Home & Living

5 Juni 2021

Gemas Dan Lucu, Inilah 7 Pilihan Jenis Ikan Mas Koki Untuk Akuarium Di Rumah

Ikan hias air tawar yang paling mudah dirawat dan populer salah satunya adalah ikan mas koki, apa saja jenisnya?
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Karla Farhana

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling populer di kalangan pehobi akuatik. Ikan ini memiliki kombinasi warna yang cantik, sehingga bisa sekaligus membuat rumah menjadi tampak lebih ceria.

Ikan Mas Koki

ikan mas koki

Foto: superperikanan.com

Saat ini diperkirakan hobi memelihara ikan akuarium adalah hobi terbesar kedua di dunia setelah fotografi.

Memelihara ikan di rumah bisa menjadi salah satu alternatif untuk Moms dan Dads yang ingin mempunyai peliharaan di rumah, namun tidak membutuhkan perawatan ekstra seperti kucing dan anjing.

Memelihara ikan juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dalam sebuah studi, dikatakan bahwa memiliki akuarium di rumah dapat menjadi salah satu relaksasi yang dapat menenangkan pikiran dan suasana hati.

Banyak jenis ikan yang dipilih untuk dijadikan ikan hias. Sekitar 80% ikan hias berasal dari perairan tawar dan sisanya dari perairan payau dan laut.

Mengutip dari National Geographic, ikan mas sudah ada dan dipelihara sejak 2.000 tahun yang lalu oleh orang Tionghoa.

Baca Juga: Jenis Ikan Mas Koki yang Jarang Orang Tahu!

Awalnya ikan mas (carp) dipelihara untuk dikembangbiakkan sebagai bahan makanan. Yang awalnya ikan mas berwarna abu-abu atau kehijauan, akhirnya berubah menjadi berbagai macam warna dan bentuk, salah satunya adalah ikan mas koki.

Ikan mas koki dipandang sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran, yang saat itu hanya bisa dimiliki oleh bangsawan.

Mas koki memiliki dua pasang sirip berpasangan dan tiga pasang sirip tunggal. Mereka tidak memiliki sisik di kepala, tidak punya gigi, dan menghancurkan makanannya di tenggorokan.

Ikan ini dikenal memiliki mata yang besar dan indra penciuman serta pendengaran yang baik. Kemampuan mereka untuk mendengar berasal dari tulang kecil di dekat tengkoraknya yang menghubungkan kantung kemih dan telinga bagian dalam.

Ikan ini juga ternyata lebih pintar dari kelihatannya. Penelitian di Jepang bahkan menemukan bahwa mas koki mampu membedakan dua jenis musik klasik.

Baca Juga: Tips Memelihara Ikan Hias di Rumah, Si Kecil Harus Tahu!

Jenis Ikan Mas Koki

Ikan mas koki menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling populer untuk dipelihara di rumah. Bentuknya yang lucu, warnanya yang indah, serta perawatannya yang sederhana membuat ikan ini banyak dicari.

Nah, buat Moms dan Dads yang tertarik untuk mengisi akuarium di rumah dengan mas koki, berikut ini adalah beberapa jenis ikan mas koki yang populer di Indonesia:

1. Ikan Mas Koki Ryukin

Ryukin Goldfish

Foto: bestfish.com

Salah satu Jenis ikan mas koki yang populer di Indonesia adalah mas koki Ryukin. Ikan mas koki Ryukin adalah salah satu spesies ikan hias populer yang memiliki tampilan cukup unik.

Ciri khas ikan satu ini terletak pada punuk besar di belakang kepala. Ikan ini juga memiliki beberapa ciri khas lainnya, yaitu bentuk kepalanya sangat mungil, ekor yang cukup besar dan hidungnya lancip. Bentuk ini membuat wajahnya terlihat ekspresif yang banyak disukai orang-orang.

Ikan mas koki Ryukin ini juga sangat mudah dirawat. Rata-rata ukuran jenis Ryukin biasanya sekitar 15-20 cm, dan rata-rata umur ikan ini mencapai antara 10-15 tahun. Dengan perawatan yang baik dapat lebih memanjangkan umurnya.

2. Ikan Mas Koki Black Moor

Black Moor goldfish

Foto: tankfacts.com

Ikan mas umumnya terkenal dengan warna merah atau oranye yang cantik.

Berbeda dengan jenis ikan mas koki satu ini, yang justru memiliki warna hitam namun tetap menawan, yaitu ikan mas black moor.

Ikan mas black moor adalah salah satu dari beberapa varietas Carassius auratus auratus yang memiliki sisik berwarna metalik. Jenis ikan mas koki satu ini dapat tumbuh besar hingga 15 cm dan berusia 6-25 tahun lamanya.

Baca Juga: Terapkan 4 Tips Ini Saat Si Kecil Memiliki Binatang Peliharaan

3. Ikan Mas Koki Lionhead

Goldfish Lionhead

Foto: puregoldfish.com

Ikan mas koki satu ini mungkin adalah jenis yang paling populer untuk dipelihara, namun tidak banyak yang tahu nama ikan yang lucu dan unik ini.

Ikan mas koki lionhead merupakan jenis ikan mas koki yang paling sering dilihat di dalam akuarium. Selain karena tampilannya yang unik, ikan jenis ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

Jenis ikan mas koki satu ini berasal dari Asia, tetapi menjadi populer di kalangan pecinta ikan hias di seluruh dunia.

Selain bentuknya, yang membuat ikan mas koki lionhead unik adalah gerakannya yang tenang dan anggun, sehingga membuatnya tampak indah.

Namun dalam segi perawatan, lionhead harus mendapatkan perawatan khusus untuk memenuhi kebutuhannya. Ikan ini umumnya akan mencapai panjang sekitar 13 cm. Rata-rata masa hidup lionhead adalah 10-15 tahun.

4. Ikan Mas Koki Bubble Eye

BubbleEye Goldfish

Foto: coburgaquarium.com.au

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah ikan mas koki bubble eye. Ikan mas ini dikenal dengan kantung air besar yang menonjol dari bawah mata.

Oleh karena itu, Moms dan Dads harus sangat berhati-hati jika ingin memelihara jenis ini, karena kantong mata ikan bubble eye sangat rentan pecah.

Selain matanya, bubble eye memiliki tubuh yang bulat sehingga membuatnya tampak lebih unik dan menarik. Ikan ini dapat bertahan hingga usia 20 tahun.

5. Ikan Mas Koki Fantail

Fantail Goldfish

Foto: azgardens.com

Fantail adalah jenis ikan mas koki yang mewah dan paling populer yang bisa Moms dan Dads temukan.

Fantail adalah ikan hias air tawar yang populer dan cantik yang cocok untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman memelihara ikan.

Ikan ini telah ada sejak lama dan memiliki basis penggemar setia di komunitas pecinta ikan hias.

Dari namanya saja, sudah menunjukkan bentuk ekornya yang menjadi daya tarik utama, tetapi warnanya sangat mirip dengan tampilan ikan mas koki yang "klasik".

Salah satu alasan ikan ini begitu populer adalah karena daya tahannya yang kuat. Ikan ini dapat bertahan di segala kondisi. Rata-rata ukuran fantail adalah antara 15-20 cm dan dapat berumur 5-10 tahun.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman Untuk Anak Alergi atau Asma

6. Ikan Mas Koki Shubunkin

Shubunkin Goldfish

Foto: petkeen.com

Shubunkin adalah jenis ikan mas koki yang juga banyak disukai orang-orang karena memiliki pola yang unik.

Ikan mas koki shubunkin memiliki pola belacu yang sangat menarik dengan bintik-bintik gelap tersebar di sekujur tubuh mereka. Bintik-bintik ini juga meluas ke siripnya, memberikan tampilan yang memesona.

Hal yang menarik dari jenis ikan ini adalah bahwa bintik-bintik gelap ini sebenarnya tidak berada di luar sisiknya. Mereka memiliki banyak sisik yang jelas dan berkilau yang memungkinkan untuk melihat bintik-bintik gelap di bawahnya.

Seperti spesies ikan mas lainnya, ikan mas koki shubunkin akan tumbuh sesuai dengan besar lingkungannya.

Dalam akuarium standar, ukuran rata-rata Shubunkin dapat mencapai 12-16 cm saat dewasa. Dengan perawatan yang tepat, umur Shubunkin biasanya 10-15 tahun.

7. Ikan Mas Koki Oranda

Oranda Goldfish

Foto: bestfish.com

Jenis ikan mas satu ini sekilas tampak seperti ikan mas koki lionhead, namun jika diperhatikan, ikan mas koki Oranda memiliki ekor yang lebih panjang.

Ikan mas koki Oranda adalah ikan air tawar yang mampu menghadirkan keindahan unik ke akuarium manapun. Daya tarik ini menjadikan mereka ikan mas yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias.

Ukuran mas koki Oranda adalah sekitar 20-23 cm panjangnya. Dengan perawatan dan kondisi hidup yang tepat, mas koki Oranda memiliki potensi umur hingga 15 tahun.

Baca Juga: 10 Ikan Hias Air Tawar yang Menarik Bagi Si Kecil, Cantik!/

Setiap jenis ikan mas koki memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Mana yang paling menarik menurut Moms dan Dads?

  • https://www.nationalgeographic.com/animals/article/history-of-goldfish
  • http://aquafind.com/articles/goldfish.php
  • https://www.aquariumsource.com/ryukin-goldfish/
  • https://www.liveaquaria.com/product/856/?pcatid=856
  • https://www.aquariumsource.com/fantail-goldfish/
  • https://www.aquariumsource.com/oranda-goldfish/
  • https://animal-world.com/encyclo/fresh/goldfish/LionheadGoldfish.php
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6663029/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0376635713001228
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait