Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Ibu Hamil Susah Tidur Saat Trimester Ketiga? Ini Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak

Bagikan


 Ibu Hamil Susah Tidur Saat Trimester Ketiga? Ini Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak

Moms mungkin berpikir bahwa kurang tidur adalah hal biasa yang akan terjadi dan harus dihadapi setelah bayi lahir.

Namun bagi banyak ibu, insomnia atau susah tidur bisa menjadi tantangan terbesar bahkan sebelum Si Kecil lahir. Tepatnya saat kehamilan trimester ketiga, yang diperkirakan berdampak susah tidur pada lebih dari 75 persen ibu hamil.

Terkadang karena ibu hamil merasa susah tidur di trimester ketiga kehamilan, badan terasa mudah lelah, mengantuk, dan tidak bugar. Padahal, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa calon ibu atasi agar bisa tidur dengan nyenyak saat hamil tua.

Baca Juga:  Solusi Tidur Nyenyak Ibu Hamil

Apakah penyebab insomnia saat trimester ketiga?

Terlebih dahulu kita harus memahami mengapa ibu hamil susah tidur di trimester ketiga?

Dr. Jill Powell, asisten profesor di Departemen Obstetri, Ginekologi, dan Kesehatan Wanita di St. Louis University School of Medicine, menyatakan bahwa pada insomnia saat trimester ketiga relatif umum terjadi dan disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Perubahan hormonal kehamilan.
  • Sering buang air kecil
  • Heartburn
  • Kram kaki
  • Metabolisme naik yang membuat tubuh bekerja ekstra keras
  • Kesulitan merasa nyaman dengan janin yang bertambah besar
  • Kecemasan pra-kelahiran
  • Kelelahan

Baca Juga : 6 Kesalahan Ibu Hamil yang Sering Tidak Disadari

Bagaimana mengatasi insomnia selama kehamilan?

Cobalah tips berikut untuk mengatasi insomnia saat semester ketiga:

  • Redakan gejolak emosional. Berbicaralah dengan teman atau pasangan, atau tulislah jurnal. Meditasi juga bisa membantu.
  • Hindari kafein dan coklat. Terutama di sore atau malam hari, karena bisa membuat terjaga.
  • Makan malam lebih awal. Perut yang kenyang bisa membuat Moms cepat mengantuk dan tertidur.
  • Nikmati waktumu. Jangan buru-buru menelan makanan, dan tetap bersantai sehingga tidak membuat Moms terlalu kenyang menjelang tidur.
  • Perbanyak cairan. Penuhilah kebutuhan cairan setiap hari pada sore hari untuk mengurangi dehidrasi akibat sering kencing.
  • Segelas susu hangat, cobalah minum sebelum tidur.
  • Mandi air hangat. Lakukan sebelum tidur akan membuat Moms lebih rileks dan mengendurkan otot-otot yang tegang.
  • Olahraga rutin. Lakukan olahraga ringan di siang hari seperti pose yoga yang menenangkan atau latihan relaksasi yang dapat membuat Moms lebih mudah terlelap di malam hari.
  • Hindari tidur siang. Sebaiknya Moms menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas ringan di siang hari sehingga tidak terjaga di malam hari.
  • Cobalah rutinitas tidur. Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Pilihan bagus termasuk bacaan ringan, mendengarkan musik lembut, mandi air hangat, pijat prenatal, dan seks.
  • Matikan semua gadget. Menggunakan ponsel, tablet, e-reader, TV, laptop atau perangkat elektronik lainnya sebelum tidur bisa mengacaukan jam tidur.
  • Masukkan udara segar. Buka jendela agar ruangan tidak menjadi pengap.
  • Buatlah tidur senyaman mungkin. Tidak ada salahnya menggunakan banyak bantal untuk penopang selama tidur.
  • Pisahkan waktu untuk seks dan tidur. Jika Moms melakukan aktivitas siang hari di tempat tidur, tanpa disadari Moms akan terus terjaga dan ditambah lagi stres.
  • Tambahkan wewangian alami. Rangkaian bunga kering aromatik atau sachet yang terselip di sarung bantal dapat membantu Moms lebih cepat tidur.

Baca juga: Susah Tidur? Ikuti Tips-Tips Ini!

Nah, bagaimana pengalaman Moms saat mengatasi susah tidur di kehamilan trimester ketiga? Bagikan juga yuk di kolom komentar.

(ROS)

Sumber: whattoexpect.com, motherandbaby.co.uk, babble.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.