Tren

27 April 2019

Identik dengan Sayur Mentah, Begini Cara Konsumsi Lalapan yang Sehat

Lalapan identik dengan sayur segar yang tak dimasak, sehingga perlu trik untuk mengonsumsinya agar tetap menyehatkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi orang Indonesia, lalapan sudah menjadi bagian penting di meja makan. Hidangan pelengkap ini hampir selalu ada mendampingi hidangan Indonesia. Tanpa lalapan, cita rasa hidangan jadi kurang lengkap. Betul tidak Moms?

Ada dua jenis lalapan yang biasanya disajikan di meja makan, yakni lalapan matang dan lalapan mentah. Banyak yang bilang, lalapan mentah lebih sehat karena punya kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Sedangkan lalapan matang sudah berkurang nutrisinya karena proses pemanasan.

Tapi, apakah betul demikian? Yuk kita simak ulasannya Moms!

Baca Juga: Tidak Sembarangan, Ini Manfaat 9 Sayuran Lalapan Sunda

Bahaya di Balik Sayur Mentah

identik dengan sayur mentah, begini cara konsumsi lalapan yang sehat

Foto: Unsplash

Dikutip dari Sciencedaily.com, lalapan yang berupa sayuran mentah ini dikhawatirkan masih menyimpan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Mulai dari proses panen, distribusi, hingga sampai di pasar, sayuran dipegang oleh banyak sekali tangan manusia, sehingga membuat sayuran rentan terkontaminasi bakteri berbahaya, seperti E. coli, Salmonela, dan Listeria yang memicu berbagai macam penyakit.

Listeria sendiri merupakan bakteri berbahaya penyebab keracunan makanan yang bertanggung jawab pada kematian 200 orang di seluruh dunia dalam setahun.

Bakteri ini dapat memasuki aliran darah, memproduksi racun, dan merusak sel-sel tubuh. Orang yang keracunan bakteri Listeria akan merasakan sakit kepala, demam, nyeri otot, tubuh kaku, hingga kehilangan kesadaran.

Setelahnya, beberapa organ dalam terkontaminasi bakteri dan bisa memicu gejala yang lebih parah.

Tak hanya bakteri, pada sayuran mentah juga dikhawatirkan masih menempel sisa pestisida atau pupuk kimia, yang jika terkonsumsi oleh manusia, dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: 10 Jenis Sambal Pemikat Lidah, Mana Favorit Anda?

Begini Cara Konsumsi Lalapan yang Sehat

identik dengan sayur mentah, begini cara konsumsi lalapan yang sehat 1

Foto: www.usatoday.com

Melihat fakta di atas mungkin akan membuat Moms berpikir ulang untuk mengonsumsi sayuran mentah. Tapi, jangan khawatir dulu Moms. Ada kok caranya untuk tetap sehat mengonsumsi lalapan mentah.

Bagaimana caranya? Ada baiknya Moms pastikan untuk mencuci sayuran yang akan dijadikan lalapan, atau merendamnya dalam air yang diberi garam atau cuka apel agar sayuran mentah ini benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Dilansir dari Nhs.uk, mencuci sayuran akan membantu menghilangkan bakteri, termasuk E. coli yang berbahaya, dari permukaan sayuran.

Cucilah di bawah keran yang mengalir dan gosok permukaan sayur. Moms juga disarankan untuk mengupas kulit ari di permukaan sayuran. Dengan begitu, sayuran mentah yang dikonsumsi sebagai lalapan pun akan memberi manfaat kesehatan yang optimal buat Moms.

Nah, ternyata ada caranya agar lalapan mentah tetap sehat saat dikonsumsi. Selamat mencoba!

(VAN/AND)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait