Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Anak | Apr 30, 2018

Ingin Anak Cerdas dan Mandiri? Ini Tipsnya Menurut Psikolog!

Bagikan


Sebagai orang tua, tentunya Moms ingin anak menjadi orang yang sukses di masa depan bukan? Menurut psikolog keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. atau yang akrab disapa Nina, anak yang sukses adalah yang bahagia, berprestasi, dan memiliki kepribadian yang baik.

Agar anak bisa sukses, dibutuhkan perkembangan fisik, kognitif, emosi, dan sosial yang baik. Jadi anak harus sehat, cerdas, mandiri, dan bisa lancar berinteraksi sosial dengan orang lain.

Pada pembahasan kali ini, Orami akan mengulas aspek kognitif dan emosi anak, yakni kecerdasan dan kemandirian. Menurut Nina, begini cara agar anak cerdas dan mandiri!

Cara Agar Anak Jadi Cerdas dan Mandiri

Anak yang cerdas adalah anak yang kreatif, cepat menangkap dan mengerti hal-hal baru, juga memiliki banyak ide. Sedangkan, mandiri di sini bukan berarti anak tidak boleh minta tolong dari orang lain.

Mandiri adalah bagaimana anak bisa mengandalkan dirinya untuk melakukan hal-hal tertentu. Namun jika ia sudah mencoba tapi tidak berhasil, tentunya ia bisa minta bantuan dari orang tua atau orang lain. Terdapat beberapa cara untuk menjadikan anak cerdas dan mandiri, yaitu:

1. Munculkan rasa ingin tahu

Anak yang cerdas dan kreatif memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dengan rasa ingin tahu ini, ia akan mengeksplor segala hal tanpa ragu, sehingga bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang tak tergantikan.

Jadi Moms jangan terlalu mengekang dan melarang-larang Si Kecil saat ia ingin mengeksplor, ya. Cukup awasi supaya tidak terjadi sesuatu yang membahayakan padanya.

Dengan menjelajah lingkungan, tanpa sadar ia pun akan terbiasa jadi mandiri dan menikmati aktivitasnya sendiri, tanpa perlu selalu ditemani oleh Moms.

Moms harus ingat bahwa kecerdasan anak tidak melulu soal akademis atau nilai di sekolah. Jika diberi kesempatan mengenal hal baru, wawasan anak akan bertambah dan ia akan jadi lebih mandiri!

Baca juga: Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi Ini!

2. Ajak berkreasi

Untuk mengasah kreativitas anak, Moms bisa mengajaknya untuk berkreasi. Moms juga dapat sesuaikan dengan hobi atau kesukaan anak. Misalnya mengajaknya masak atau mendekorasi kamarnya. Hal ini tetap harus dilakukan dalam pengawasan orang tua ya!

Supaya tidak bosan, Moms pun bisa mencoba berbagai hal yang belum pernah dilakukan anak. Contohnya, berkebun, melukis, bahkan bernyanyi sambil bermain musik.

3. Jawab pertanyaan Si Kecil

Jangan kesal kalau Si Kecil bawel dan banyak bertanya, karena ini adalah salah satu tanda bahwa ia punya rasa ingin tahu. Jawab setiap pertanyaan anak dengan baik untuk memuaskan rasa penasarannya.

Agar ia tidak bingung, jawab pertanyaannya dan ajak ia mengobrol dengan kalimat yang singkat, mudah dimengerti, namun lengkap. Jika Moms kesulitan, bisa berikan penjelasan pada anak dengan bantuan gambar atau buku cerita.

“Kalau anak terus mengajukan pertanyaan yang itu-itu saja, berikan pertanyaan balik padanya. Sehingga akan tercipta diskusi terbuka antara orang tua dan anak,” jelas Nina.

4. Beri kesempatan melayani diri sendiri

Cara efektif membuat anak jadi mandiri adalah dengan tidak melakukan semua hal untuknya. Berikan Si Kecil kesempatan untuk melayani dan melakukan hal sendiri. Contohnya, mengambil piring saat akan makan, juga membereskan mainannya sendiri.

Dengan begitu, ia akan terbiasa tidak bergantung pada orang lain. Hal ini akan sangat membantunya ketika dewasa nanti, Si Kecil jadi lebih independen dan tidak selalu harus meminta bantuan pada hal-hal yang sebenarnya bisa ia lakukan sendiri.

Nah, itu dia beberapa tips untuk membuat anak jadi cerdas dan mandiri. Apakah Moms sudah menerapkannya pada Si Kecil?

(INT)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.