Home & Living

11 Agustus 2021

8 Ide Mushola Minimalis untuk Rumah Mungil, Tak Habiskan Banyak Ruang!

Moms tidak perlu membuat ruangan yang besar-besar, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Bagi keluarga muslim, keberadaan mushola di dalam rumah adalah hal yang penting.

Meskipun salat dan beribadah bisa dilakukan di mana saja tapi akan lebih khusyuk dan khidmat jika Moms memiliki ruang tersendiri untuk berdoa kepada Allah SWT.

Tak perlu ruangan yang besar, mushola berukuran mini pun sudah mampu memberikan ketenangan kala menghadap Sang Pencipta saat beribadah.

Nah, meski begitu, desain mushola dalam rumah tetap harus dipertimbangkan ya, Moms.

Mulai dari letak ruangan, bentuknya, arah kiblatnya, hingga desain interior di dalam mushola. Tentunya hal ini dilakukan agar suasana nyaman dan tenang tercipta, sehingga berdoa jadi lebih khidmat.

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

Salah satu desain mushola yang sedang populer ialah desain mushola minimalis.

Dalam buku berjudul "Cara Mudah Mendesain Rumah Minimalis", dijelaskan bahwa gaya interior minimalis dimulai pada abad ke-20 kemudian dikenal hingga saat ini.

Desain minimalis merupakan gagasan desain yang "dipreteli", menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

Salah satu penggagas desain minimalis ialah seorang arsitek bernama Ludwig Mies van der Rohe yang mengatakan bahwa, “Less Is More.”

Selain itu, desain minimalis juga dipengaruhi oleh sejumlah peristiwa dan gerakan yakni gerakan seni De Stijl dari Arsitek bernama Van Der Rohe dan gaya tradisional Jepang.

Dengan memberikan sentuhan desain minimalis pada mushola diharapkan dapat menjadikan kesederhanaan dalam ruangan sebagai sesuatu yang dapat disyukuri dan membuat pengalaman ibadah jadi lebih indah.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai desain mushola minimalis. Semoga bisa menjadi inspirasi ya, Moms.

Baca Juga: 12 Inspirasi Desain Rumah Minimalis, Cocok untuk Rumah Mungil!

Ide Desain Mushola Minimalis untuk Rumah Mungil

mushola minimalis

Foto: instagram.com

Keterbatasan lahan bukan jadi persoalan untuk membuat mushola minimalis di dalam rumah. Tak perlu banyak ruang untuk bisa membuat mushola minimalis.

Selain itu, mushola minimalis membuat tampilan ruangan jadi lebih luas dibandingkan dan tidak terlalu sempit meskipun di dalam rumah mungil.

Berikut ini ide desain mushola minimalis untuk rumah mungil.

1. Perpaduan Soft Krem dan Putih

Moms bisa memadukan warna soft krem dan putih untuk tampilan mushola minimalis.

Selain itu, berikan juga karpet warna senada, hiasan dinding bertuliskan "ALLAH" dengan huruf arab dari kayu, dan cermin untuk memantulkan bayangan pada ruangan sehingga terlihat lebih luas.

Untuk kesan yang lebih alami, Moms juga bisa meletakkan vas bunga melayang yang ditempatkan pada dinding atau langit-langit untuk menyejukkan mushola.

Jangan lupa berikan gantungan mukena dan sarung atau rak kecil untuk peralatan beribadah lainnya.

2. Tampil Minimalis dengan Dominasi Warna Hitam

mushola minimalis

Foto: instagram.com

Tak perlu membuat ruangan tersendiri dengan sekat tembok untuk membuat mushola minimalis pada rumah mungil. Untuk menghemat tempat dan biasa, Moms bisa menyatukannya dengan ruang baca atau ruang kerja bersebelahan dengan rak buku.

Hal ini dilakukan agar Moms bisa meletakkan Alquran di rak buku tersebut dan terlihat lebih rapi.

Agar nuansa islami lebih terasa, sematkan dua potret lukisan ukuran kecil di dinding kiblat bertuliskan ayat kursi, bangunan Makkah, atau Masjidil Haram agar selalu ingat kepada Allah.

Untuk kesan yang lebih sejuk, sematkan satu pot pohon kaktus yang perawatannya mudah dan tidak membutuhkan banyak air.

Baca Juga: 6 Barang Praktis yang Harus Ada di Kamar Mandi Minimalis

3. Buat Dudukan Keramik Tanpa Sekat

Selain dengan menyatukannya di ruang kerja atau ruang baca, untuk menghemat ruang, Moms juga bisa meninggikan lantai mushola sebagai sekat mini tanpa dinding pembatas.

Dengan begini, meskipun tidak tertutup namun area mushola tetap akan mendapatkan privasi. Sematkan rak dinding warna netral dan gantungan baju untuk menyimpan berbagai peralatan salat.

Tak lupa, letakkan tumbuhan merambat di bagian ujung untuk menghijaukan area mushola minimalis.

Baca Juga: 9+ Ide Desain Kamar Mandi Minimalis yang Bisa Ditiru

4. Dekat dengan Tempat Wudhu

Untuk menghemat ruang, waktu, sekaligus menjaga kesucian mushola, Moms bisa menyediakan ruang wudhu mini dengan satu keran di dekat mushola.

Selain itu, tinggikan juga area yang digunakan untuk salat agar air tidak masuk ke dalam area tersebut. Tak lupa untuk memberikan aksen bebatuan lama, aneka tanaman untuk menghijaukan ruangan dan membuatnya terlihat lebih alami.

Baca Juga: Tips Menata Meja Makan untuk Ruangan Minimalis, Coba Yuk Moms!

5. Minimalis dan Estetik dengan Lantai Kayu

Lantai kayu saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang sebagai dasar lantai hunian. Namun, hal ini juga bisa Moms terapkan pada mushola untuk kesan yang lebih hangat dan estetik.

Padukan dengan dinding warna putih, tulisan Allah berwarna gold, dengan hiasan rustic yang minimalis. Tak lupa, letakkan karpet bulu yang empuk untuk menambah kenyamanan beribadah.

Baca Juga: Minimalis! 12 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Luas

Desain Mushola di Dalam Rumah Bergaya Minimalis

mushola minimalis

Foto: instagram.com

Desain rumah minimalis tentunya dibarengi dengan desain mushola minimalis. Hal ini dilakukan agar mushola terlihat menyatu dengan interior sekitar rumah sehingga menciptakan estetika yang indah dipandang.

Nah, berikut ini desain mushola minimalis di dalam rumah.

1. Semi Outdoor

Apakah Moms memiliki sisa lahan terbuka yang cukup luas? Jika ya, Moms bisa menggunakannya sebagai tempat beribadah atau mushola minimalis dengan pekarangan hijau di sampingnya.

Selain lebih sejuk dan sirkulasi udara lebih baik, Moms juga bisa menghemat biaya listrik karena tidak memerlukan AC atau kipas angin.

Jangan lupa menyematkan tirai agar mushola tidak kepanasan atau terkena hujan ya, Moms. Selain itu, hindari penempatan jendela di arah kiblat.

Sebab, cahaya matahari akan menyilaukan di waktu subuh sehingga kurang nyaman.

Baca Juga: 13 Ide Desain dan Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Lebih Luas dan Nyaman

2. Bermain dengan Warna-warna Lembut

Siapa yang tak jatuh cinta dengan kombinasi warna-warna soft dan lembut pada mushola minimalis? Hal ini tak hanya memberikan suasana hangat dan menentramkan, namun juga meneduhkan ketika beribadah.

Pilih kombinasi warna putih, krem, dengan sedikit warna pastel untuk mencerahkan ruangan. Selain itu, warna-warna netral dan soft juga memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas.

Terlebih, kombinasi warna-warna lembut ini mampu memberikan pantulan cahaya yang lebih baik pada ruangan sehingga terlihat lebih terang meskipun dengan pencahayaan lampu atau outdoor yang minim.

Baca Juga: 5 Tips Desain Kamar Minimalis Ala Korea, Cobain ya!

3. Furnitur Sederhana Tapi Fungsional

Seperti yang diketahui, gaya minimalis meninggalkan hal-hal yang tidak berfungsi maksimal dan mengedepankan kesederhanaan. Dengan furnitur-furnitur sederhana dalam mushola, akan memberikan kesan ruangan yang lebih lapang dan luas.

Misalnya, memilih kabinet dengan pintu kaca atau terbuka untuk ruang menyimpan Alquran, sajadah, mukena, dan sarung agar terkesan lebih modern dan melegakan.

Moms juga bisa menambahkan dekorasi berupa rak dinding untuk meletakkan pajangan namun tidak memakan banyak tempat.

Itulah kumpulan desain mushola minimalis untuk hunian mungil dan bergaya modern juga fungsional.

Semoga ke delapan ide desain mushola minimalis ini bisa menjadi inspirasi untuk Moms yang sedang mencari desain minimalis pada mushola sekaligus menambah ketakwaan.

Semoga bermanfaat!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait