Newborn

16 November 2017

Ingin Mengajak Si Kecil Ke Taman Bermain? Cek Dulu 5 Safety Tips Berikut Ini!

Pastikan balita bermain dengan aman dan nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Bagi balita, pergi ke taman bermain pasti jadi salah satu momen yang paling dinanti. Bagaimana tidak, mereka bisa berlari dan bermain dengan berbagai permainan yang menyenangkan.

Tapi apa Mom tahu, balita bisa saja terluka bila keamanan permainan tidak diperhatikan? Supaya keamanannya terjamin dan tidak terjadi hal yang tak diinginkan, perhatikan safety tips berikut sebelum mengajak balita ke taman bermain:

1. Lihat Dulu Kondisi Taman Bermain

ingin mengajak si kecil ke taman bermain cek dulu 5 tips berikut ini 1
Foto: febrishotelspabali.com

Sebelum mengajak balita ke taman bermain, sebaiknya lihat dulu apakah kondisi permainan balita masih dalam keadaan kokoh dan aman untuk dipakai. Perhatikan juga fitur keamanan serta keadaan lingkungan di sekitarnya, agar semakin yakin kalau balita bermain aman.

Jangan lupa, faktor kebersihan juga harus ikut jadi pertimbangan, agar balita tak sampai terkena virus atau bakteri yang bisa menganggu kesehatannya.

2. Gunakan Sepatu Setiap Saat

ingin mengajak si kecil ke taman bermain cek dulu 5 tips berikut ini 2
Foto: famlii.com

Saat sedang berada di tempat publik seperti taman bermain, ada baiknya balita menggunakan sepatunya setiap saat. Meski ada balita yang senang bertelanjang kaki, tapi taman bermain bukan tempat yang tepat untuk melakukan hal tersebut.

Di sana banyak sekali resiko yang mengintai si kecil, seperti duri tanaman atau pecahan tajam lainnya. Tak hanya itu, permukaan lantai yang panas di siang hari juga bisa melukai kaki si kecil lho, Mom. Banyak kasus terjadi dimana kulit kaki terkelupas setelah bermain di seluncuran yang panas. Maka dari itu, pastikan balita memakai sepatunya saat ia berada di taman bermain ya, Mom!

3. Jangan Menerima Makanan Dari Orang Lain

ingin mengajak si kecil ke taman bermain cek dulu 5 tips berikut ini 3
Foto: pinterest.com

Wah, tips yang satu ini seharusnya sudah otomatis dilakukan dan tidak perlu lagi diingatkan ya, Mom. Beritahu balita untuk tidak menerima makanan apapun dari orang lain, tanpa sepengetahuan dan seizin Mom. Jika ia ditawari makanan oleh seseorang, minta padanya untuk bilang pada Mom terlebih dahulu sebelum menyantap makanan tersebut.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti resiko keracunan makanan atau tertular penyakit karena menerima makanan sembarangan.

4. Minta Si Kecil Untuk Menjaga Jarak Aman

ingin mengajak si kecil ke taman bermain cek dulu 5 tips berikut ini 4
Foto: thatslife.com.au

Namanya taman bermain publik, sudah pasti akan ada banyak anak yang bermain dalam waktu bersamaan. Jika tak berhati-hati, si kecil bisa saja terluka karena ia bermain tanpa memperhatikan jarak aman.

Sebelum pergi ke taman bermain, ajari balita cara menjaga jarak aman dengan orang lain dan sarana permainan yang ada. Contohnya: Jangan berdiri di belakang ayunan atau berebutan ketika menaiki tangga perosotan.

5. Awasi Terus Setiap Saat

ingin mengajak si kecil ke taman bermain cek dulu 5 tips berikut ini 5
Foto: skim.com

Supaya balita bermain aman, Mom bisa mengawasi si kecil dari jauh agar ia tetap punya cukup ruang untuk berinteraksi dengan anak lain. Ingat ya Mom, saat sedang berada di tempat umum bersama balita, sebaiknya simpan dulu gadget atau smartphone untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan seperti penculikan atau kecelakaan saat bermain.

Setelah membaca safety tips di atas, Mom bisa membiarkan balita bermain bebas sambil tetap mengawasi setiap geraknya.

Nah, apa Mom punya cerita seru ketika sedang pergi ke taman bermain bersama balita kesayangan?

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait