Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Ini 11 Manfaat Berolahraga Untuk Ibu Hamil

Bagikan


Manfaat olahraga, diperlukan bagi semua orang, termasuk wanita hamil. Sebenarnya apa saja ya manfaat yang bisa didapat ketika berolahraga saat hamil? Tidakkah membahayakan si janin?

Ternyata, banyak manfaat lho Moms yang bisa didapatkan selama kehamilan dengan melakukan olahraga, yakni:

manfaat olahraga untuk ibu hamil, ibu hamil olahraga, ibu hamil yoga

1. Menguatkan jantung, penting di sepanjang masa kehamilan dan saat menjelang persalinan.

2. Melancarkan peredaran darah, agar kaki dan wajah tidak bengkak, kram, atau varises.

3. Menguatkan otot, agar kuat, tidak linu, dan lentur saat persalinan, dan cepat pulih, setelah bersalin.

4. Membantu penyerapan kalsium, yang berguna bagi tulang, gigi, dan persiapan menyusui.

ibu hamil olahraga, ibu hamil angkat beban, manfaat ibu hamil olahraga

5. Membangun daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit, saat kehamilan.

6. Membantu relaksasi, untuk menangani emosi yang tidak stabil, selama kehamilan.

Baca Juga : Mungkinkah Melakukan Olahraga Saat Sedang Mengandung?

7. Mencegah konstipasi, karena dengan berolahraga, otot-otot, termasuk otot di usus, akan lebih aktif mendorong feces.

8. Membangkitkan mood, karena saat berolahraga, tubuh melepaskan hormone endorphin, yang membuat hati merasa senang.

ibu hamil olahraga, manfaat olahraga bagi ibu hamil

9. Tidur lebih nyenyak, bebas insomnia, hingga kehamilan mencapai trisemester ketiga.

10. Menguatkan daya ingat, sebab olahraga meningkatkan jumlah neurogenesis, yakni sel saraf yang berhubungan dengan memori jangka pendek.

11. Cepat menurunkan berat badan setelah bersalin, karena dengan rutin berolahraga selama masa kehamilan, tingkat penambahan lemak di tubuh, dapat diturunkan.

Namun, tidak semua olahraga dapat dilakukan. Hanya jenis olahraga dengan intensitas rendah, yang dianjurkan selama kehamilan, seperti jalan kaki/jogging ringan, berenang, dan senam ringan.

Hindari olahraga yang berisiko, dengan benturan tinggi, dan selalu sediakan air minum, agar tidak dehidrasi. Hentikan olahraga, apabila mual, nyeri, pusing, ataupun terjadi pendarahan.

Narasumber : dr. Stephen V. Mandang, SpOG, Siloam Hospitals

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.