Rupa-rupa

3 Mei 2021

Serba Serbi Info Mudik Lebaran 2021, Simak Moms!

Pemerintah terus menginformasikan info mudik terbaru sebagai antisipasi lonjakan angka positif COVID-19
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Lebaran semakin dekat, apakah Moms sudah mengetahui info mudik terbaru?

Mudik menjadi salah satu kegiatan wajib masyarakat Indonesia menjelang hari lebaran. Sebab, pada momen lebaran inilah kita biasanya berkumpul bersama keluarga, saling memaafkan, dan merayakan hari kemenangan bersama.

Namun, mudik di Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 ini berbeda dengan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pada tahun 2021 ini Indonesia masih berjuang melawan virus mematikan COVID-19 yang mengintai masyarakat luas.

Oleh sebab itu, pemerintah terus menggodok dan menginformasikan berbagai info mudik terbaru sebagai antisipasi lonjakan angka penderita COVID-19.

Sebelum mempertimbangkan untuk mudik tahun ini, ada baiknya Moms menyimak info mudik berikut ini agar tidak salah dan update dengan informasi terbaru.

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Mengajak Balita Traveling

Jalur Mudik Lokal yang Boleh Dilalui

info mudik

Foto: pexels.com

Pemerintah resmi memberlakukan aturan larangan mudik mulai 6-17 Mei 2021 dan pengetatan mudik lebaran mulai 26 April-24 Mei 2021.

Meski begitu, info mudik lokal untuk sejumlah wilayah di Indonesia masih diperbolehkan selama periode larangan mudik.

Pengecualian tersebut diperuntukkan bagi kendaraan di perkotaan atau kabupaten yang saling terhubung dalam kesatuan wilayah atau aglomerasi.

Artinya, pada wilayah-wilayah pengecualian ini masyarakat masih bisa bepergian atau mudik lokal. Moms bisa memanfaatkan transportasi kereta api atau kendaraan jalur darat lainnya seperti bus, motor, dan mobil untuk mudik lokal.

Nah, berikut ini info mudik lokal yang wajib Moms ketahui.

1. Wilayah yang Diperbolehkan Mudik Lokal Jalur Darat

Melansir dari Kompas.com, Kemenhub Budi Setiyadi telah menetapkan sejumlah wilayah yang diperbolehkan melakukan mudik lokal menggunakan jalur darat yakni:

  • Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo
  • Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) Bandung Raya
  • Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi
  • Yogyakarta Raya Solo Raya Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, dan Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila)
  • Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros

Pengecualian wilayah aglomerasi itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

2. Wilayah Mudik Lokal dengan Kereta Api

Info mudik selanjutnya, selain melalui jalur darat, masyarakat yang berada di pengecualian wilayah aglomerasi juga digunakan untuk bepergian atau mudik dengan kereta lokal.

Cakupan wilayah yang diperbolehkan mudik lokal dengan kereta api ialah:

  • Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (termasuk Cikarang), dan Rangkas
  • Padalarang, Bandung, dan Cicalengka
  • Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo
  • Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Mojokerto, dan Gresik

Baca Juga: Ibu Hamil Traveling Naik Bus, Amankah?

Persiapan Mudik 2021

info mudik.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti yang dijelaskan pada info mudik sebelumnya, bagi Moms yang tinggal di wilayah yang diperbolehkan melakukan mudik lokal dan ingin mudik ke tempat-tempat yang masih dalam wilayah mudik lokal, tentu harus mempersiapkan diri.

Selain mengecek perisapan kendaraan, Moms dan keluarga juga harus menjaga kesehatan tubuh agar selamat sampai ke tempat tujuan dan yang paling penting tidak tertular COVID-19 selama mudik lebaran 2021.

Nah, untuk itu, Moms harus mempersiapkan diri, berikut ini persiapan dan info mudik 2021.

1. Beli Tiket Transportasi Maksimal H-7 Lebaran

Meskipun larangan dan pengetatan mudik diberlakukan, namun untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat mudik lokal menggunakan transportasi umum, ada baiknya jika Moms membeli tiket kereta, bus, atau travel maksimal H-7 lebaran supaya tidak kehabisan.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Nah, apabila Moms sekeluarga memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk mengecek semua fungsi dan performa kendaraan sebelum digunakan agar perjalanan aman dan selamat sampai tujuan.

3. Lakukan 3M

Mudik di tengah pandemi tentu berbeda dengan mudik biasanya.

Selain harus memastikan bahwa Moms dan keluarga dalam keadaan sehat dan tidak positif COVID-19, Moms juga harus melakukan 3M yaki memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Tak lupa untuk selalu membawa hand sanitizer atau sabun cuci tangan dan menggunakannya setelah memegang benda atau sesuatu. Jika sudah sampai tujuan, biasakan untuk langsung mencuci pakaian dan mandi agar kuman, bakteri dan virus tidak bersarang dalam tubuh.

Baca Juga: Aturan Mudik 2021 Berlaku Mulai 6-17 Mei, Catat Moms!

4. Kunci Rumah dengan Rapat

Hal terpenting lainnya yang tak boleh dilupakan saat akan mudik lebaran ialah mengunci rumah rapat-rapat dan pastikan telah mematikan aliran listrik sebelum bepergian untuk menghindari korsleting atau kebakaran.

Jika perlu, lakukan pengamanan dengan mengunci rumah dengan gembok atau menitipkannya kepada orang terpercaya agar lebih aman dan tidak menjadi sasaran maling.

5. Segera Memeriksakan Diri Apabila Timbul Gejala COVID-19

Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis dan melakukan tes PCR/antigen/geNose apabila Moms atau anggota keluarga lainnya merasakan gejala COVID-19 seperti batuk, demam, sesak napas, indra perasa dan penciuman hilang, serta suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius.

Aturan Pengetatan dan Larangan Mudik 2021

info mudik

Foto: Orami Photo Stocks

Pada info mudik sebelumnya, pemerintah resmi melarang mudik lebaran pada tanggal 6-17 Mei 2021.

Aturan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Tak hanya itu, pemerintah juga memberlakukan pengetatan mudik lebaran melalui Addendum atas SE Nomor 13 Tahun 2021 yang berlaku selama 2 minggu yakni 22 April-5 Mei 2021 dan 18-24 Mei 2021. Berikut ini info larangan mudik yang Moms ketahui.

Baca Juga: Kiat Agar Balita Tidak Terlalu Capek dan Sakit Saat Mudik

1. Sasaran

Larangan pada info mudik ini akan diberlakukan per tanggal 6-17 Mei 2021.

Aturan ini diberlakukan kepada semua masyarakat yang melakukan perjalanan antar kota/kabupaten, provinsi, maupun negara, baik yang menggunakan moda transportasi darat, kereta api, laut, maupun udara.

2. Pengecualian

Meski begitu, pemerintah memberlakukan pengecualian bagi masyarakat atau kendaran dalam situasi tertentu, meliputi;

  1. Kendaraan distributor logistik
  2. Kelompok yang bepergian bukan untuk mudik atau melakukan perjalanan non mudik seperti:
  • Bekerja/perjalanan dinas
  • Mengunjungi keluarga yang sakit
  • Kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal
  • Ibu hamil dan didampingi 1 orang
  • Kepentingan bersalin atau melahirkan dan didampingi maksimal 2 orang.

3. Surat Izin Perjalanan/SIKM

Selain itu, info mudik untuk masyarakat yang bepergian atau melakukan perjalanan di rentang waktu larangan mudik tersebut harus memiliki print out Surat Izin Perjalanan/SIKM dengan ketentuan:

  • Pegawai instansi pemerintah/ASN/ pegawai BUMN dan BUMD, juga anggota TNI/Polri

Print out surat izin tertulis dari pejabat setingkat Eselon II yang dilengkapi tanda tangan basah/elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

  • Pegawai swasta

Print out surat izin tertulis dari pimpinan perusahaan yang dilengkapi tanda tangan basah/elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

  • Pekerja informal

Print out surat izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

  • Masyarakat umum non pekerja

Print out surat izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

Baca Juga: 5 Makanan Praktis Jika Terpaksa Buka Puasa di Jalan Saat Mudik

4. Ketentuan Surat Izin Perjalanan/SIKM

Ada sejumlah aturan yang harus ditaati saat membuat atau memiliki Surat Izin Perjalanan/SIKM yakni:

  • Berlaku untuk individu
  • Hanya berlaku dalam satu kali perjalanan dinas pulang-pergi lintas kota/kabupaten, provinsi, atau negara.
  • Harus berusia di atas 17 tahun.

5. Skrining

Nantinya, pelaku perjalanan akan diperiksa kelengkapan dokumen berupa print out surat Surat Izin Perjalanan/SIKM dan hasil tes COVID-19 di pintu kedatangan atau pos kontrol yang terdapat pada rest area, perbatasan kota besar, titik pengecekan, dan titik penyekatan daerah aglomerasi (mudik lokal).

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Jika Mudik Pakai Mobil

Sanksi Pelanggar Larangan Mudik

info mudik-sanksi

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 terkait larangan mudik, bagi masyarakat yang melanggar aturan larangan mudik ini akan diberikan saksi berupa denda, sanksi sosial, kurungan dan atau pidana sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Itulah serba-serbi terkait info mudik 2021. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari COVID-19 ya, Moms.

  • https://money.kompas.com/read/2021/04/10/104939026/daftar-wilayah-yang-boleh-mudik-lokal-naik-kereta-dan-jalur-darat?page=all
  • https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/24/120500665/aturan-lengkap-larangan-dan-pengetatan-mudik-lebaran-2021-?page=all
  • https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/09/201500465/mudik-dilarang-total-6-17-mei-2021-apa-sanksinya-jika-nekat-melanggar
  • https://www.ayocirebon.com/read/2021/04/23/10514/isi-lengkap-addendum-surat-edaran-peniadaan-mudik-idulfitri-2021
  • https://nationalgeographic.grid.id/read/131739329/persiapan-mudik-lebaran-perhatikan-empat-hal-ini-agar-pengepakan-barang-lebih-efektif?page=all
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait