Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | May 16, 2018

Ini 5 Makanan yang Harus Ada di Menu Sahur Keluarga

Bagikan


Menjelang bulan puasa, tubuh memang harus dipersiapkan dengan baik agar mudah beradaptasi dengan pola makan yang berubah. Tak hanya itu, saat berpuasa pula banyak hal yang harus dipersiapkan dalam urusan makanan.

Hal ini guna membuat kebutuhan asupan tubuh akan tetap terjaga. Asupan makanan tersebut tentunya dimulai dari makanan sahur, berikut beberapa jenis menu sahur yang wajib tersedia untuk Moms dan keluarga.

Karbohidrat

Sumber energi utama pada tubuh dihasilkan oleh karbohidrat, oleh karena itu menu makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi wajib Moms konsumsi saat sahur karena merupakan zat gizi yang sangat baik bagi tubuh.

Berserat dan Berprotein

menu sahur keluarga, kacang-kacangan

Selain karbohidrat, yang dibutuhkan oleh tubuh adalah makanan berserat dan berprotein. Kedua kandungan tersebut dapat Moms jumpai pada kacang-kacangan yang memang tinggi akan serat dan sumber protein yang baik.

Untuk mencerna kacang-kacangan ini akan membutuhkan waktu lebih lama, sehingga membuat Moms dan keluarga merasa kenyang untuk waktu lama pula. Jadi, jangan lupa masukkan ke dalam menu sahur Moms dan keluarga, ya!

Baca Juga : Yuk Dicoba! Ini 3 Makanan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Mengandung Vitamin dan Mineral

Makanan berikutnya yang perlu masuk ke menu sahur keluarga adalah sayuran yaitu bisa bayam atau brokoli yang memiliki efek panas tinggi pada tubuh serta kepadatan kalori yang rendah.

Dengan kata lain, makanan ini tidak mungkin disimpan sebagai cadangan lemak karena sebagian besar kalori yang dibakar masuk dalam proses pencernaan.

Meski demikian, rupanya serat pada sayuran ini mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang membantu Moms dan keluarga kenyang lebih lama.

Buah-Buahan

menu sahur keluarga, buah-buahan

Selain sayur-sayuran, buah juga wajib Moms dan keluarha konsumsi saat sahur karena mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh saat puasa.

Buah-buahan terutama yang mengandung banyak air akan membantu Moms dan keluarga terhindar dari dehidrasi. Dimana memang dehidrasi adalah sebuah hal yang kerap menjadi ancaman selama bulan puasa.

Pelancar Metabolisme

Terakhir, selama bulan puasa proses metabolism Moms dan keluarga juga harus tetap lancar.

Hal ini dapat dibantu lewat konsumsi Ikan berlemak sehat seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden yang mengandung asam omega-3 tiga yang sangat tinggi.

Asam omega-3 inilah yang mampu mengubah tingkat leptin - hormon yang secara langsung mempengaruhi metabolisme dan menentukan apakah kalori yang ada dibakar atau disimpan sebagai lemak.

Apakah makanan-makanan di atas sudah masuk ke dalam menu sahur keluarga Moms?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.