Kesehatan

9 Juli 2021

9 Jenis Makanan yang Berfungsi sebagai Imun Booster, Ternyata Sehat dan Enak!

Ada yogurt dan juga cokelat
placeholder

Foto: Freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, Moms dituntut untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga. Untuk itu, konsumsilah makanan-makanan berikut sebagai imun booster atau penambah kekebalan tubuh.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Harvard Health Publishing, cara terbaik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Salah satu kuncinya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi, seperti buah dan sayur.

Sistem imun pada tubuh terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein. Seluruh bagian tersebut akan melakukan proses tubuh yang melawan patogen, yaitu virus, bakteri, dan benda asing yang menyebabkan infeksi atau penyakit.

Ketika sistem imun atau kekebalan bersentuhan dengan patogen, mereka akan memicu respons imun. Hingga pada akhirnya, sistem kekebalan melepaskan antibodi, yang menempel dalam antigen pada patogen dan membunuhnya.

Baca Juga: 13 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Meredakan Gejala COVID-19!

Makanan untuk Imun Booster

Menambahkan beberapa makanan tertentu dapat menjadi imun booster terbaik sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Lalu, makanan apa saja kah yang dapat dikonsumsi sebagai imun booster? Simak selengkapnya.

1. Jeruk

jeruk.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pertama yang bisa Moms dan keluarga konsumsi sebagai imun booster berasal dari buah-buahan berupa jeruk. Buah berwarna kuning atau oranye ini memang sudah lama dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal ini karena jeruk kaya dengan kandungan vitamin C. Vitamin C dalam jeruk diperkirakan dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan beragam jenis buah jeruk yang ada, Moms bisa mendapatkan imun booster dari buah jeruk, jeruk bali, jeruk lemon, atau jeruk nipis.

Moms membutuhkan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Maka, penuhilah jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan, yakni sebanyak 75 mg untuk wanita dan 90 mg bagi pria.

Buah jeruk bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian ini. Bisa juga mengonsumsi vitamin C dalam suplemen, tetapi hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) dalam sehari.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Sistem Imun Melawan Bakteri dan Virus di Dalam Tubuh Kita

2. Pepaya

pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Pepaya juga dapat menjadi pilihan imun booster yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pepaya adalah buah lain yang sarat dengan vitamin C.

Bahkan, Moms dapat menemukan dua kali lipat jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu buah pepaya yang berukuran sedang.

Menurut International Journal of Herbal Medicine, buah pepaya merupakan sumber yang kaya nutrisi seperti provitamin A, karotenoid, vitamin C, vitamin B, likopen, mineral makanan dan serat makanan.

Danielone adalah phytoalexin yang ditemukan di buah pepaya. Senyawa ini menunjukkan aktivitas antijamur yang tinggi terhadap Colletotrichum gloesporioides, jamur patogen dari pepaya.

Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Dengan demikian, buah pepaya matang dapat berperan sebagai pencahar yang menjamin buang air besar secara teratur.

Pepaya memiliki jumlah potasium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh Moms dan keluarga secara keseluruhan.

3. Blueberry

blueberry

Foto: Orami Photo Stock

Buah lain yang dapat dimanfaatkan sebagai imun booster, yaitu blueberry. Blueberry memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena blueberry mengandung sejenis flavonoid yang disebut anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Dalam Journal of Advances in Nutrition yang diterbitkan pada tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan makanan kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi saluran pernapasan atas, atau flu biasa, dibandingkan mereka yang tidak.

4. Kiwi

Kiwi

Foto: Orami Photo Stock

Masih dalam kategori buah-buahan, Moms juga bisa mengonsumsi buah kiwi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan satu ton nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C sebagai antioksidan dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Kiwi juga mengandung antioksidan lain, seperti beta karoten, klorofil a dan b dan beberapa senyawa flavonoid.

Mengutip jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan, buah kiwi mengandung banyak fitonutrien serta vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Berbagai penelitian juga telah dilakukan terhadap antioksidan pada buah kiwi karena kemampuannya melindungi DNA di dalam inti sel manusia dari kerusakan akibat radikal bebas, untuk menghambat penuaan dini dan beberapa jenis penyakit degeneratif, untuk mencegah kanker dan kardiovaskular; penyumbatan pembuluh darah, stroke dan tekanan darah tinggi; gagal ginjal; diabetes; katarak dan glukoma.

5. Bayam

bayam

Foto: Orami Photo Stock

Beralih ke jenis sayuran hijau, Moms dan keluarga dapat menambahkan bayam ke dalam menu harian agar sistem imun tetap terjaga. Bayam kaya akan vitamin C dan juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh.

Namun, perlu Moms ketahui bahwa bayam paling sehat jika dimasak dengan waktu yang sesingkat mungkin agar nutrisinya tetap terjaga.

Baca Juga: Mengenal Limfosit dan Fungsinya Bagi Sistem Kekebalan Tubuh

6. Brokoli

brokoli.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sayuran lain yang juga dapat meningkatkan sistem imun adalah brokoli. Brokoli kaya akan vitamin dan mineral.

Selain itu, brokoli kaya dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya. Pada intinya, brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa Moms sajikan untuk keluarga di rumah.

Sama halnya dengan bayam, masaklah dalam waktu yang tak terlalu lama untuk menjaga nutrisinya tetap utuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam makanan.

7. Yogurt

Plain yoghurt.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Moms bisa memilih yogurt apa pun, tetapi disarankan mengonsumsi yogurt dengan kandungan bakteri baik yang aktif, seperti pada greek yogurt.

Yogurt yang Moms konsumsi bersama dengan buah-buahan atau oatmeal dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu melawan penyakit.

Selain memerhatikan bahan aktifnya, pilih juga yogurt tawar atau plain daripada jenis yang diberi rasa dan sarat dengan gula. Moms tetap bisa mempermanis yogurt dengan buah-buahan sehat dan sedikit madu.

Yogurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang bagus, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin ini. Vitamin D akan membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

Baca Juga: Pentingkah Minum Multivitamin untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

8. Kacang Almond

Kacang Almond

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang menyukai kacang-kacangan, bisa mendapatkan imun booster dari kacang almond. Hal ini karena almond dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan nutrisi yang paling baik terdapat pada bagian kulit almond. Almond dapat merangsang peningkatan produksi sel darah putih, respons utama tubuh untuk melawan infeksi virus yang menyebabkan penyakit seperti flu dan pilek.

Jenis kacang ini juga diperkaya dengan vitamin dan mineral di dalamnya yang membantu mengatur respons imunologis. Dua jenis mineral yang paling penting adalah mangan dan tembaga, keduanya merupakan sumber yang sangat baik dari kacang almond.

9. Cokelat Hitam

cokelat hitam

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin sudah tak asing dengan manfaat cokelat hitam karena jika dikonsumsi dapat memperbaiki suasana hati. Ternyata, cokelat hitam juga ternyata bisa meningkatkan sistem imun, lho.

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.

Meski baik untuk kekebalan tubuh, perlu diketahui bahwa cokelat hitam memiliki kalori dan lemak jenuh yang cukup tinggi, jadi penting bagi Moms untuk memakannya dalam jumlah sedang.

Baca Juga: 9+ Manfaat Kacang Polong, Mampu Jaga Imunitas Tubuh!

Nah, itu dia beragam sumber imun booster yang bisa Moms pilih. Jangan lupa imbangi dengan olahraga rutin dan tidur yang cukup sehingga tubuh tetap sehat.

  • https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system
  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412#other-ways-to-boost-the-immune-system
  • https://www.florajournal.com/vol2issue5/jan2015/2-4-12.1.pdf
  • https://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/view/1253
  • https://www.globalcitizen.org/en/content/3-foods-to-boost-the-immune-system/?template=next
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4h863266/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait