Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
13 Mei 2020

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah

Radang amandel bisa diringkankan gejalanya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Radang amandel atau tonsilitis terjangkit ke semua usia, tak jarang pada anak-anak. Dilansir dari Research Gate, radang amandel biasanya menyerang anak-anak sejak usia 4 tahun (umumnya di rentang usia 4-8 tahun).

Sebagian besar tonsilitis diakibatkan dari infeksi amandel yang parah dan 30% dari total kasusnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk melalui mulut dan hidung Si Kecil.

Mengobati Amandel Anak di Rumah

Dalam ulasan artikel ini, akan dipaparkan cara pengobatan yang bisa Moms lakukan untuk mengobati amandel anak di rumah. Perlu diingat, jika anak baru pertama kali terjangkit amandel lebih baik segera periksa ke rumah sakit.

Namun, bila Si Kecil sudah memiliki amandel sebelumnya dan telah mendapat perawatan dokter, beberapa cara mengobati amandel anak di rumah ini penting untuk disimak guna membantu proses penyembuhan.

1. Minuman dan Makanan Hangat

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 1.jpg

Foto: pexels.com

Cara pertama untuk mengobati amandel anak di rumah adalah dengan memberikan asupan hangat seperti sup, kuah kaldu, dan teh. Cairan hangat seperti ini dapat menenangkan radang tenggorokan Si Kecil perlahan-lahan.

Selain itu, kandungan dalam teh herbal dengan tambahan madu juga dapat menyembuhkan iritasi amandel pada anak.

Baca Juga: Radang Amandel Tidak Boleh Minum Es?

2. Hindari Makanan dengan Tekstur Keras

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 2.jpg

Foto: pexels.com

Salah satu akibat dari radang amandel atau tonsilitis ialah sulit saat menelan. Selain tidak nyaman, makanan dengan tekstur keras dapat memperparah radang tenggorokan bahkan bisa menimbulkan iritasi.

Beberapa makanan dengan tekstur keras antara lain, keripik, biskuit, roti panggang, apel, dan wortel. Hindari jenis makanan ini dan ingat kembali cara pertama di atas perihal memberikan minuman dan makanan hangat.

3. Atur Kelembapan Ruangan

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 3.jpg

Foto: pexels.com

Salah satu cara untuk mengobati amandel anak di rumah ialah dengan mengatur kelembapan ruangan. Moms bisa membeli cool mist modifier untuk melepaskan kembali kelembapan udara di ruangan yang berguna bagi kenyamanan tenggorokan Si Kecil.

Namun Moms perlu membersihkan alat tersebut setiap hari untuk menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri lainnya.

Baca Juga: Moms, Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Radang Amandel pada Si Kecil

4. Hindari Berteriak

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 4.jpg

Foto: freepik.com

Tips satu ini sangat penting nih Moms untuk mengobati amandel anak di rumah. Dengan berteriak mungkin Si Kecil akan merasa bahwa tenggorokannya reda sesaat, namun hal tersebut dapat menyebabkan iritasi amandel ke depannya.

5. Jangan Kumur-kumur dengan Air Garam

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 5.jpg

Foto: pexels.com

Berbeda dengan orang dewasa, kumur-kumur dengan air garam sangat tidak dianjurkan pada anak-anak dalam meredakan tenggorokan.

Risikonya ialah tersedak dan menelan cairan garam tersebut. Untuk itu, jangan mengajak Si Kecil berkumur dengan air garam ya, Moms.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

6. Makanan Dingin untuk Menenangkan

Ini 6 Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah 6.jpg

Foto: pixabay.com

Makanan dingin atau lembut seperti yogurt, smoothies, ice cream dapat meredakan rasa sakit sementara untuk mengobati amandel anak di rumah.

Selain itu, permen yang mengandung mint atau menthol juga dapat memberikan sensasi dingin menyegarkan pada tenggorokan Si Kecil.

Pemberian makanan dingin seperti ini tetap memerlukan konsultasi dokter agar menghindari risiko lainnya yang mungkin terjadi.

Demikian 6 cara yang bisa Moms terapkan dalam mengobati amandel anak di rumah. Dilansir dari Bupa, proses penyembuhan radang amandel pada anak-anak memerlukan waktu seminggu untuk menentukan tindakan operasi bila kondisi tidak berubah atau semakin parah.

Walaupun begitu, Moms tidak perlu khawatir karena operasi amandel itu umum dan biasanya berlangsung dengan lancar.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait