Kesehatan

19 Maret 2020

Ini 4 Manfaat Mengonsumsi Madu Saat Sahur

Gula darah bisa stabil berkat madu lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Carla Octama

Memasuki bulan Ramadan, sahur menjadi aktivitas penting untuk memenuhi kebutuhan energi, air, dan nutrisi untuk seharian berpuasa. Jika ketiganya tidak tercukupi, biasanya puasa akan terganggu.

Banyak yang bisa dilakukan saat sahur untuk memberi tubuh nutrisi seimbang, salah satunya adalah mengonsumsi madu, selain sayur dan buah-buahan.

Cukup minum 1 – 2 sendok madu setiap sahur untuk menambah energi seharian berpuasa.

Apa benar mengonsumsi madu bermanfaat untuk kita menjalani puasa selama bulan Ramadan? Simak yuk Moms manfaat mengonsumsi madu saat sahur di bawah ini:

1. Memberikan Energi

Menurut the United States Department of Agriculture (USDA) satu sendok madu mengandung 64 kalori, 0.06 gr protein, 17.25 gr gula, 17.3 gr karbohidrat, 1 mg kalsium, dan 0.09 mg iron.

Di dalam madu mengandung banyak gula alami seperti sukrosa, glukosa, maltosa, dan fruktosa. Jenis gula alami ini sangat efektif untuk memberikan tambahan energi bagi tubuh Moms saat beraktivitas selama berpuasa.

Bagi Si Kecil yang berpuasa, Moms juga bisa memberikannya telur atau keju, roti, kurma, dan 1 sendok madu dan segelas susu. Makanan-makanan ini sudah melengkapi kandungan nutrisi seperti vitamin B, kalsium, protein, dan karbohidrat yang dapat mengaktifkan pencernaan serta memberikan Si Kecil energi.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan & Imunitas

honey-for-asthma-treatment.jpg

Foto: medicalnewstoday

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam the Indian Journal of Medical Research, antioksidan di yang terkandung di dalam madu dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, antioksidan dan antibakteri di dalam madu juga dapat memperbaiki masalah pencernaan dan imunitas tubuh menjadi lebih baik lho Moms.

Menurut Anshul Jaibharat, nutrisionis di Delhi menyarankan untuk mencoba mengonsumsi 1 – 2 sendok madu dengan perasan setengah buah lemon dan campuran air hangat untuk melancarkan pencernaan.

3. Menstabilkan Gula Darah

Seringkali Moms lapar mata saat Moms berpuasa dan ingin menyantap makanan apapun yang diinginkan saat berbuka puasa. Bahkan tidak jarang lupa kalau makanan yang disantap adalah makanan berlemak dan berminyak.

Jika Moms terus menerus membiarkan kondisi ini terjadi, memungkinkan trigliserida pada tubuh menjadi bertumpuk dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu, mengonsumsi madu saat sahur dapat menurunkan kadar trigliserida dan menjadikan tubuh lebih sehat.

Baca Juga: 10 Khasiat Luar Biasa Madu untuk Kesehatan Tubuh

4. Melindungi Lambung & Kerongkongan

Honey-Ginger-Lemon-Water-19-735x1103.jpg

Foto: emilykylenutrition

Bagi Moms yang memiliki riwayat penyakit maag, berpuasa perlu menjadi perhatian khusus. Asam lambung saat berpuasa biasanya akan meningkat cukup banyak, apalagi sampai mengalami GERD.

Masih dalam penelitian yang diterbitkan dalam the Indian Journal of Medical Research, madu dapat mengurangi peradangan pada kerongkongan dan menyediakan lapisan untuk selaput lendirnya.

Madu menjadi solusi untuk melindungi lambung dan kerongkongan selama berpuasa. Cukup konsumsi 1 – 2 sendok makan madu saat santap sahur dan rasakan nyamannya perut yang bebas maag dan asam lambung.

Hebat kan Moms manfaat madu yang dikonsumsi saat sahur? Nah, mulai besok pagi yuk ajak keluarga untuk selalu mengonsumsi madu saat sahur.

Selain makanan dan nutrisi, Moms juga harus memerhatikan berbagai keperluan lain selama bulan puasa. Tenang saja Moms, karena Orami memiliki promo sahur yang menarik, lho. Moms pun jadi bisa belanja kebutuhan puasa dengan harga miring di waktu sahur sambil menunggu imsak. Yuk cek promo-promonya!

(IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait