Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Aug 16, 2018

Ini Dia 5 Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Indonesia Pada Balita!

Bagikan


Mencintai Indonesia adalah salah satu kewajiban kita sebagai warga negara. Mustahil rasanya negara kita bisa berkembang dan maju tanpa rasa cinta Indonesa. Sayangnya, rasa cinta Indonesia sepertinya semakin tergerus oleh perkembangan zaman.

Banyak anak yang akhirnya tumbuh besar dengan menganggap remeh rasa cinta negara, karena menganggapnya tidak penting dan tidak harus dilakukan. Ironisnya, hal ini disebabkan karena orang tua tak tahu cara menumbuhkan rasa cinta Indonesia sejak balita.

Tenang saja, Mama bisa kok membuatnya bangga  dan cinta menjadi anak Indonesia dengan 5 cara mudah berikut ini:

1. Belikan atlas

Salah satu hal yang paling mudah untuk menumbuhkan rasa cinta pada Indonesia adalah dengan membelikannya atlas. Atlas adalah buku yang berisikan peta dunia, termasuk negara Indonesia. Di dalam atlas biasanya ada satu segmen yang membahas khusus tentang negara Indonesia, mulai dari budaya, suku, pakaian daerah dan bahasanya.

Dengan menggunakan segmen khusus ini, Mama dan Papa bisa mengajak si kecil 'bermain' ke seluruh pelosok Indonesia. Mama bisa merangsang rasa ingin tahu balita dengan bertanya nama pulau, nama suku, nama kota dan lain-lain. Beritahu juga bahwa tak ada negara lain seperti Indonesia yang punya beribu pulau, bahasa, dan budaya.

2. Ceritakan sejarah Indonesia dengan antusias

Bagi balita, cerita sejarah negara Indonesia adalah hal yang menakjubkan untuk didengar. Apalagi jika ia mendengarnya langsung dari pelaku sejarah, pasti rasa kagum pada negara Indonesia akan semakin. Pasti Mama juga merasakan hal yang sama ketika diceritakan kejadian sejarah oleh kakek dulu kan?

Untuk itu, Mama bisa mulai ceritakan sejarah Indonesia lengkap dengan nama pahlawan dan peristiwa penting secara antusias dan ekspresif, agar balita menjadi kagum dan semakin penasaran untuk tahu dengan perkembangan sejarah Indonesia. Ujungnyam balita akan semakin menghargai dan cinta pada Indonesia.

Baca Juga : Rayakan 17 Agustus Bersama Anak Dengan 5 Permainan Tradisional Ini

3. Rajin datang ke museum

Merasa kurang lancar bercerita tentang sejarah Indonesia? Tak masalah, sesekali coba ajak si kecil mengunjungi museum. Percaya deh, balita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dan pelajaran dari kunjungannya. Dia akan memiliki banyak pengetahuan baru tentang sejarah Indonesia, yang mungkin membuatnya lebih tertarik untuk belajar sejarah.

Agar kunjungan ke museum lebih efektif, Mama bisa menggunakan jasa tur yang biasanya disediakan oleh pihak museum. Berikan penjelasan sederhana pada si kecil jika dia bertanya, dan biarkan dia mengeksplorasi seluruh isi museumnya.

4. Kunjungi markas polisi & tentara

Saat si kecil datang ke tempat yang dikelilingi orang yang cinta Indonesia, sudah tentu dia pun akan merasakan hal yang sama bukan? Polisi dan tentara adalah garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. Rasa cinta negara yang mereka miliki sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, mereka siap untuk mati demi negara Indonesia.

Sekarang ini banyak markas polisi & tentara yang terbuka untuk umum. Banyak juga yang menyediakan tur keliling markas polisi dan tentara. Dengan begini, si kecil akan mendapatkan banyak penjelasan dan pelajaran secara langsung, yang membuatnya semakin bangga menjadi anak Indonesia.

5. Melestarikan budaya daerah

Mendekatkan dan mengajak melestarikan budaya daerah bisa jadi cara paling efektif untuk menumbuhkan rasa cinta Indonesia. Sesekali coba ajak balita bermain permainan tradisional, seperti ular naga, congklak, atau bahkan layangan, sembari bernyanyi lagu anak dalam bahasa daerah.

Bila ada sanggar kesenian di dekat rumah, tak ada salahnya Mama mengikutkan si kecil dalam kegiatannya. Bukan hanya untuk memperlihatkan bahwa Indonesia kaya dengan aneka budaya daerah yang berbeda, ia juga bisa ikut belajar menari atau bela diri. Kalau sudah begini, rasa cinta Indonesia pasti akan semakin lekat di hati balita.

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.