2-3 tahun

2-3 TAHUN
21 November 2017

Ini 5 Manfaat Mengajarkan Catur Pada Si Kecil Sejak Dini

Bisa tingkatkan konsentrasi dan fokus belajar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Apakah Moms tahu kalau catur merupakan salah satu permainan paling tua di dunia? Nah, hiburan yang sudah ada sejak zaman dulu ini ternyata memiliki banyak manfaat lho, Moms. Selain untuk mengisi waktu luang, bermain catur juga dapat melatih otak untuk bekerja dengan lebih optimal.

Banyak praktisi pendidikan dan orang tua yang memilih mengajarkan catur pada balitanya sejak dini. Balita yang otaknya sedang dalam masa perkembangan akan mendapat beberapa manfaat dari bermain catur ini, seperti misalnya:

1. Membantu konsentrasi

ini dia 5 manfaat mengajarkan catur pada si kecil sejak dini 1
autisticnotweird.com

Permainan catur biasanya dimainkan dalam jangka waktu cukup lama, dimana otak harus terus bekerja untuk berkonsentrasi dan memperhitungkan setiap langkah. Dalam situasi seperti ini, otak balita jadi terlatih untuk bekerja secara optimal saat berada dalam kondisi yang tertekan.

Seperti permainan lain yang menggunakan otak, balita yang sering bermain catur juga akan lebih mudah berkonsentrasi serta membiasakan otaknya untuk bekerja dengan fokus. Bisa jadi ini karena ia harus, memikirkan bidak mana yang harus digerakkan sekaligus mengantisipasi gerakan lawan selanjutnya.

2. Melatih skill problem solving

ini dia 5 manfaat mengajarkan catur pada si kecil sejak dini 2
123rf.com

Dalam menentukan setiap langkah pada permainan catur, secara tidak langsung Si Kecil sedang belajar dan meningkatkan skill problem solving atau kemampuan memecahkan masalah, karena harus memutar otak untuk menentukan langkah selanjutnya serta menebak kemungkinan gerakan lawan.

Skill problem solving ini penting bagi balita, untuk membantunya berpikir kritis dalam mencari solusi ketika menghadapi suatu masalah. Selain itu, skill ini juga akan mempengaruhi kecepatan otaknya dalam memproses informasi yang datang dan merubahnya menjadi tindakan yang tepat.

Baca Juga : 6 Permainan Untuk Mengasah Otak Kanan dan Kiri Balita

3. Meningkatkan kapasitas ingatan

ini dia 5 manfaat mengajarkan catur pada si kecil sejak dini 3
papertostone.com

Apa Moms merasa Si Kecil termasuk balita yang pelupa? Jika begitu, Moms bisa mencoba meningkatkan kapasitas ingatannya dengan mengajarkan Si Kecil cara bermain catur.

Seperti yang Moms tahu, catur adalah permainan otak yang memerlukan strategi serta variasi langkah. Bahkan para pemain catur profesional mengatakan bahwa semakin sering mereka bermain catur, semakin banyak pula variasi langkah yang mereka ingat.

Nah, bila kapasitas ingatan balita sudah membaik karena bermain catur, balita jadi bisa mengingat lebih banyak informasi serta membantunya dalam belajar saat di sekolah kelak.

4. Meningkatkan skill membaca

ini dia 5 manfaat mengajarkan catur pada si kecil sejak dini 4
picquery.com

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika pada tahun 1991 ditemukan fakta bahwa balita yang sering bermain catur memiliki kemampuan membaca yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Sepertinya hal ini disebabkan oleh permainan catur yang membuat otak aktif bekerja.

Selain skill membaca, para orang tua setuju kalau permainan catur akan membuat Si Kecil lebih disiplin, lebih mudah diatur, dan lebih mudah menerima berbagai jenis informasi dan pelajaran.

5. Meningkatkan kreativitas

ini dia 5 manfaat mengajarkan catur pada si kecil sejak dini 5
123rf.com

Bermain catur mungkin terlihat membosankan, tapi permainan strategi ini cukup efektif untuk mendorong kreativitas balita secara signifikan lho, Ma. Ini karena otak kanan balita akan bekerja aktif untuk mengkombinasikan berbagai variasi langkah untuk setiap bidak, serta mencari cara untuk menemukan variasi gerakan baru untuk memenangkan permainan.

Untuk mendapatkan manfaat dari bermain catur, Moms bisa mulai dengan memperkenalkan jenis bidak serta langkah yang bisa digunakan. Kira-kira, Si Kecil sudah tertarik untuk main catur belum, Ma?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait