Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
30 Juli 2020

13 Cara Alami Mengobati Gondok pada Anak

Ketika gondok masih kecil, Moms bisa mengobatinya dengan cara alami seperti berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gondok adalah kondisi medis yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar tiroid. Ini dapat terjadi karena hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif), hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif), atau euthyroidisme (fungsi tiroid yang normal).

Singkat kata, kekurangan dan kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan kelenjar membengkak. Ini biasanya bukan penyakit yang menyakitkan tetapi membawa banyak gejala lain yang dapat mengganggu fungsi normal tubuh.

Gondok pada anak juga bisa terjadi lho, Moms. Gondok yang belum membesar dapat diobati dengan bahan alami yang bisa di dapatkan di rumah. Moms dapat mengobati atau bahkan mencegah gondok sebelum terjadi pada Si Kecil.

Baca Juga: Penyakit Gondok pada Balita, Berbahayakah?

6 Cara Mengobati Gondok pada Anak

1. Makanan Tinggi Yodium

mengobati gondok pada balita

Foto: medicalnewstoday.com

Untuk mengobati gondok pada anak, sediakan yodium yang cukup. Makanan tinggi yodium dapat ditemukan dalam garam dapur, makanan laut, rumput laut sekitar dua kali seminggu. Udang dan kerang memiliki kandungan yodium yang tinggi.

Namun, jangan sampai juga anak Moms kelebihan yodium. Terlalu banyak yodium juga terkadang menyebabkan gondok pada anak. Jika kelebihan yodium merupakan masalah, hindari suplemen garam, kerang, rumput laut dan makanan yang diperkaya yodium.

2. Virgin Coconut Oil

mengobati gondok pada balita

Foto: echostore.ph

Minyak kelapa murni mengandung asam laurat tingkat tinggi, trigliserida rantai menengah, yang diubah menjadi monolaurin, dan memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi serta meningkatkan metabolisme.

Moms bisa mencampurkannya pada berbagai jenis makanan maupun minuman dalam usaha mengobati gondok pada anak, atau bahkan meminumkannya langsung pada Si Kecil. Cari VCO yang tidak terlalu kental sehingga nyaman saat diminum langsung.

Baca Juga: 6 Komplikasi Gondongan pada Anak, Waspada!

3. Rumput Laut

mengobati gondok pada balita

Foto: healthyfood.co.uk

Rumput laut adalah sumber yodium baik yang membantu menghasilkan hormon tiroid. Rumput laut juga mengandung tirosin, asam amino pendukung yang membantu produksi hormon tiroid.

Rumput laut enak sekali dicampur dengan berbagai masakan, salad, atau sushi. Konsumsi minimal 2x seminggu untuk membantu tubuh Si Kecil mendapatkan yodium yang cukup untuk tubuh dalam mengobati gondok pada anak.

4. Bawang Putih

mengobati gondok pada balita

Foto: medicalnewstoday.com

Bawang putih merangsang produksi glutathione dalam tubuh karena mengandung selenium, yang diperlukan untuk fungsi tiroid yang sehat.

Yang terbaik untuk mengobati gondok pada anak adalah dengan mengunyah bawang putih mentah. Namun, anak anak tentu tidak menyukai rasanya. Untuk menutupi rasa bawang putih yang kuat, Moms bisa mencampurkan jus bawang putih dengan lemon dan madu. Atau bisa juga dicampurkan dengan jus nanas yang di mix dengan tomat dan wortel.

Baca Juga: Mengenal Virus Gondongan dan 5 Komplikasi Serius yang Dapat Terjadi

5. Moringa / Daun Kelor

mengobati gondok pada balita

Foto: chasorganics.com

Dilansir dari Pharmacological Research, daun kelor dapat membantu mengatur produksi hormon tiroid. Tanaman herbal ini dapat dengan mudah di dapatkan, terlebih sekarang sudah banyak orang yang menjualnya dalam bentuk ekstrak atau teh.

Moms bisa mencampurkan ekstrak pada makanan atau minuman Si Kecil supaya dapat di konsumsi lebih mudah.

6. Kunyit

mengobati gondok pada balita

Foto: medicalnewstoday.com

Kunyit adalah rempah kuat yang tidak hanya menambah warna dan rasa pada makanan tetapi juga memiliki banyak khasiat bermanfaat yang meningkatkan kesehatan. Studi telah menemukan bahwa kunyit dapat bermanfaat dalam pengobatan gondok pada anak.

Moms dapat mencampurkan kunyit dalam berbagai jenis masakan, maupun minuman seperti jamu. Tentu Si Kecil akan menyukainya.

Setelah mengetahui makanan yang bisa mencegah gondok pada anak, Moms juga perlu mengetahui ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita gondok, antara lain bunga kol, Kubis, Lobak, Sawi hijau, bayam, Brokol, Kacang kedelai, Lobak, Ubi jalar, Stroberi.

Baca Juga: 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

7. Ramuan Kulit Manggis

mengobati gondok pada balita

Foto: Orami Stock Photos

Kulit buah manggis diketahui memiliki jumlah nutrisi yang lebih banyak daripada buahnya dan tersusun atas senyawa polifenol yang cukup banyak. Diantaranya yaitu antosianin, xanthone, tannin, dan asam fenolat.

Xanthone dan turunannya adalah salah satu senyawa antoksidan yang terbukti efektif mencegah penyakit kanker dan sebagai antibakteri.

Antioksidan yang tinggi di dalam kulit manggis tersebutlah yang bagus untuk memberantas radikal bebas di dalam tubuh, termasuk salah satunya mengobati gondok pada anak.

8. Belimbung Wuluh

mengobati gondok pada balita

Foto: Orami Stock Photos

Tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan, ternyata belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk mengobati gondok pada anak.

Cara mengobatinya, Moms bisa membuat ramuan belimbing wuluh. Cuci belimbing wuluh, lalu tumbuk bersama bawang merah sampai halus. Setelah itu, balurkan ramuan tersebut pada bagian benjolan yang bengkak pada anak.

Baca Juga: Benarkah Makan Belimbing Saat Hamil Sangat Bermanfaat?

9. Akar Jarong

mengobati gondok pada balita

Foto: pinterest

Moms, akar jarong juga banyak dipercaya bisa mengobati gondok pada anak.

Akar jarong mempunyai kandungan zat aktif seperti triterpenoid, samponin, dan ecdysterone yang cukup ampuh dalam mengobati gondok pada anak.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu pertama siapkan akar jarong sebanyak 30 gram, rabus dengan 2 gelas air dan biarkan sampai mendidih setengahnya/

Saring dan berikan pada Si Kecil setiap 2 kali sehari, lalu ampas akar yang telah direbus bisa digunakan untuk mengompres bagian yang bengkak.

10. Buah-buahan

mengobati gondok pada balita

Foto: Orami Stock Photos

Penyakit gondok bisa disembuhkan dengan rutin mengonsumsi buah-buahan saja lho Moms. Mengobati gondok pada anak secara alami yang satu ini mudah dilakukan.

Cobalah berikan Si Kecil buah sirsak, pepaya, atau rambutan. Ketiga buah tersebut diketahui mempunyai kandungan beta karoten yang bisa mengurangi pembengkakan kelenjar tiroid.

Sirsak dan rambutan mempunyai kandungan air yang cukup banyak dan juga mempunyai kandungan zat ampisilin yang bisa meringankan serta mengobati gondok pada anak.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

11. Ciplukan

mengobati gondok pada balita

Foto: solopos.com

Ciplukan adalah tanaman kecil dengan buah mungil yang mengandung khasiat untuk mengobati gondok pada anak.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah ciplukan terbukti mempunyai kandungan baik untuk mengobati gondok pada anak, mulai dari asam sitrun, chlorogenik acid, alkaloid, asam malat, vitamin C, dan tanin.

Moms bisa merebus tanaman ciplukan dengan air, lalu diminum oleh Si Kecil sebanyak satu gelas selama dua kali sehari.

13. Teh Hijau

mengobati gondok pada balita

Foto: Orami Stock Photos

Di dalam daun teh hijau mengandung flouride dan antioksidan yang tinggi. Di mana kandungan tersebut ampuh untuk mengobati gondok pada anak dengan mengurangi pembengkakan kelenjar tiroid.

Berikan Si Kecil teh hijau tiga cangkir dalam sehari, selama penyakit gondok masih dideritanya.

Baca Juga: Tak Hanya Karena Gondongan, Ini 10 Penyebab Lainnya Benjolan di Leher

“Makanan goitrogenik adalah makanan yang menghambat fungsi normal kelenjar tiroid. Akibatnya, kelenjar tidak dapat mensintesis yodium dengan baik,” jelas Priyanka Sadhukhan seorang ahli gizi seperti dikutip pada stylecraze.com.

“Untuk menghilangkan efek buruk makanan goitrogenik pada tiroid, Anda bisa memasaknya terlebih dahulu. Anda tidak perlu menghindarinya samasekali, cukup mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas saja tidak berlebihan.”

Itu dia Moms 6 bahan-bahan alami yang berguna untuk mengobati gondok pada anak. Semoga cepat sembuh ya, Si Kecilnya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait