Trimester 1

TRIMESTER 1
23 April 2020

Ibu Hamil Minum Infused Water, Bolehkah?

Infused water sering dianggap minuman yang sehat dan menyegarkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, apakah sebelum hamil sering minum infused water? Ya, infused water sering dianggap sebagai pilihan terbaik buat yang pengin menurunkan berat badan.

Minuman yang terdiri dari air mineral dan potongan buah atau sayuran ini juga menyegarkan. Moms juga bisa mencampurkan berbagai aneka buah yang disuka agar rasanya variatif.

Ibu Hamil Aman Minum Infused Water

Pertanyaannya, pakah saat hamil Moms tetap dapat minum infused water? Apakah hal ini bisa berbahaya untuk perkembangan janin atau justru bermanfaat?

Seringnya ibu hamil memang menerima banyak informasi yang beredar dan jangan sampai termakan mitos belaka, ya. Ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Jus Wortel untuk Ibu Hamil

1. Kandungan Infused Water

Ibu Hamil Minum Infused Water, Bolehkah-1.jpg

Foto: firstcry.com

Studi dari Pakistan Journal of Nutrition pada tahun 2016 lalu mengungkapkan, infused water kerap disajikan dengan air dingin ini mempunyai manfaat serupa dengan jus buah segar.

Artinya, semakin banyak buah yang dimasukkan ke dalamnya, maka semakin kaya nutrisi yang bisa didapatkan dari minuman tersebut. Minuman ini rendah kalori dibandingkan minuman manis lainnya.

Infused water memang mengandung gula, namun perlu dipahami bahwa gula tersebut berasal dari buah yang dimasukkan, bukan dari gula tambahan.

Gula dalam buah bersifat fruktosa, artinya lebih mudah terserap dalam sirkulasi tubuh dan menstabilkan kadar glukosa darah.

2. Infused Water untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil Minum Infused Water, Bolehkah-2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Melihat banyaknya manfaat dari infused water dan nutrisi yang terkandung, sebenarnya ibu hamil boleh minum infused water.

Namun, tetap perhatikan jumlah yang dikonsumsi dan hindari terlalu sering mencampurkan lemon ke dalam infused water.

Lemon dapat mempercepat proses detoksifikasi, yang di mana hal ini dihindari selama masa kehamilan.

Ketika Moms sedang hamil, maka artinya sedang menciptakan kehidupan yang baru dan butuh banyak nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Jadi, sebaiknya proses detoks dihindari selama hamil.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Tebu?

“Selama hamil, nutrisi yang didapatkan harus seimbang dan wajib menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Kalori yang dikonsumsi juga harus ditambah pada trimester kedua dan ketiga. Jika diperlukan, vitamin prenatal juga dibutuhkan,” ujar Dr. Courtney Barnes, dokter kandungan dari Columbia, dilansir dari MU Health Care.

Jika ingin tetap minum infused water saat hamil, sebaiknya masukkan beberapa jenis buah yang bermanfaat dan tidak terbatas pada lemon.

Selain lemon, beberapa buah yang bisa jadi pilihan untuk dijadikan infused water, seperti jeruk, stroberi, blueberry, mangga, raspberry, dan kiwi. Sedangkan sayuran yang bisa dijadikan pilihan juga seperti timun dan daun mint.

3. Infused Water Mampu Redakan Mual

Ibu Hamil Minum Infused Water, Bolehkah-3.jpg

Foto: webmd.com

Jika Moms minum infused water saat hamil dengan takaran yang tepat, maka dapat mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh.

Menurut American College of Nurse-Midwives, infused water yang dicampurkan dengan lemon membantu meredakan mual dan muntah, yang umumnya sering dialami saat trimester pertama kehamilan.

Selain itu, minum infused water juga membantu mencegah sembelit yang kerap terjadi ketika Moms sedang hamil. Sistem kekebalan tubuh Moms juga dapat meningkat saat minum infused water.

Kandungan vitamin C dalam buah-buahan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terkena infeksi bakteri serta virus.

Baca Juga: 7 Jenis Minuman Sehat untuk Ibu Hamil, Segar dan Enak!

Itulah manfaat yang bisa Moms dapatkan dari sering minum infused water saat hamil. Nah, jangan lupa juga imbangi dengan nutrisi lainnya, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait