Newborn

24 April 2019

Ingin Menjadi Ayah yang Suportif untuk Istri? Cari Tahu Tipsnya Di Sini Yuk!

Menjadi ayah yang suportif itu sangat penting. Nah, ini dia tipsnya untuk para ayah yang ingin memberikan supportnya untuk ibu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Dads harus tahu, bahwa menyusui itu pekerjaan yang melelahkan untuk seorang Ibu. Jauh lebih melelahkan daripada harus bekerja di kantor seharian.

Di kantor misalnya, Dads masih bisa bertemu dengan orang dewasa, sehingga tidak harus terus – menerus menghadapi anak kecil, yang mana pasti sangat melelahkan.

Sedangkan seorang Ibu, waktunya setiap hari dihabiskan untuk menemani Si Kecil, sehingga yang bisa diajak berbicara pun hanya Si Kecil yang masih belum mengerti apa-apa.

Hal ini biasanya akan membuat Moms secara tidak sadar mengalami sedikit stres dan jenuh. Oleh sabab itu, dukungan dari Dads juga dibutuhkan dalam merawat dan mengurus Si Kecil.

Baca Juga: 10 Tips Membesarkan Anak Laki-Laki yang Peduli dengan Orang Tua

Dukungan paling mudah yang bisa dilakukan Dads misalnya dengan memberi waktu bagi Moms untuk menyenangkan diri dan bertemu sahabatnya, tujuannya agar rasa jenuhnya bisa hilang.

Jika Dads bingung bagaimana cara untuk men-support istri, berikut ini beberapa cara yang bisa Dads lakukan.

1. Me Time

tips1

Foto: healthyessentials.com

Memberikan istri me time setelah waktu dan tenaganya terkuras untuk menjaga Si Kecil setiap hari. Misalnya waktu untuk salon atau perawatan diri seminggu sekali.

Agar lebih jelas, waktu me time ini juga bisa Moms dan Dads bicarakan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

2. Buat Istri Senang

tips2

Foto: lovepanky.com

Menyenangkan istri, misalnya dengan membelikannya makanan sehabis pulang kantor atau memberikannya beberapa produk perawatan tubuh yang ia senangi. Dads juga bisa pulang kantor lebih cepat untuk membantu istri menjaga Si Kecil.

Hal-hal sederhana seperti inilah yang akan membuat istri tersenyum terus, karena merasa walaupun sudah lelah seharian mengurus anak, ia memiliki pendukung yang baik yang dapat mengurangi rasa lelahnya dan menghargai apa yang ia kerjakan.

Baca Juga: Ingin Rumah Tangga Harmonis? Jangan Lupa Apresiasi Istri!

3. Cari Tahu tentang ASI

Belajar tentang ASI dan menyusui, walaupun tidak mungkin menggantikan peran istri untuk menyusui, setidaknya Ayah sebagai suami tahu, proses menyusui dan apa yang terjadi saat menyusui. Singkatnya, Dads perlu mempelajari informasi dasarnya.

4. Pembagian Peran yang Jelas

tips3

Foto: amotherfarfromhome.com

Berbagi peran sangatlah penting, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini berguna agar suami bisa lebih terlibat dalam kegiatan mengurus anak. Misalnya seperti memandikan anak, mengajak bermain, mengganti baju, ritual setelah mandi, sampai menganti popok.

Selain itu, tujuan utamanya adalah agar suami juga mengetahui hal-hal apa saja yang biasa istri lakukan dalam merawat Si Kecil. 

Baca Juga: Peran Ayah Dalam Menyukseskan Program ASI

Itu dia beberapa hal yang bisa Dads coba lakukan untuk membantu istri dalam merawat Si Kecil. Selamat mencoba ya Dads!

(TPW/IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait