Kesehatan Umum

7 Oktober 2021

Manfaat Ikan Lemadang, Kaya Nutrisi dan Baik Untuk Dikonsumsi

Yuk, penuhi kebutuhan protein hewani dengan makan ikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Ikan lemadang atau ikan mahi mahi adalah jenis ikan yang bisa Moms dan keluarga pilih untuk dikonsumsi. Tak hanya kaya akan protein hewani, ikan lemadang juga memiliki manfaat lainnya, lho.

Perlu Moms ketahui, ikan lemadang termasuk ikan yang paling populer di Florida, dengan 70 persen dari semua ikan mahi mahi di Amerika Serikat berasal dari pantai Florida.

Tubuh ikan yang satu ini berwarna biru cerah, hijau dan kuning dan memiliki bentuk tubuh yang panjang dengan wajah pendek yang khas.

Tubuhnya yang cukup besar membuat ikan mahi mahi juga disebut sebagai lumba-lumba atau blue water beauties dolphin (Coryphaena hippurus). Meski demikian, ikan ini tidak memiliki hubungan dengan mamalia sama sekali.

Lebih lanjut, ini dia informasi mengenai ikan lemadang atau mahi mahi yang perlu Moms ketahui beserta tips mengolahnya.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Dangkal yang Bisa Dikonsumsi

Nutrisi Ikan Lemadang

ikan lemadang.jpg

Foto: nghisonfoodsgroup

Lemadang adalah ikan laut dalam yang hidup di perairan tropis dan subtropis, seperti yang ada di sekitar Hawaii, Amerika Latin, Karibia, dan India.

Dagingnya berwarna merah muda, terkadang putih atau abu-abu muda, teksturnya agak keras, tetapi rasanya ringan dan menarik. Itulah sebabnya ikan ini menjadi salah satu jenis ikan paling populer yang disajikan di restoran.

Nama mahi mahi berasal dari bahasa Polinesia dan berarti "kuat", karena ukuran ikan ini yang besar dan kemampuan reproduksi yang kuat.

Mahi mahi sudah mampu bereproduksi pada usia 4-5 bulan atau antara 43-53 cm panjangnya.

Ikan ini diperkirakan bertelur setiap 2-3 hari sepanjang musim pemijahan mereka. Ikan lemadang betina akan melepaskan antara 33.000 dan 66.000 telur di setiap pemijahan.

Kemampuan reproduksi lemadang yang tinggi dan tingkat pertumbuhan yang cepat tersebut membuat spesies ini tetap hidup sehat dalam jumlah yang banyak di perairan. Maka, jenis ikan ini dapat dinikmati sepanjang tahun.

Kabar baik lainnya, yakni ikan lemadang termasuk dalam ikan rendah kalori dengan banyak manfaat kesehatan, dan mengandung banyak protein, vitamin serta mineral.

Setiap 1 porsi yang berukuran 3 ons (sekitar 85 gram) mahi mahi yang dimasak mengandung sekitar:

  • 92,6 kalori
  • 20,2 gram protein
  • 0,8 gram lemak
  • 39,8 mikrogram selenium
  • 6,3 miligram niasin
  • 0,4 miligram vitamin B6
  • 156 miligram fosfor
  • 453 miligram kalium
  • 0,6 mikrogram vitamin B12
  • 32,3 miligram magnesium
  • 0,7 miligram asam pantotenat
  • 1,2 miligram zat besi

Dengan seluruh kandungan nutrisinya tersebut, membuat ikan lemadang sangat baik dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Rendah Purin, Ini 4 Jenis Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Manfaat Ikan Lemadang

Sebelum mengonsumsinya, cari tahu dahulu manfaat ikan lemadang berikut ini yuk, Moms.

1. Sumber Asam Lemak Omega 3

manfaat ikan lemadang.jpg

Foto: freshtohome

Ikan lemadang merupakan produk hewani yang mengandung sumber asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan risiko terjadinya peradangan kronis.

Peradangan dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan, seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, gangguan autoimun, dan kondisi neurologis.

Mengkonsumsi beberapa porsi ikan omega 3, seperti ikan mahi mahi per minggu pun sangat dianjurkan untuk kesehatan secara keseluruhan karena dianggap bahwa asam lemak ini dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

Baca Juga: 6 Manfaat Ikan Sarden, Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

2. Tinggi Protein, Tetapi Rendah Kalori

Ikan mahi mahi juga kaya akan kandungan protein, seperti jenis ikan lainnya. Namun, ikan ini cenderung rendah kalori.

Kandungan protein dalam lemadang baik untuk mengendalikan nafsu makan dan berpotensi mempertahankan berat badan yang sehat. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal HHS Public Access pun menyebutkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, mengonsumsi protein juga baik untuk pertumbuhan otot, pemulihan tubuh dari olahraga, fungsi kognitif, dan banyak lagi. Jadi, jangan ragu untuk makan ikan lemadang ya, Moms!

3. Kaya Selenium dan Vitamin B

manfaat ikan lemadang - kaya vitamin B.jpg

Foto: leanandgreenrecipes.net

Ikan ini juga merupakan sumber vitamin B12, fosfor, kalium, niasin, vitamin B6 dan selenium yang baik untuk tubuh.

Selenium dalam ikan lemadang dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu mengontrol tingkat peradangan dalam tubuh. Hal ini pun diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung, kesuburan, hingga fungsi kognitif.

Selain itu, ikan mahi mahi mengandung banyak vitamin B, seperti B12, B3 dan B6, yang berkontribusi pada tingkat energi yang sehat, kadar kolesterol, kesehatan hati, kesehatan kulit, fungsi otak dan saraf.

Kandungan vitamin B pada ikan lemadang memiliki peran penting dalam membantu mengubah makanan menjadi energi, mendukung suasana hati yang optimis dan menjaga mental Moms tetap tajam.

Sementara vitamin B12 yang terdapat pada ikan ini bisa membantu menjaga kesehatan saraf dan sel darah, serta dapat membantu mencegah kelelahan dan kelemahan otot.

Manfaat lain yang ditemukan dalam mahi mahi, yakni potasium dan fosfor, kedua nutrisi tersebut dapat mendukung kesehatan tulang atau rangka dan menjaga tingkat tekanan darah dalam kadar yang sehat.

Baca Juga: 10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Si Kecil, Yuk Simak!

4. Kandungan Kaliumnya Menyehatkan Jantung

Apabila Moms ingin memiliki jantung yang sehat, sebaiknya mengonsumsi ikan ini secara rutin. Pasalnya, ikan mahi mahi mengandung kalium yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit.

Sebagian besar otoritas kesehatan, seperti U.S. Food and Drug Administration dan American Heart Association pun merekomendasikan untuk memasukkan setidaknya 2-3 porsi ikan dalam pola makan setiap minggunya (total sekitar 8 ons) untuk mendukung kesehatan jantung dan melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

5. Tinggi Zat Besi untuk Cegah Anemia

manfaat ikan lemadang - kaya zat besi cegah anemia.jpg

Foto: readyseteat

Ikan mahi mahi termasuk jenis ikan yang tinggi zat besi sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi anemia.

Zat besi akan membantu sel darah merah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga jaringan tubuh Moms memiliki pasokan oksigen segar yang stabil untuk mendukung fungsi sehari-hari.

Mahi mahi mengandung zat besi heme, suatu bentuk zat besi yang mudah diserap oleh tubuh.

Dalam 1 porsinya yang berukuran 3 ons, mahi mahi menyediakan 1,2 miligram zat besi yang merupakan 15 persen dari kebutuhan harian untuk pria dan sekitar 7 persen untuk wanita.

Baca Juga: Minyak Ikan untuk Anak, Manfaat, Dosis, Hingga Sumber Terbaiknya

Cara Mengolah Ikan Lemadang

cara mengolah ikan lemadang.jpg

Foto: wildfish

Moms bisa mengolah ikan lemadang ini menjadi aneka sajian yang lezat. Ikan ini memiliki rasa ringan dan sedikit manis yang menurut banyak orang mirip dengan ikan tuna atau ikan todak.

Teksturnya yang cukup padat pun membuat mahi mahi biasa diolah dengan cara dipanggang. Cukup bumbui dengan merica dan masak hingga daging ikan mudah terkelupas dari pemanggangan.

Olesi juga dengan minyak, mentega, margarin atau marinade beberapa kali selama proses memasak.

Selain itu, Moms juga bisa mengolahnya menjadi hidangan yang sehat, seperti menggabungkan ikan lemadang dengan mangga atau nanas cincang beserta jalapeno dan daun ketumbar untuk membuat salsa pedas dan manis, atau menyajikannya di atas kangkung yang dikukus dengan jus lemon dan minyak zaitun.

Pilihlah yang paling sesuai dengan selera Moms.

Sementara untuk penyimpanannya, usahakan untuk meletakkan ikan mahi mahi dalam freezer beku sehingga tetap segar dan awet. Sebelum memasaknya, jangan lupa untuk mendinginkan ikan mahi mahi terlebih dahulu.

Baca Juga: 4 Resep Olahan Ikan untuk Santapan Keluarga

Itu dia informasi mengenai kandungan nutrisi, manfaat, dan cara mengolah ikan lemadang. Apakah Moms tertarik mencobanya untuk hidangan keluarga?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4034047/
  • https://draxe.com/nutrition/is-mahi-mahi-healthy/
  • https://healthyeating.sfgate.com/mahi-mahi-healthy-5223.html
  • https://www.tridentseafoods.com/browse/food-service-products/mahi-mahi-fillet-portions-4-oz-skinless-boneless-blr-484784/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait