Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Masalah Tidur Bayi | Feb 12, 2019

Ini 6 Cara Agar Bayi Tidur Teratur dan Nyenyak di Malam Hari

Bagikan


Bayi yang baru lahir akan lebih banyak membutuhkan waktu tidur, bahkan biasanya mereka tidur hingga 16 - 17 jam sehari.

Meski demikian, kebanyakan bayi tidak menghabiskan lebih dari empat jam sekali tidur, pada saat siang ataupun malam.

Hal ini berlangsung selama beberapa minggu pertama kehidupan, sedangkan saat usianya memasuki 3 bulan nanti umumnya mereka hanya butuh tidur selama 15 jam per hari.

Danny Lewin, Ph.D., associate director of pediatric sleep medicine DI Children's National Medical Center in Washington, D.C, Amerika Serikat mengatakan bahwa beberapa bayi akan mulai tidur untuk waktu yang lebih lama antara 4 dan 6 bulan, tetapi tidur sepanjang malam selama lebih dari 8 jam biasanya terjadi setelah 6 bulan.

"Hal ini lantaran kemampuan untuk tidur sepanjang malam dibantu oleh pengurangan pemberian makan malam, yang mulai bisa dilakukan untuk bayi setelah enam bulan," jelas Danny,

Meski masih bayi, pola tidur ini sebenarnya bisa diatur. Ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan agar jadwal tidur mereka lebih teratur sehingga orang tua tak perlu ikut begadang.

Inilah trik sederhana yang dapat Moms lakukan mengatur pola tidur bayi agar teratur di malam hari:

1. Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Membuat jadwal tidur sangat penting untuk membuat bayi dapat tidur dengan pola yang teratur. Namun jangan hanya sekadar membuat jadwal, Moms juga harus bisa mematuhinya secara konsisten.

Bila dia sedang asik bermain, kemudian sudah memasuki waktu tidur maka gantilah kesibukannya dengan menyusui atau mendengarkan alunan lagu yang menenangkan.

Baca Juga: Balita Susah Tidur? Ini Cara Efektif Agar Anak Tidur Nyenyak

2. Jangan Ganggu Jadwal Tidurnya

Ketika sudah waktunya tidur, jangan sesekali Moms menganggu waktu tersebut termasuk untuk menyusui. Berilah mereka ASI menjelang tidur, sehingga waktu tidurnya tak akan mundur.

Hal yang sama juga berlaku bila bayi mengonsumsi susu formula, hanya saja sebaiknya kurangi takarannya menjadi ½ - 1 botol saja menjelang tidur.

3. Ciptakan Perbedaan Siang dan Malam

Bayi mungkin akan sulit membedakan mana siang dan malam, namun bukan berarti Moms tak bisa menggunakan cara untu memperkenalkannya.

Saat siang hari, Moms harus menciptakan suasana yang lebih bersemangat seperti mengajaknya bermain. Adapun pada malam hari, ciptakan suasana yang lebih tenang seperti meredupkan lampu kamar.

Selain itu, Moms juga bisa membedakan dimana tempat ia tidur siang dan malam. Dengan demikian ia akan terbiasa untuk tahu kapan saatnya tidur.

4. Jadikan Si Kecil Lebih Aktif Siang Hari

Sesuai dengan suasananya yang terang dan bersemangat, Si Kecil harus lebih aktif di siang hari. Ajaklah ia melakukan banyak hal seperti bermain, bernyanyi, berbicara hingga belajar merangkak.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan bayi di siang hari akan membuat mereka sedikit merasa lebih lelah, dan tidur lebih lama di malam hari.

Baca Juga: 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orangtua Saat Menidurkan Balita

5. Hindari Bermain Saat Jam Tidur

Bayi mungkin sedang begitu bersemangat melakukan berbagai aktifitas baru seperti belajar merangkak. Meski hal tersebut sangat baik untuk tumbuh kembangnya, namun jangan pernah melakukan ini pada jam tidurnya.

Buatlah waktu yang lebih tenang terutama di malam hari, biasakan mereka memahami bahwa ketika mulai malam bukanlah lagi waktunya bermain.

Membuat bayi lebih mudah tidur dengan pola yang teratur bukan hanya membantu pertumbuhannya semakin optimal, Moms sendiri juga akan merasakan manfaatnya.

Dengan pola tidur Si Kecil yang sesuai jadwal, ibu tak perlu lagi terlalu sering begadang sehingga kesehatan keduanya jadi lebih terjaga.

6. Pastikan Si Kecil Merasa Nyaman

Hal terakhir yang tak boleh Moms lewatkan adalah membuatnya merasa nyaman. Kenyamanan pada bayi bukan hanya dari suasana ruangan saja tetapi juga dari pakaian yang mereka kenakan.

Pastikan bayi tidak mengenakan pakaian yang membuat mereka kedinginan atau kepanasan, jangan lupa pula untuk pastikan popoknya tidak penuh serta tak membuatnya merasa risih.

Pemilihan popok memang sangat penting agar kulit bayi yang masih sensitif tetap terjaga dan terhindar dari iritasi.

Nah, Moms dapat memilih popok bayi Goo.N yang nyaman dipakai bayi saat tidur di malam hari, daya serap cairannya yang begitu cepat membuat Si Kecilpun bisa tidur nyenyak. 

(MDP) 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.