Bayi

27 Februari 2020

Ini 4 Alasan Kenapa Moms Harus Memijat Bayi Setiap Hari

Dapat membantu pencernaan dan memahami bayi lebih baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, ternyata memijat bayi setiap hari itu memiliki segudang manfaat lho Moms. Ada beberapa alasan kenapa Moms harus memijat bayi setiap hari.

Mulai sekarang sebaiknya Moms dan Dads jangan pernah meremehkan manfaat dari memijat bayi setiap hari ya. Hal ini dikarenakan, di dalam pijatan terdapat kekuatan sentuhan cinta Moms kala berbicara tentang komunikasi, perkembangan, dan pembelajaran Si Kecil.

Sebelum bayi belajar berbicara, mereka cenderung berinteraksi dengan menyentuh segala sesuatu di sekitar mereka. Oleh karena itu, memijat adalah salah satu cara komunikasi yang paling efektif dengan bayi sampai tiba waktunya ia dapat belajar berbicara.

Baca Juga: 4 Manfaat Pijat Untuk Bayi yang Perlu Moms Ketahui

Nah, sebenarnya bagaimana pijatan yang baik dan nyaman untuk bayi? Memijat bayi termasuk membelai tubuhnya dengan lembut dengan minyak atau pelembap. Penting untuk diketahui bahwa Moms atau Dads dapat melakukan sampai Si Kecil merasa puas dan nyaman.

Sentuhan Moms dan Dads yang menenangkan tidak hanya akan menenangkan bayi, namun akan membuatnya terus merasa nyaman. Selain menenangkan, ada beberapa alasan kenapa Moms harus memijat bayi setiap hari lho.

Alasan Mengapa Memijat Bayi Setiap Hari Bermanfaat

Melansir dari Times of India, berikut alasan kenapa Moms harus memijat bayi setiap hari:

1. Membantu Pencernaan

Saat Moms memijat bayi, rupanya hal itu dapat membantu meredakan sembelit dan angin yang terperangkap dalam tubuhnya.

Hal ini tentu saja dapat membantu pencernaan dan membantu meringankan sakit perut karena gas yang ada di dalam tubuh bayi.

Baca Juga: 5 Manfaat Pijat Bayi, Bisa Memperkuat Bonding!

2. Meningkatkan Berat Badan

Saat Moms memijat bagian perut bayi dengan benar, selain membantu pencernaannya, hal itu juga membantu menambah berat badan bayi lho Moms.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memijat bayi dapat memudahkan penambahan berat badan. Pada studi Nigerian Medical Journal, dijelaskan bahwa studi ini menunjukkan bahwa kenaikan berat badan neonatal pada bayi dengan pijatan minyak esensial rata-rata adalah 21 g setiap harinya, sedangkan peningkatan pijatan bayi tanpa minyak adalah 7 g. Perbedaan ini cukup signifikan secara statistik..

3. Membantu Bayi Bersantai

Jika Si Kecil terlihat rewel dan mudah tersinggung akhir-akhir ini, disarankan untuk memberinya pijatan yang menenangkan untuk menenangkannya.

Ini terjadi karena memijat membantu pelepasan hormon 'rasa-baik' pada bayi yang dapat membantu ia merasa lebih santai.

Baca Juga: Si Kecil Sering Masuk Angin, Coba 5 Teknik Pijat Bayi Ini

4. Memahami Bayi Lebih Baik

Ketika Moms menghabiskan waktu sendirian bersama Si Kecil, Moms akan lebih memahami cara berkomunikasi Si Kecil dengan lebih baik.

Moms belajar untuk menanganinya dengan lebih baik dan mengenali apa yang dibutuhkan Si Kecil. Terlepas dari alasan kenapa harus memijat bayi setiap hari, kapan sebenarnya waktu memijat terbaik untuk bayi.

Pastikan Moms tidak memijat bayi setelah menyusui, setidaknya beri selang 45 menit ya. Pilih waktu di antara waktu pemberian, ketika ia merasa nyaman dan tidak terlalu kenyang.

Usahakan untuk mempertahankan rutinitas teratur sehingga Si Kecil terbiasa melakukan pijatan pada interval waktu yang teratur. Penting untuk menemukan lingkungan yang bersih dan berventilasi di mana tidak ada yang akan mengganggu Moms dan Si Kecil.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait