Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Feb 13, 2018

Ini 4 Metode Terapi Berbicara Terbaik Untuk Balita

Bagikan


Kemampuan berbicara memang sering dianggap sebagai salah satu tonggak tumbuh kembang balita. Jadi tak heran kalau banyak orang tua yang berpikir untuk menyertakan buah hati mereka ke terapi bicara saat proses belajar bicara di rumah tak kunjung menunjukkan kemajuan meski usia Si Kecil sudah cukup.

Jika Moms belum tahu, terapi bicara adalah bantuan profesional yang diberikan oleh seorang ahli, untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan berbicara balita. Meski terapi bicara umumnya dilakukan oleh para profesional, Moms bisa kok ‘mencuri’ ilmu dan mencoba sendiri metode terapi bicara di rumah. Seperti apa, ya?

1. Metode Suara Sederhana

mengajarkan anak bicara, metode mengajarkan anak berbicara

businessinsider.com

Metode suara sederhana adalah metode terapi bicara yang lebih menekankan pada intonasi suara ketimbang kalimat yang diucapkan. Metode ini mengajak orang tua untuk menggunakan kata yang pendek dan mudah diikuti, serta diucapkan dengan menggunakan suara yang sederhana dan bersahabat.

Balita pada umumnya belum mengerti apa yang Moms bicarakan, sehingga seringkali bingung saat harus memberikan jawaban. Mereka sebenarnya hanya perlu penjelasan sederhana yang disampaikan dengan nada suara yang mudah dimengerti, agar dapat memberikan jawaban dan berbicara dengan Moms.

Saat balita salah mengucapkan kata, Moms bisa memberikan contoh yang benar dengan lembut dan senyuman, agar buah hati tetap merasa percaya diri dan tak kapok untuk terus berbicara.

2. Metode Bernyanyi Dengan Irama

Wah, selain menyenangkan, bernyanyi dengan irama juga memang sudah terbukti dapat membuat Si Kecil lebih mudah berbicara lho, Moms. Saat balita bernyanyi dengan irama dan alunan musik, mereka jadi belajar cara mengatur nafas, artikulasi kata, hingga penggunaan nada suara.

Jadi biarkan saja bila balita masih sering bernyanyi dengan lirik yang tidak jelas, karena yang terpenting adalah melatih balita untuk mengeluarkan suara dengan mulutnya.

Baca Juga : Penyebab Anak Terlambat Bicara dan Cara Mencegahnya

3. Metode Bercerita Kegiatan Harian

mengajarkan anak berbicara, metode mengajarkan anak bicara

hearstapps.com

Metode terapi bicara ini terdengar merepotkan ya, Moms? Tetapi rutin menceritakan aktivitas harian yang sudah atau sedang dilakukan ternyata dapat membuat balita lebih mudah berbicara lho, Moms. Apalagi kalau Mama juga ikut melontarkan pertanyaan, pasti Si Kecil akan ikut memperhatikan ucapan Moms sambil berbicara sendiri.

Balita memang makhluk peniru, karena itulah, semakin sering Moms bercerita tentang kegiatan yang sedang dilakukan maka balita juga semakin terdorong untuk berbicara dengan lancar.

4. Metode Selalu Bertanya

Beraktivitas bersama balita memang selalu terasa seru ya, Moms? Yuk, manfaatkan momen ini untuk banyak bertanya pada Si Kecil, sebagai salah satu metode terapi bicara. Mulai saja dengan hal sederhana seperti baju apa yang ingin dia kenakan, pendapatnya mengenai rasa buah yang sedang ia makan, serta berbagai pertanyaan sederhana lain.

Moms pasti terkejut, hanya dengan sering memberikan pertanyaan sederhana, buah hati jadi akan terlihat lebih percaya diri untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya.

Pasti jadi semakin tak sabar merasakan manfaat terapi bicara dan mendengar buah hati lancar berbicara kan, Moms? Kalau begitu, jangan tunda lagi untuk memulai terapi bicara di rumah. Kira-kira metode mana yang akan Moms coba lebih dulu?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.