Kesehatan

24 Desember 2020

7+ Makanan Tinggi Kalori, Cocok untuk Menambah Berat Badan!

Buah alpukat mengandung lemak yang sehat dan efektif menaikkan berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Tidak hanya untuk sebagian orang yang berusaha untuk menurunkan berat badan, beberapa dari Moms mungkin ada yang merasa kesulitan menaikkan berat badan.

Tentu saja, akan lebih baik untuk menaikkan berat badan dengan cara yang sehat, dan tidak asal mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh.

Penting untuk memilih makanan tinggi kalori dan protein serta rendah lemak, seperti daging tanpa lemak atau produk susu rendah lemak karena beberapa makanan berprotein tinggi juga bisa tinggi lemak jenuhnya.

Ini akan membantu meminimalkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskular, menurut British Nutrition Foundation.

Ada beberapa makanan tinggi kalori yang tak hanya mengandung lemak sehat, tetapi juga memberikan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk organ tubuh lainnya.

Untuk menambah berat badan, harus makan makanan tinggi kalori daripada jumlah yang dibakar tubuh.

Baca Juga: Mengetahui Jumlah Kalori Nasi Putih, Apakah Benar Bisa Menambah Berat Badan?

Menurut Cleveland Clinic, jika ingin menambah berat badan, disarankan mengonsumsi makanan tinggi kalori sekitar 300-500 kalori lebih banyak per hari. Memang, ini akan naik secara perlahan bukan secara instan.

Lebih baik tubuh menambah berat badan secara perlahan daripada menambah berat badan dengan cepat.

Berikut ini adalah makanan tinggi kalori yang bisa Moms coba untuk menambah berat badan secara ideal.

Daftar Makanan Tinggi Kalori dan Protein

Mengonsumsi makanan tinggi kalori, akan menambah energi pada tubuh dan menambah berat badan seseorang.

Tentunya makanan tinggi kalori dapat didapatkan dari makanan seperti olahan susu, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Berikut ini daftar makanan tinggi kalori dan protein, yuk coba!

1. Selai Kacang

selai kacang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selai kacang adalah bahan pelengkap yang lezat dan bisa menambah rasa untuk oatmeal, atau sebagai pelapis roti.

Selai kacang mengandung 20 jenis asam amino, dan kandungan lemak yang dapat memenuhi kebutuhan untuk tubuh, serta meningkatkan massa otot.

Kacang dan selai kacang adalah pilihan sempurna jika Moms ingin makan makanan tinggi kalori dan protein.

Untuk membuatnya dengan praktis, cobalah smoothie pisang selai kacang ini, dengan mengandung 270 kalori serta menggunakan susu murni.

Namun, pastikan Moms memilih 100% selai kacang tanpa tambahan gula atau minyak ekstra.

Moms juga bisa menambahkan selai kacang ke berbagai camilan atau hidangan, seperti smoothie, yogurt, dan kerupuk, untuk mengubahnya menjadi camilan berkalori tinggi dalam waktu singkat.

2. Keju

5 alasan keju baik untuk dikonsumsi 1

Foto: Orami Photo Stock

Keju adalah makanan tinggi kalori dengan produk susu jumlah kalori 402 kalori/100 gram, atau 68 kalori per sendok makan. Keju punya ragam variasi olahan yang bisa dipilih.

Keju cheddar, keju krim, feta, mozzarella, ricotta, parmesan, dan keju cottage, mengandung protein dan kalsium yang memperkuat tulang dan membentuk otot.

Baca Juga: 3 Resep Smoothie Berenergi untuk Sarapan, Enak dan Bergizi

3. Daging Merah

Konsumsi Daging dan Unggas

Foto: Orami Photo Stock

Daging merah adalah sumber protein hewani terbaik karena mengandung leusin (asam amino) dan kreatin yang merangsang sintesis protein, untuk membentuk otot tanpa lemak.

Daging merah juga kaya vitamin B12, yang dibutuhkan untuk sintesis protein, hormon, DNA, dan sel darah, serta fungsi neurologis.

Moms bisa mengonsumsi ragam jenis daging merah, seperti daging sapi, bebek, kalkun, dendeng. Namun, jaga asupan daging agar tidak berlebihan ya.

Dalam sebuah penelitian dari National Center for Biotechnology Information, sebanyak 100 wanita lansia menambahkan 170 gram daging merah ke dalam makanan serta melakukan latihan ketahanan 6 hari seminggu selama 6 minggu.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan protein ini, terjadi peningkatan massa lemak sebanyak 18%.

4. Pisang

pisang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah pisang adalah makanan tinggi kalori dan protein untuk menambah berat badan yang tentunya menyehatkan lho, Moms!

Pisang mengandung serat, kalium, protein, vitamin A, C, dan folat, dan lemak sehat.

Konsumsi 1-2 pisang per hari akan membuat tingkat energi dan stamina meningkat, meningkatkan stamina, dan membuat tulang lebih kuat.

Dengan 200 kalori/100 gramnya, Moms bisa makan pisang dengan secangkir susu, atau sekadar dijadikan smoothie dicampur yogurt yang lezat.

Baca Juga: 5 Resep MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Alpukat

5. Alpukat

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 03 alpukat freepik com.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Alpukat menjadi buah 'wajib' yang dikonsumsi sebagai makanan tinggi kalori dan protein agar berat badan naik dengan sehat. Alpukat mengandung 160 Kalori/100 gram, atau 156 Kalori per ½ buah.

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin K, E, A, C, dan B6, magnesium, kalium, dan natrium.

Mengkonsumsi satu alpukat per hari dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh, menaikkan tingkat energi, dan membuat kulit lebih bercahaya.

6. Paha Ayam

ayam kecap.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Paha ayam merupakan jenis daging yang bisa menaikkan berat badan. Mulai konsumsi paha ayam ketimbang dada ayam, karena paha ayam sarat dengan protein, vitamin, dan mineral.

Ini adalah makanan tinggi kalori dan protein yang bisa Moms pilih dari protein hewani, yaitu ayam.

Tetap jaga asupan daging ayam agar tidak berlebihan, karena paha ayam mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi.

Baca Juga: 5 Resep Ayam Pop yang Mudah Dibuat, Enak Banget!

7. Cokelat Hitam

dark-chocolate-and-cocoa-beans-on-a-table.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai camilan sehat untuk menaikkan berat badan, coba makan cokelat hitam yang mengandung 546 Kalori/100 gram, atau 884 kalori per barnya.

Cokelat hitam adalah sumber antioksidan dan antidepresan yang baik. Moms bisa menambahkan cokelat hitam ke dalam smoothie, roti lapis, segelas susu, atau biskuit gandum.

Cokelat sebagai sumber makanan tinggi kalori dan protein sehingga dapat menghasilkan energi yang baik untuk tubuh.

8. Ikan yang Berlemak

Salmon

Foto: Orami Photo Stock

Makanan tinggi kalori dan protein lainnya yaitu makan ikan berlemak atau berminyak seperti salmon, mackerel, tuna, dan cod kaya akan asam lemak omega-3 dan protein tanpa lemak.

Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda, yang melindungi tubuh dari penyakit jantung, obesitas, diabetes, peradangan, neurodegenerasi, dan mencegah hilangnya otot karena usia.

Sebuah studi menemukan bahwa makan ikan berlemak dengan sayuran dapat membantu meningkatkan massa otot, yang tentu saja membantu berat badan naik.

Baca Juga: Baik untuk Diet, Berapa Kalori Kentang Rebus?

Makan 1-2 potong ikan berlemak per hari, dengan sayuran dan kacang hijau. Ikan berlemak mengandung 206 Kalori/100 gram, atau setara 367 Kalori per ½ fillet.

Nah, itu dia Moms daftar makanan tinggi kalori yang bisa Moms coba untuk menambah berat badan secara baik. Jangan lupa kombinasikan dengan menjalani pola hidup yang sehat ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait