3-12 bulan

28 Juni 2021

8 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI dan Cara Mengolahnya

Jangan sembarangan memberikan ikan untuk MPASI bayi! Berikut 8 jenis ikan yang cocok untuk MPASI!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Ikan adalah menu makan yang mengandung gizi tinggi untuk tubuh manusia terlebih ketika dikonsumsi anak-anak. Lalu, apa ikan yang bagus untuk MPASI Si Kecil?

Pada usia 6 bulan Si Kecil mulai makan MPASI. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), banyaknya energi tambahan yang diperlukan dari MPASI adalah 200 kilo kalori per harinya.

Total energi tersebut bisa didapatkan dari 2 kali makan MPASI sehari dengan porsi 2-3 sendok sekali makan.

Banyak sekali pilihan menu MPASI yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil. Salah satunya menu berbahan dasar ikan. Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Baby-Led Weaning: What A Systematic Review of The Literature Adds On menuliskan bahwa MPASI sendiri pertama kali dikenalkan 15 tahun dan semenjak itu langsung menjadi populer.

Baca Juga: 11+ Pilihan Menu MPASI Pertama untuk Si Kecil, Lezat dan Bernutrisi!

Ikan merupakan salah satu makanan sehat untuk Si Kecil ketika ia sudah mulai mengonsumsi MPASI. Namun, jika ia mengalami eksim kronis atau alergi makanan tertentu, jangan lupa untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan ikan untuk bayi.

Mengingat ikan merupakan salah satu makanan alergen, maka dokter biasanya akan lebih merekomendasikan untuk memulai MPASI dengan makanan padat seperti sereal bayi, daging, buah, atau bubur sayuran, sebelum memperkenalkan ikan pada bayi.

Divisi Alergi dan Imunologi di American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa kebanyakan bayi, termasuk mereka yang memiliki eksim ringan atau memiliki riwayat keluarga dengan asma dan alergi makanan tertentu, dapat mulai makan MPASI ikan setelah dikenalkan beberapa makanan alergen tanpa menunjukkan reaksi alergi.

Baca Juga: Kapan Ya, Bayi Boleh Makan Ikan?

Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI

yvaqtc8gqyki0gcwypav

Faktanya, kebanyakan ikan memang mengandung sejumlah methylmercuri, yakni suatu bentuk merkuri yang berpotensi menjadi racun bagi otak jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Ikan berukuran sangat besar yang hidup lama cenderung memiliki kontaminasi methylmercuri tertinggi.

Namun, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) merekomendasikan beberapa varietas ikan yang memiliki jumlah merkuri kecil dan aman untuk dikonsumsi oleh bayi maupun wanita hamil. Adapun beberapa ikan tersebut di antaranya sebagai berikut ini:

1. Ikan Salmon

Salah satu ikan yang bagus untuk MPASI yang adalah salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kadar gizi tinggi. Mengandung asam lemak Omega 3, ikan salmon bermanfaat membantu meningkatkan pertahanan tubuh bayi.

Baca Juga: 11+ Perlengkapan MPASI yang Wajib Moms Miliki

2. Ikan Nila

Ikan yang bagus untuk MPASI selanjutnya adalah ikan Nila. Beberapa kandungan gizi yang didapatkan saat bayi makan ikan nila sebagai MPASI di antaranya adalah protein, fosfor dan asam lemak Omega 3. Meskipun memang kandungan Omega 3 ikan nila ini tidak setinggi yang ada pada ikan laut.

3. Ikan Lele

Sama halnya seperti ikan nila maupun salmon, ikan lele memiliki kandungan Omega 3 yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ikan lele mengandung kadar protein tinggi serta fosfor yang baik bagi pertumbuhan sekaligus perkembangan otak bayi.

4. Ikan Gurame

Gurame bisa menjadi salah satu ikan yang bagus untuk MPASI Si Kecil. Ikan gurame sendiri memiliki tekstur yang kenyal dan tak memiliki banyak duri.

Dengan sedikitnya duri yang dimiliki oleh jenias ikan ini membuat gurame menjadi salah sati ikan yang mudah untuk diolah.

Kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan gurame sendiri lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan lele. Dalam 1 ekornya, ikan gurame memiliki kanudngan protein sekitar 19% lho, Moms!

Baca Juga: Kulit Bayi Kuning atau Oranye Saat Makan MPASI? Mungkin Itu Pertanda Carotenemia

5. Ikan Teri

Tahukah Moms kalau teri adalah salah satu ikan yang bagus untuk MPASI? Meski memiliki bentuk yang kecil, teri sendiri terkenal tinggi akan kalsium, fosfor, dan juga magnesium, lho!

Tiga nutrisi yang disebutkan di atas sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang serta menunjang pertumbuhan Si Kecil.

Dengan mengonsumsi teri sebagai menu MPASI, Si Kecil pun bisa mendapatkan asupan vitakin C dan D. Vitamin tersebut adalah jenis yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Tak sampai sana Moms! Alasan teri bisa menjadi ikan yang bagus untuk MPASI adalah kandungan lemak baiknya. Teri memiliki kanudngan asam lemak omega 3 yang bisa meningkatkan fungsi otak dan menjaga pertumbuhan bayi.

Baca Juga: 5+ Menu MPASI untuk Bayi Diare, Mudah dan Lezat!

6. Ikan Kod

Bukan hanya mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang baik bagi pertumbuhan sel-sel otak bayi, ikan kod juga kaya akan vitamin A dan D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi bayi.

7. Ikan Gabus

Moms pernah membaca resep MPASI ikan gabus untuk bayi? Ternyata ikan yang satu ini mengandung protein album tertinggi dibandingkan sumber protein albumin yang ada pada ikan-ikan lainnya.

Selain itu, ikan gabus juga mengandung protein dengan kadar yang lebih tinggi dari telur, daging ayam, dan daging sapi.

Baca Juga: 5 Cara Asyik Mengajarkan Anak Makanan Sehat, Yuk Disimak!

8. Ikan Tongkol

Ikan yang bagus untuk MPASI ini juga memiliki harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Bahkan Moms bisa membelinya di berbagai pasar tradisional.

Meski harganya terjangkau dan bisa dengan mudah didapatkan, namun ikan yang bagus untuk MPASI ini kaya akan gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan Si Kecil.

Dalam ikan tongkol sendiri terdapat zat besi, kalsium, protein, vitamin A dan juga vitamin C. Tak sampai sana, seperti salmon, ikan tongkol pun mengandung asam lemak omega 3. Wah, lengkap banget, Moms!

9. Ikan Kembung

Salah satu ikan yang bagus untuk MPASI selanjutnya adalah ikan kembung. Ikan lokal yang satu ini ternyata memiliki asam lemak omega-3 dan DHA yang tinggi nih, Moms!

Ikan ini bahkan mengandung Omega-3 yang lebih banyak jika dibandingkan dengan ikan salmon. Tak hanya itu, Moms juga bisa membeli ikan kembung dengan harga yang lebih terhangkau jika dibandingkan dengan salmon.

Alasan jenis ini bisa menjadi ikan yang bagus untuk MPASI adalah karena ikan kembung kaya akan kandungan fosfor, zat besi, kalsimu, vitamin A, B1, D, E serta vitamin C. Nutrisi lengkap dengan harga yang lebih terjangkau nih, Moms!

Baca juga: Resep Mudah Salmon Poke Bowl ala Putri Habibie

Bagaimana Meracik MPASI Berbahan Ikan untuk Bayi?

Mitos MPASI Pertama - hindari ikan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menyajikan ikan untuk bayi bukan hanya perlu mengetahui jenis ikan yang aman dan baik dikonsumsi. Moms juga penting mengetahui bagaimana tips meracik resep MPASI ikan untuk Si Kecil.

Di mana untuk memasak MPASI ikan, Moms harus terlebih dahulu membuang duri dan kulit ikan untuk mencegah Si kecil tersedak. Setelah itu, Moms bisa memanggang atau mengukus ikan tersebut.

Untuk penyajiannya, Moms bisa menghidangkannya dalam potongan-potongan kecil yang ditaburkan atau dicampurkan ke dalam bubur tim.

Nah, itu dia berbagai jenis ikan yang bagus untuk MPASI dan cara mengolahnya! Sudah siap memperkenalkan ikan-ikan di atas sebagai MPASI untuk Si Kecil? Jangan lupa untuk memperhatikan gejala alergi yang mungkin akan muncul ya, Moms. Selamat berkreasi menghidangkan MPASI sehat untuk Si Kecil!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29724233/
  • http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait