Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Aug 10, 2018

Ini 5 Bentuk Organ Intim Perempuan, Moms yang Mana?

Bagikan


Selama ini, hampir setiap wanita kerap berpikir bahwa organ reproduksinya sama dengan wanita lain. Namun tahukah Moms, kalau ternyata, vagina kita memiliki bentuk, ukuran dan warna yang berbeda-beda, lho.

Beberapa orang memiliki vagina dengan ukuran kecil dan berbentuk oval. Sementara sebagian lain memiliki vagina berbentuk tabung dan lebih besar. Untuk lebih mengenal bentuk vagina kita, yuk simak ulasan berikut!

Baca Juga: 7 Bentuk Payudara Wanita dan Cara Memilih Bra yang Tepat

1. Bentuk tirai

foto: Kylah Benes-Trapp

Mari kita mengenal bentuk tirai, bentuk vagina ini adalah vagina dengan bibir bagian dalam yang menggantung di bibir vagina bagian luar. Sebagian bibir vagina dalam tidak tertutup oleh bibir vagina luar, sehingga terbentuk beberapa lapisan. Tak ada yang perlu Moms khawatirkan jika memiliki vagina berbentuk seperti ini, karena ternyata banyak sekali wanita yang memiliki vagina seperti ini.

2. Bentuk Barbie

foto: Kylah Benes-Trapp

Tipe kedua adalah vagina bentuk Barbie. Moms mungkin heran, mengapa disebut seperti ini? Hal ini dikarenakan bentuk vagina ini mirip seperti bentuk vagina yang ada di boneka Barbie.

Pada bentuk vagina ini, bibir bagian dalam vagina berada sepenuhnya di dalam bibir luar vagina, sehingga hanya terlihat ada satu lipatan horizontal dan vertikal yang membentuk huruf ‘V’. Kebanyakan wanita menggangap bahwa semua wanita memiliki bentuk vagina seperti ini, namun faktanya hanya sedikit saja yang memiliki bentuk seperti ini.

Baca Juga: Amankah Menggunakan Pantyliner dan Pembersih Kewanitaan Setiap Hari?

3. Bentuk tulip

foto: Kylah Benes-Trapp

Selanjutnya adalah vagina dengan bentuk tulip, dinamakan tulip karena memang mirip dengan bunga yang sedang mekar. Bibir bagian dalam vagina terekspos sepanjang bibir bagian luar vagina atau, Bibir bagian dalam vagina terlihat sedikit mencuat dari bagian bawah bibir bagian luar vagina yang menutupinya.

4. Bentuk puffs

foto: Kylah Benes-Trapp

Untuk bentuk vagina yang satu ini hampir sama dengan bentuk vagina Barbie, hanya saja bibir vagina bagian luar pada bentuk vagina puffs ini keluar sedikit dari tulang kemaluan kita.

5. Bentuk sepatu

foto: Kylah Benes-Trapp

Terakhir adalah bentuk vagina tipe sepatu, bentuk vagina ini memperlihatkan bibir bagian dalam vagina namun bagian bawahnya tertutup oleh bibir bagian luar vagina atau bibir bagian dalam vagina sedikit membuka di bagian atas tapi menutup ke bawah, sehingga menyerupai sepatu.

Baca Juga: Penting Diketahui, Ini 7 Penyakit Mematikan Bagi Wanita

Apakah Bentuk Vagina Moms Normal?

Melihat ada berbagai bentuk vagina mungkin membuat Moms bertanya-tanya apakah bentuk vagina Moms normal atau tidak, bukan? Tak usah khawatir Moms, tak ada bentuk vagina yang ideal atau yang paling normal. Karena faktanya, bibir vagina dapat berbeda-beda ukuran. Di mana banyak wanita yang memiliki bibir bagian dalam vagina yang lebih panjang dari bibir bagian luar vagina

Bahkan, vagina kita juga sangat mungkin memiliki bentuk yang tidak sama antara bagian kiri dan kanannya. Bentuk bibir vagina yang simetris secara alami sangat jarang ditemukan. Sehingga Moms tidak perlu khawatir jika bibir vagina yang satu lebih panjang satu sama lain.

Baca Juga: 4 Fakta Pembalut yang Jarang Diketahui Perempuan

Periksa Vagina Moms

Pemeriksaan vagina Moms dapat dilakukan oleh diri sendiri, pemeriksaan ini adalah cara untuk melihat vagina dan vulvanya. Pemeriksaan ini dapat membantu Moms lebih memahami tubuh dan setiap masalah yang mungkin memerlukan perhatian khusus.

Periksalah vagina Moms saat ditengah-tengah dua siklus menstruasi dengan cara:

- Senter atau pencahayaan yang baik di dalam ruangan

- Sebuah cermin

- Spekulum (atau bisa gunakan tangan)

- Jangan gunakan semprotan pembersih vagina sebelum melakukan pemeriksaan

- Duduk di kursi dan tekuk lutut hingga kedua telapak kaki berada di samping bokong. Bersender dan lebarkan kedua lutut Moms sehingga daerah genitalia dapat terlihat.

- Topang cermin di depan area genital, dan sesuaikan arah sinar senter sehingga Moms dapat melihat ke dalam.

Semua anggota tubuh manusia tuh berbeda, termasuk vagina. Jadi tak perlu merasa tidak percaya diri dengan bentuk vagina kita ya!

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.