Kehamilan

KEHAMILAN
30 April 2020

Ibu Hamil Traveling Naik Bus, Amankah?

Sesekali lakukan peregangan agar tubuh tidak kaku ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, saat hamil tentu diminta untuk sering berolahraga, melakukan perawatan serta pantangan atau pencegahan terhadap sesuatu. Tapi bukan berarti Moms tidak bisa melanjutkan gaya hidup yang normal.

Salah satunya adalah bepergian yang tidak bisa dihindari dari kehidupan, baik perjalanan ke kantor atau perjalanan mengunjungi dokter kandungan hingga bepergian dengan bus untuk berlibur.

Tetapi, sebelum mengepak perlengkapan Moms ada baiknya dapatkan terlebih dulu izin dari dokter kandungan karena harus ada sedikit perencanaan untuk memastikan perjalanan yang aman serta nyaman.

Gejala kehamilan seperti kandung kemih yang sangat aktif, mual yang mematikan dan tiba-tiba kram kaki dapat membuat perjalanan sedikit lebih menantang dari biasanya.

Ibu Hamil Traveling Naik Bus

ibu hamil naik bus

Foto: Babycenter.com

Lalu, amankah traveling menggunakan bus saat hamil? Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, bagi sebagian ibu, traveling selama kehamilan aman dilakukan.

Selama Moms dan Si Kecil dalam kandungan sehat bahkan Moms pun bisa bepergian hingga hamil 36 minggu.

Sedangkan, waktu terbaik untuk traveling menggunakan bus saat hamil yaitu antara minggu ke-14 dan minggu ke-28. Lantaran, masalah kehamilan paling umum terjadi pada trimester pertama dan ketiga.

Akan tetapi, selama pertengahan kehamilan, energi Moms telah kembali mulai dari morning sickness yang menghilang dan masih mudah untuk berkeliling.

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Mengajak Balita Traveling

Dan selama trimester ketiga, baik bidan maupun dokter kandungan mungkin menyarankan untuk tidak bepergian sama sekali jika berisiko melahirkan prematur dan bepergian juga mungkin bukan ide yang baik jika Moms hamil dengan lebih dari satu janin.

Namun, jika Moms memiliki kehamilan yang sehat tanpa komplikasi, tidak ada alasan tidak dapat melakukan perjalanan hingga sebulan sebelum tanggal jatuh tempo atau Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Tips Ibu Hamil Traveling Naik Bus

Traveling saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yang bisa membuat traveling menggunakan bus saat hamil menjadi nyaman dilansir dari American Pregnancy Association. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Perbaiki Postur

Moms, sangat penting untuk memperbaiki postur ketika traveling menggunakan bus saat hamil terutama dengan tempat duduk bus yang sempit sehingga perbaiki terus postur dari waktu ke waktu agar terhindar dari ketidaknyamanan.

2. Tetap Duduk

Bus cenderung memiliki lorong sempit dan toilet kecil. Moda transportasi ini bisa lebih menantang. Yang paling aman adalah tetap duduk saat bus bergerak.

Jika Moms harus menggunakan kamar kecil, pastikan untuk berpegangan pada rel atau kursi untuk menjaga keseimbangan Anda.

3. Batasi Waktu Traveling

Cobalah untuk membatasi jumlah waktu Moms terkurung di dalam bus. Pertahankan waktu perjalanan sekitar lima hingga enam jam.

4. Lakukan Peregangan

Moms, saat traveling menggunakan bus saat hamil tentu ada jeda untuk beristirahat di salah satu pemberhentian. Maka, saat waktu itu tiba maka kesempatan Moms untuk keluar dari bus untuk peregangan guna menjaga sirkulasi darah.

5. Persiapkan Bekal

Setiap kali Moms merencakanan traveling dengan jarak tempuh yang panjang, disarankan untuk mempersiapkan bekal baik makan maupun minum.

Jangan membawa makanan goreng atau pedas untuk dimakan karena dapat menyebabkan mual atau mulas. Makanlah dalam porsi kecil dan tetap minum air putih dalam waktu singkat.

Baca Juga: Tips Traveling saat Hamil, Bumil Wajib Tahu Nih!

Moms, perlu diingat bahkan jika dalam kondisi yang sehat sebelum melakukan perjalanan, Moms tidak pernah tahu kapan keadaan darurat muncul.

Sehingga, cari rumah sakit atau klinik terdekat di tempat yang Moms kunjungi sebagai antisipasi saat traveling menggunakan bus saat hamil.

Nah, itulah beberapa tips ibu hamil traveling naik bus. Naik bus saat hamil tetap aman asalkan Moms mengikuti tips amannya ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait