserang infeksi virus atau bakteri. Menggigil sebenarnya adalah respons kimiawi terhadap kuman yang menyerang dan respon defensive tubuh Moms terhadapnya.

Gejalanya bervariasi tergantung pada jenis infeksi yang dimiliki (Moms mungkin mengalami kemacetan dengan infeksi pernapasan, mual dengan perut, dll.). Hubungi dokter kandungan bila Moms terserang demam atau khawatir dengan alasan apa pun tentang perasaan.

Tak perlu khawatir jika ibu hamil kedinginan dari waktu ke waktu. Namun, bila perasaan dingin itu bertahan lama dan tak kunjung menghilang, ini berarti ada masalah mendasar seperti yang dijabarkan di atas untuk segera ditangani.

Moms jangan ragu menghubungi dokter kandungan karena untuk itulah mereka ada. Tidak ada pertanyaan remeh sama sekali bahkan jika sesuatu memiliki jawaban sederhana, Moms selalu lebih aman daripada menyesal.

Baca Juga: Agar Ibu Hamil Tak Sering Gerah, Lakukan Hal Ini!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait