Gaya Hidup

GAYA HIDUP
24 April 2020

Ini Cara Menjaga Pola Makan Saat Puasa dengan Konsep 4J

Ingat, makna puasa tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memasuki bulan Ramadan, Moms tentu bersiap-siap untuk melakukan ibadah puasa, dan membuat ragam masakan sebagai menu sahur dan berbuka.

Tetapi, apa yang penting diingat bahwa saat puasa Ramadan pun Moms perlu mengetahui bagaimana cara menjaga pola makan saat puasa. Hal ini perlu dilakukan sehingga Moms tetap menjaga berat badan tetap sehat.

Melansir National Health Service, kunci dari pola makan sehat adalah makan dalam jumlah kalori yang tepat dan disesuaikan dengan seberapa aktif Moms melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena itu, pola makan yang sehat harus dilakukan, apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 yang melaksanakan kewajiban PSBB, dan membuat Moms jarang keluar rumah.

Baca Juga: Wajah Segar Saat Berpuasa, Simak 5 Tips Ini

Konsep 4J Sebagai Cara Menjaga Pola Makan Saat Puasa

Dokter gizi dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, SpGK, menjelaskan tentang kunci menjaga pola makan saat sahur dan berbuka dengan 4J (Jenis, Jumlah, Jadwal, Jurus memasak).

Lalu, bagaimana penjelasan tentang konsep tersebut? Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya, Moms.

1. Jenis Makanan

cara menjaga pola makan saat puasa-1

Foto: Orami Photo Stock

Dijelaskan oleh dr. Kristina, penting memilih bahan makanan yang masih segar seperti tumbuh-tumbuhan (buah dan sayur). Selain itu, kurangi makanan kemasan atau yang dibuat oleh pabrik secara massal.

Pada jurnal Advances in Nutrition, disebutkan buah dan sayur memiliki konsentrasi nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C dan A, mineral, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat.

Baca Juga: Mengenal Diet Plant-Based, Pola Makan Nabati yang Baik untuk Kesehatan

2. Jumlah Kalori

cara menjaga pola makan saat puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Untuk menjaga berat badan tetap sehat, Moms juga perlu membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Karena itu, pilih makanan rendah kalori, tetapi padat nutrisi, sebagai cara menjaga pola makan saat puasa.

"Makan makanan rendah kalori, dan tinggi nilai nutrisi. Makanan jenis ini tidak apa-apa bila dikonsumsi dalam jumlah banyak," jelas dr. Kristina.

Tidak hanya itu, kurangi juga konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kalori, gula, dan lemak, terutama dalam menu-menu yang biasa dihidangkan saat berbuka puasa.

3. Jadwal Makan

cara menjaga pola makan saat puasa-3

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya memerhatikan jenis makanan, atur jadwal makan menggunakan persentase kalori yang perlu dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa sebagai cara menjaga pola makan saat puasa.

Saat waktu sahur, dr. Kristina menyarankan untuk mengonsumsi kalori sebanyak 30 persen dari total kebutuhan energi harian, dan sebelum waktu Imsak 10 persen.

"Saat berbuka puasa, konsumsi 40 persen dari kebutuhan energi (10 persen sebelum salat Maghrib, 30 persen setelah Maghrib). Lalu, setelah tarawih 20 persen," jelasnya lagi.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Pola Makan Untuk Balita Underweight

4. Jurus Memasak

cara menjaga pola makan saat puasa-4

Foto: Orami Photo Stock

Tips selanjutnya untuk menjaga pola makan saat puasa, yaitu dengan mengurangi 'jurus' memasak dengan cara digoreng, tetapi perbanyak konsumsi sayuran yang dikukus.

"Tipsnya, ingat bahwa puasa itu bertujuan untuk ibadah dan pengendalian diri, bukan sekadar menahan lapar. Mulailah dengan makan buah dan sayur, lalu diikuti dengan makan makanan utama," tutup dr. Kristina.

Itu dia Moms, beberapa cara menjaga pola makan saat puasa ketika sahur dan berbuka. Menjaga kesehatan tentunya harus jadi perhatian utama, mengingat ibadah ini dilakukan di tengah pandemi virus corona.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait