Pernikahan & Seks

30 Juni 2021

7 Ide Unik DIY untuk Kado Anniversary yang Bisa Diberikan pada Pasangan

Berikan kado DIY unik ini untuk pasangan di hari spesial.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Banyak pasangan yang sudah menandakan tanggal anniversary mereka jauh-jauh hari untuk merayakannya atau sekadar bertukar kado anniversary.

Hari anniversary merupakan hari yang membahagiakan sekaligus membanggakan bagi Moms dan pasangan. Itu tandanya, Moms dan pasangan sudah berhasil melewati satu tahun kebersamaan saat sulit dan senang.

Ketika memeringati hari spesial dengan pasangan, Moms pasti ingin memberikan kado anniversary yang terbaik sehingga meninggalkan kesan tak terlupakan.

Baca Juga: 7 Kado Valentine untuk Suami Berdasarkan Hobinya

DIY Kado Anniversary untuk Pasangan

Jika Moms masih bingung dalam memilih kado anniversary, berikut ini ide unik DIY yang bisa Moms buat sendiri sebagai kado anniversary untuk pasangan.

1. Jurnal Berisi Rasa Syukur dan Bangga pada Pasangan

ide kado anniversary - jurnal rasa syukur dan bangga.jpg

Foto: marriagelaboratory.com

Kado anniversary pertama yang dapat Moms buat sendiri di rumah adalah jurnal berisi tulisan rasa syukur dan bangga terhadap pasangan.

Namun, Moms memerlukan cukup banyak waktu untuk membuatnya karena jurnal ini harus ditulis setiap hari. Caranya, tulislah hal-hal yang membuat Moms bersyukur dan bangga akan perilaku pasangan setiap harinya, minimal lima daftar.

Tulislah pada setiap kertas dengan warna berbeda dan jangan lupa untuk mencatat tanggalnya, Moms.

Masukkan setiap lembar kertas tersebut dalam sebuah kotak kecil yang telah dihias dengan foto Moms bersama pasangan.

Lalu, berikan kotak berisi jurnal tersebut di hari spesial. Buka dan bacalah bersama-sama sekaligus nostalgia.

Tak hanya menjadi kado anniversary yang berkesan, cara ini juga dapat meningkatkan kedekatan dengan pasangan, lho.

Baca Juga: Biar Makin Romantis, Ini 6 Ide Hadiah Seksi untuk Istri

2. Kupon Cinta

kado anniversary - kupon cinta.jpg

Foto: beyondcommitted.com

Ide kado unik berikutnya yang bisa Moms berikan pada pasangan, yakni kupon cinta. Kado anniversary ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengekspresikan kasih sayang dan cinta dalam bentuk perbuatan.

Caranya juga tidak sulit kok, Moms. Cukup buat tulisan-tulisan menarik dan cetak dalam kertas berwarna, layaknya kupon pada umumnya.

Moms bisa menuliskan beberapa kegiatan yang menandakan kasih sayang dan cinta terhadap pasangan. Misalnya, kupon untuk memasak makanan favoritnya, kupon pijat usai bekerja, atau kupon ekslusif yang bisa dimanfaatkan pasangan untuk menikmati hobinya dalam satu hari!

Buatlah kupon tersebut sesuai keinginan Moms, tetapi pastikan untuk menuliskan tanggal kadaluwarsanya, ya. Hal ini bertujuan untuk mendorong pasangan agar mereka benar-benar menggunakannya.

Yuk, coba buat kado anniversary ini, dijamin seru.

3. Peta Perjalanan yang Sudah Dikunjungi Bersama

kado anniversary - peta perjalanan berkesan.jpg

Foto: uncommongoods.com

Tak hanya spesial, kado anniversary yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai penyimpan memori yang baik.

Moms cukup mencetak peta negara atau mungkin dunia dan tempelkan pada papan berbahan stereofoam. Setelah itu, lapisi dengan plastik transparan dan pajang mengguanakan bingkai foto.

Setelah itu, pasangkan beberapa memo pin pada tempat-tempat yang sudah Moms kunjungi dengan pasangan di peta tersebut. Sangat mudah dibuat, tetapi penuh makna bukan?

Baca Juga: Nggak Pakai Ribet, 3 Resep Simpel Saat Traveling dengan Si Kecil!

4. Couple Mug dengan Desain Romantis

kado anniversary - gelas couple.jpg

Foto: dreamstateinspiration.blogspot.com

Moms juga dapat membuat gelas berpasangan (couple mug) sebagai kado anniversary di hari spesial untuk Dads.

Cukup siapkan dua gelas berbahan keramik dengan warna putih dan spidol warna hitam permanen.

Buatlah tulisan dengan spidol yang berisi kata-kata romantis sehingga membuat desain gelas lebih menarik.

Biarkan tulisan pada gelas mengering selama 72 jam, lalu panggang gelas dalam oven selama 30 menit pada suhu 300 derajat agar warnanya tak mudah pudar. Kemudian, diamkan gelas di dalam oven hingga dingin secara bertahap dan mencapai suhu ruang.

Gelas Moms dan pasangan pun siap digunakan untuk menikmati teh atau kopi bersama kala waktu luang.

5. Lilin Dried Flower yang Cantik

lilin dried flower.jpg

Foto: hellonest.co

Lilin dapat menjadi ide kado anniversary yang dapat Moms berikan pada pasangan. Mari buat lilin sendiri agar lebih berkesan untuk Dads.

Namun, Moms perlu bersabar dan benar-benar memperhatikan cara membuatnya berikut ini, ya.

Bahan-bahan yang harus disiapkan, meliputi dried flower (bunga kering), lemak parafin, soy wax atau lilin yang terbuat dari minyak kedelai (opsional), sumbu kapas, jepitan atau sumpit (untuk memegang sumbu), 30-40 tetes minyak esensial, gelas berukuran 8 ons atau wadah tembus pandang, wadah kaca yang sedikit lebih sempit dengan sisi lurus (tidak harus sama tingginya, tetapi wadah ini harus muat di dalam gelas 8 ons dan masih menyisakan sedikit ruang untuk bernapas di sekitar sisinya, gelas ukur Pyrex dan panci kecil.

Caranya, masukkan 1-2 cangkir serpihan lilin (jika menggunakan lilin kedelai untuk bagian tengahnya, lelehkan) ke dalam gelas ukur Pyrex dan letakkan di tengah panci kecil.

Tambahkan air secukupnya ke panci sehingga mencapai 2-4 cm di sisi gelas ukur. Didihkan dengan api kecil sampai lilin benar-benar meleleh, dan tambahkan minyak esensial sambil diaduk.

Tempatkan sumbu di tengah wadah kaca yang lebih sempit dan tahan dengan jepitan. Tuang lilin cair ke dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer sampai benar-benar dingin, selama 45 menit hingga satu jam. Lilin harus sedikit menyusut sehingga lilin mudah dikeluarkan dari wadah.

Letakkan lilin di tengah wadah 8 ons dan gunakan jepitan untuk menahan sumbu di tempatnya. Letakkan bunga kering dan tanaman hijau di antara sisi lilin dan gelas.

Lelehkan kembali bahan lilin yang sebelumnya, dan tuangkan di atas lilin, tetapi pastikan bahwa lilinnya telah melapisi bunga kering secara menyeluruh.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Lilin Aromaterapi di Rumah, Coba Yuk!

6. Peta Berbentuk Hati untuk Dekorasi

kado anniversary - peta berbentuk hati untuk dekorasi.jpg

Foto: houseofmahalo.com

Berbeda dari kado anniversary peta yang sebelumnya, ide kado untuk pasangan yang satu ini berbentuk hati sehingga terlihat lebih manis.

Moms hanya perlu menyiapkan peta tempat yang sekiranya memiliki sejarah atau kesan yang menyenangkan dengan pasangan. Misalnya, peta tempat pertama kali Moms bertemu dengan Dads atau peta tempat pernikahan kalian berdua.

Lalu, potong peta tersebut hingga menyerupai bentuk hati. Moms dapat membuat polanya terlebih dahulu pada kardus sehingga lebih mudah saat membuat bentuk hati.

Setelah itu, tempelkan peta pada kertas karton dan bingkai peta hati tersebut dengan ukuran yang sesuai.

Peta hati ini sangat mudah untuk dibuat, total waktu yang dibutuhkan pun kurang dari sepuluh menit, dan terlihat sangat menggemaskan di dalam bingkai yang indah. Cocok untuk diletakkan pada meja ruang tamu atau dinding kamar.

7. Buket Strawberry Berlapis Cokelat

buket stroberi berlapis cokelat.jpg

Foto: lovelaughmirch.com

Buket bunga mungkin terkesan sebagai hal yang biasa untuk kado anniversary, maka, cobalah buat buket yang lain bagi pasangan Moms. Misalnya, buket strawberry berlapis cokelat berikut ini.

Kado anniversary ini sangat mudah untuk dibuat di rumah, tetapi pastikan untuk menggunakan buah strawberry yang segar dan cokelat favorit sehingga rasanya benar-benar lezat.

Selain strawberry dan coklat, Moms juga perlu menyiapkan tusuk sate bambu, pita, kertas yang biasa digunakan untuk buket, dan karet gelang.

Pertama, cuci strawberry, kering dan dinginkan. Lalu lelehkan cokelat hingga rata dan celupkan strawberry ke dalam cokelat leleh. Kemudian, hiasi strawberry berlapis coklat dengan topping yang diinginkan dan sisihkan hingga coklat mengeras.

Setelah itu, tusuk strawberry dengan tusuk sate bambu. Sisihkan dalam gelas atau vas yang tinggi. Lakukan hingga semua strawberry habis dan kumpulkan beberapa strawberry bersama-sama, variasikan tingginya dan ikat dengan karet gelang.

Tempatkan buket strawberry di salah satu sudut kertas. Bungkus sisi kiri kertas ke kanan, bagian bawah ke atas, dan sisi kanan di atas. Ikat buket strawberry berlapis cokelat dengan pita yang manis.

Baca Juga: 63 Rangkaian Kata-kata Anniversary Singkat untuk Pasangan, So Sweet!

Nah, itu lah beragam ide unik sebagai kado anniversary. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam merayakan hari spesial dengan pasangan, ya!

  • https://www.marriagelaboratory.com/blog/diy-anniversary-gifts/
  • https://www.shutterfly.com/ideas/best-homemade-anniversary-gifts/
  • https://blog.365canvas.com/diy-anniversary-gifts/
  • https://hellonest.co/how-to-make-dried-flower-candles/
  • https://houseofmahalo.com/easy-diy-heart-map-art/
  • https://lovelaughmirch.com/chocolate-covered-strawberry-bouquet/
  • https://dreamstateinspiration.blogspot.com/2013/10/diy-his-her-mugs.html
  • https://beyondcommitted.com/love-coupons-perfect-gift/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait