Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
25 Mei 2020

Ini dia Takaran Minimum Konsep Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna!

Ingat panduan takaran minimum 4 sehat 5 sempurna ini ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seringkali kita bingung bagaimana caranya untuk memastikan Si Kecil sudah terpenuhi segala nutrisi penting yang dibutuhkan. Menu makan pastinya menjadi sangat penting karena selain sumber utama nutrisi bagi Si Kecil, kebiasaan makan Si Kecil juga akan menentukan gaya hidupnya sampai dewasa.

“Anak membutuhkan berbagai makanan yang penuh nutrisi karena mereka sedang berada dalam tahap pertumbuhan. Cara anak makan akan memengaruhi pertumbuhan dan kesehatannya di usia anak, remaja, sampai dewasa dan seumur hidupnya,” ujar Kristy Lee Wilson, seorang personal trainer dan spesialis fitness untuk anak usia muda.

Mayo Clinic dalam situs resminya menuliskan bahwa makanan yang dikatakan bernutrisi tinggi adalah protein, buah, sayuran, biji-bijian, dan produk susu berserta keturunannya. Makanan ini dibutuhkan anak dalam jumlah yang berbeda tergantung pada usianya.

Dikutip dari situs resmi Healthy Children, kelima nutrisi penting tersebut dikategorikan menjadi lima kelompok besar makanan. Di Indonesia, kelompok besar tersebut dikenal dengan nama 4 sehat 5 sempurna. Kelima kelompok besar makanan tersebut adalah makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan, dan susu.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

Takaran Minimum 4 Sehat 5 Sempurna

Namun, Moms mungkin menemukan masalah dalam menentukan takaran minimum 4 sehat 5 sempurna tersebut. Untuk dijadikan acuan, berikut ini adalah takaran minimum 4 sehat 5 sempurna yang bisa Moms terapkan untuk menu makanan Si Kecil.

1. Makanan Pokok

Ini dia Takaran Minimum Konsep Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna 1.jpg

Foto: mirror.co.uk

Makanan pokok di setiap negara dan bahkan setiap daerah di satu negara berbeda-beda. Secara umum, makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi yang merupakan sumber karbohidrat.

Anak laki-laki dan perempuan usia 2-3 tahun membutuhkan kira-kira 300-500 gram makanan pokok per hari. Sedangkan, untuk anak usia 4-8 tahun membutuhkan 400-600 gram per hari.  

Baca Juga: 4 Cara Agar Anak Suka Makanan Sehat

2. Lauk Pauk

Ini dia Takaran Minimum Konsep Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna 2.webp

Foto: toiimg.com

Lauk pauk yang Moms berikan untuk Si Kecil harus memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga kalori. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Protein dan kalori bisa di dapatkan dari daging tanpa lemak, unggas, telur, atau ikan. Untuk protein non hewan atau nabati bisa didapatkan dari biji-bijian.

Salah satu contoh olahan biji-bijian yang bisa menjadi sumber protein adalah tempe dan selai kacang. Untuk takaran minimum konsumsi protein harian, anak usia 2-3 tahun membutuhkan 200-400 gram per hari.

Di usia 4-8 tahun, anak perempuan membutuhkan 300-500 gram sedangkan anak laki-laki 300-550 gram protein per hari. Perihal kalori, setiap anak kebutuhannya berbeda tergantung pertumbuhan dan aktivitasnya.

Anak 2-3 tahun membutuhkan 1.000-1.400 kkal per hari. Usia 4-8 tahun, anak perempuan butuh 1.200-1800 kkal dan laki-laki 1.200-2.000 kkal.

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak, Tidak Hanya Wortel!

3. Sayuran

Ini dia Takaran Minimum Konsep Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna 4.jpg

Foto: deaconess.com

Sayuran yang dibutuhkan dalam pertumbuhan anak bisa dalam bentuk sayuran mentah segar, rebus, maupun dalam bentuk yang sudah dihaluskan menjadi jus.

Kebutuhan sayuran anak rata-rata adalah 1-2,5 cup per hari dalam berbagai bentuk. Sayuran yang dimaksud bisa merupakan sayuran hijau, merah, orange, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Anak yang Harus Dibatasi Konsumsinya

4. Buah-buahan

Ini dia Takaran Minimum Konsep Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna 4.jpg

Foto: fitinspiring.com

Dukung Si Kecil untuk selalu mau makan buah-buahan setiap hari. Jika Si Kecil lebih menyukai buah dalam bentuk jus, pastikan jus tersebut murni tanpa gula.

Untuk jus, ukuran yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak rata-rata 1-1,5 cup per hari atau sama dengan satu buah apel utuh berukuran sedang, pisang, atau pir.

5. Susu

Ini dia Takaran Minimum Konsep Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna 5.jpg

Foto: amazonaws.com

Produk susu bisa Moms berikan dua sampai tiga kali sehari. Susu juga bisa diberikan dalam bentuk turunannya seperti contohnya keju. Untuk takarannya, Moms bisa berikan Si Kecil satu cup susu rendah lemak atau yogurt. Sedangkan keju alami, Moms bisa berikan dalam ukuran 150 gram.

Baca Juga: 7 Kombinasi Makanan Sehat yang Bermanfaat Bagi Anak

Di atas itu adalah kira-kira takaran minimum asupan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil dalam pertumbuhannya. Moms bisa mulai mencoba untuk menerapkannya sejak dini agar Si Kecil terbiasa untuk makan makanan yang bernutrisi lengkap.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait