Rupa-rupa

13 Desember 2021

Ikan Aligator, Jenis Ikan Purba dengan Kepala Mirip Buaya

Ikan Aligator ternyata sudah ada sejak jutaan tahun lalu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan Dads, tahukah ikan aligator tidak ada hubungannya dengan aligator? Tetapi, karena kepala yang mirip buaya dan gigi setajam silet, sehingga mudah untuk mengetahui darimana asal Namanya.

Dilansir Seaworld.org, ikan aligator adalah salah satu ikan terbesar di air tawar. Ukurannya bisa mencapai Panjang 3 meter dan berat hingga 127 kilogram. Fakta ikan aligator mereka memakan ikan hidup dan mati.

Di sisi lain, mereka juga dapat mengonsumsi krutasea, serangga, dan katak. Ikan aligator dewasa biasanya mengintai mangsanya atau berbaring menunggu mangsa lewat.

Fakta Ikan Aligator

Ikan Alligator

Foto: a-z-animals.com

Walaupun terlihat malas tetapi ikan aligator ini dapat mematikan dan cepat Ketika berburu mangsanya. Berikut ini fakta ikan aligator lainnya. Yuk simak!

1. Fosil Hidup

Fakta ikan aligator adalah spesies yang kerap oleh para peneliti disebut sebagai “fosil hidup”. Ini berarti bahwa fosil ikan ini, bahkan yang berasal dari jutaan tahun yang lalu, terlihat sangat mirip dengan hewan yang hidup saat ini.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Kucing yang Harus Diketahui Pecinta Binatang

2. Euryhaline

Fakta ikan aligator yang tak kalah mengejutkan adalah masuk dalam Euryhaline. Euryhaline adalah organisme yang dapat beradaptasi dengan kadar salinitas. Organisme tersebut paling banyak ditemukan di peraian payau atau muara.

Dalam pemburuan mangsa untuk sesuatu untuk dimakan, akan membantu untuk menjadi fleksibel. Ikan ini dapat berburu mangsa baik di habitat air tawar maupun air asin, yang menjadikannya euryhaline.

3. Big Gulp

Dalam mencari makanan, ikan Aligator sering masuk ke perairan yang agak keruh dan tenang. Jenis perairan ini sering mengandung sangat sedikit oksigen. Untungnya, ketika kadar oksigen rendah, ikan ini hanya menghirup udara ekstra dari permukaan.

4. Swim Bladder

Ketika mereka menelan udara dari permukaan, itu tidak masuk ke paru-paru, tetapi ke kantung renang mereka. Kandung kemih renang bertindak seperti paru-paru, dan juga membantu mereka mengatur daya apungnya.

Baca Juga: Bergizi, 10 Ragam Ikan Air Tawar yang Banyak Dikonsumsi di Indonesia

5. Tidak Menyerang Manusia

Meskipun mereka mungkin terlihat ganas, buaya gar tidak menimbulkan ancaman bagi manusia dan tidak ada serangan yang diketahui terhadap manusia.

Namun, mereka dapat menimbulkan bahaya pasif. Telur ikan beracun bagi manusia jika tertelan. Toksisitas telur ikan ini berfungsi sebagai mekanisme pertahanan terhadap predator seperti krustasea.

Faktanya, ikan aligator memiliki sedikit predator alami, meskipun aligator telah diketahui menyerang mereka, dan ikan muda dimangsa oleh spesies lain.

Ikan aligator dewasa terutama memangsa ikan, tetapi mereka adalah pemakan oportunistik yang juga memakan kepiting biru, kura-kura kecil, unggas air atau burung lain, dan mamalia kecil.

6. Habitat Asli di Amerika Latin

Menurut National Geographic, Kisaran habitat spesies ikan aligator meluas di Amerika Serikat Selatan. Distribusi ikan gar aligator terjadi di selatan dekat Pantai Teluk Texas dan ke Tamaulipas melalui Veracruz utara, Meksiko. Distribusi di Kosta Rika dan Nikaragua bagaimanapun dianggap 'dibantah dan dicurigai.'

Ikan Aligator jarang terlihat di Teluk Meksiko. Populasi aligator gar terbesar ini biasanya terlihat membelah permukaan di rawa-rawa payau, waduk, dan teluk.

Baca Juga: 12 Ikan Hias Air Tawar yang Menarik Bagi Si Kecil

7. Berusia Panjang

Fakta ikan aligator lainnya adalah berusia Panjang. Rata-rata usia ikan ini adalah 10-30 tahun. Namun, jika ikan tersebut memiliki Panjang tubuh yang lebih Panjang maka hal ini juga bisa memperpanjang hidupnya hingga 50 tahun.

8. Spesies Karnivora

Aligator gars adalah spesies karnivora dan memiliki sedikit predator alami. Mereka memakan ikan, kura-kura, ular, katak, kepiting biru, dan mamalia kecil.

Makanan mereka juga tergantung pada ukuran gar. Remaja akan memakan mangsa yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lebih tua.

Ikan Aligatorterbesar memakan ikan lain, kura-kura dan apapun yang masuk ke mulutnya, seperti ular dan burung kecil.

9. Pemburu di Malam Hari

Ikan Aligator kebanyakan berburu pada malam hari dan dini hari dan sering tidak aktif di tempat teduh di siang hari.

Ikan Aligator adalah ikan soliter yang tampak sangat pasif, tetapi mereka adalah predator penyergap yang rakus.

Mereka berbaring di badan air di bawah matahari atau teduh, menunggu mangsanya mendekat. Rahang mereka yang besar memungkinkan mereka untuk menelan mangsanya secara utuh.

Begitu mereka mendapatkan sesuatu, sangat sulit untuk mengeluarkannya dari mulut mereka.

Gar memiliki indra penciuman yang tajam, penglihatan yang sangat baik, dan kemampuan untuk merasakan getaran sekecil apa pun di dalam air menggunakan sistem gurat sisinya.

Ikan Aligator adalah pemburu agresif yang dapat melahap 30% dari berat tubuhnya sendiri dalam satu waktu.

Baca Juga: 12 Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Depresi

10. Miliki Julukan Ikan Sampah

Di masa lalu, ikan Aligator mengembangkan reputasi buruk, tetapi sebagian besar tidak layak sebagai "ikan sampah" di antara pemancing yang percaya bahwa mereka merusak jaring dan melahap ikan buruan.

Ahli biologi telah menunjukkan bahwa spesies tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi ikan buruan. Faktanya, aligator gar sendiri telah menjadi ikan target yang populer bagi para pemancing, terutama para bowfisher, yang menjadi perhatian beberapa pelestari lingkungan.

Ikan tersebut dilindungi undang-undang di beberapa bagian wilayah jelajahnya. Ada juga upaya untuk memperkenalkan kembali buaya gar ke beberapa negara bagian AS di mana ia sebelumnya hilang.

Ikan aligator mungkin adalah ikan air tawar terbesar yang bisa Moms dan Dads temukan. Ikan ini dapat tumbuh hingga 10 kaki (3 m) dan berat 350 pon (159 kg) baik di alam liar maupun di penangkaran.

Ikan ini sangat langka dan karena mulutnya yang besar dan giginya yang tajam sangat disarankan untuk tidak mencoba memegangnya atau menangkapnya dengan tangan kosong, tetapi gunakan pancing yang panjang dengan gulungan yang besar.

Meskipun sebelumnya dikenal sebagai ikan sampah, kini dikenal sebagai ikan berharga.

  • https://a-z-animals.com/animals/alligator-gar/
  • https://animals.visualstories.com/interesting-facts-about-alligator-gar
  • http://www.aquascapinglab.com/en/2018/01/24/alligator-gar-atractosteus-spatula-facts-info/
  • https://lifeoffish.com/alligator-gar-size-12-interesting-facts-you-must-know/
  • https://www.nationalgeographic.com/animals/fish/facts/alligator-gar
  • https://www.britannica.com/animal/alligator-gar
  • https://seaworld.org/animals/facts/bony-fish/gars/#:~:text=Fast%20Facts&text=The%20alligator%20gar%20is%20one,Oviparous%20(egg%20layers).
  • https://kidadl.com/animal-facts/alligator-gar-facts
  • https://animals.net/alligator-gar/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait