Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jul 9, 2018

Ini Cara Aman Mengajarkan Anak Menggunakan Gunting

Bagikan



Bukanlah hal yang mudah dalam mengajarkan Si Kecil dalam menggunakan berbagai jenis benda, terutama benda tajam seperti gunting.

Menggunakan gunting memang membutuhkan keterampilan tersendiri, yaitu saat menggunakan masing-masing jari secara terpisah.

Meski banyak anak usia 3 atau 4 tahun yang memiliki keterampilan untuk memotong, namun tak sepenuhnya keterampilan tersebut sepenuhnya berkembang sampai usia sekitar 6 tahun.

Lalu bagaimanakah cara Moms mengajarkan Si Kecil menggunakan gunting dengan benar? Simak tips berikut:

Pilih Gunting yang Tepat

Jenis gunting begitu beragam mulai dari bentuk hingga ukuran, maka pilihlah ukuran gunting yang sesuai dengan tangan Si Kecil.

Terutama saat Si Kecil baru pertama kali memegang gunting, berikanlah dulu gunting yang tumpul untuk sekedar uji coba.

Bagi Si Kecil yang kidal harus selalu menggunakan gunting kidal juga. Pisau bagian atas pada gunting tangan kanan ada di sisi kiri sehingga mereka dapat melihat garis pemotong.

Adapun Si Kecil dengan kebutuhan khusus seperti mengalami kelemahan tangan, atau masalah lainnya mungkin memerlukan gunting khusus atau adaptif untuk memulai, walaupun banyak yang memang mampu menggunakan gunting reguler dari waktu ke waktu.

Perhatikan Keamanannya

Keamanan gunting sangat penting dan harus selalu ditekankan pada awal pembelajaran pemotongan. Untuk Si Kecil, fungsi gunting hanya sebatas untuk memotong kertas saja dan tidak lebih.

Jika ia mencobanya untuk menggunting benda lain, makan berupayalah untuk menghentikannya sampai mereka benar-benar memang mampu menggunakannya.

Saat mengguntingpun perhatikan posisi mereka, jangan sampai mereka menggunakan gunting sambil berjalan atau bercanda dengan temannya.

Jangan pula sesekali membiarkan Si Kecil menggunakan gunting tanpa pengawasan, karena akan sangat banyak risiko yang dapat terjadi.

Baca Juga : 5 Keterampilan Dasar yang Harus Dikuasai Anak Sebelum Masuk SMA

Latih Kekuatan Tangan Si Kecil

Sebelum mengajarkan Si Kecil untuk menggunakan gunting, mintalah mereka untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan menyenangkan yang akan memperkuat otot tangan dan jari tangan.

Dimana tentunya hal ini harus aman bagi mereka, seperti menggunakan penjepit dapur untuk memindahkan atau mengambil sesuatu seperti kue atau membuat keterampilan lainnya.

Setelah ototnya menguat, barulah perkenalkan penggunaan gunting dimulai dengan cara memegang yang benar.

Beri Contoh

Sebagai peniru yang ulung, Si Kecil akan dengan mudah menyerap dan menirukan apa yang Moms lakukan. Maka saat hendak mengajarkannya, berilah contoh terlebih dahulu.

Misalnya seperti dimulai dengan memposisikan diri dengan benar. Lalu membuat simulasi yang menyenangkan, seperti mengatakan bahwa gunting adalah mulut buaya.

Berikan mereka aba-aba kapan harus membuka dan menutup mulut buaya tersebut tanpa harus melukai tangan mereka sendiri.

Kembangkan Keterampilannya dalam Menggunting

Langkah terakhir setelah Si Kecil dinilai sudah cukup mahir menggunakan gunting, maka dorong mereka untuk mengembangkan keterampilannya dalam menggunakan gunting.

Moms dapat mulai memberi mereka pelajaran untuk menggunting bentuk yang lebih sulit, seperti menggunting kotak atau lingkaran.

Tak perlu khawatir jika Si Kecil masih sangat berantakan pada awalnya, semua latihan akan membuatnya mampu menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik.

Begitu pula halnya dengan menggunting, ingatlah bahwa menggunakan gunting secara efisien adalah keterampilan rumit yang meningkat dengan seiring berjalannya latihan.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.