Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Sekolah Anak | Jul 17, 2018

Ini Perkiraan Biaya Masuk Sekolah TK dan SD Swasta di Jabodetabek

Bagikan



Tak sedikit para orang tua yang mulai pusing saat tahun ajaran baru segera dimulai, hal ini tentunya dikarenakan biaya sekolah yang kian melonjak setiap tahunnya.

Setiap orangtua tentunya menginginkan pendidikan yang terbaik bagi buah hatinya, namun terkadang, biaya sekolah yang angkanya fantastis membuat pendidikan yang baik menjadi sulit rasanya.

Nah, bagi Moms yang tinggal di seputaran Jabodetabek, sudahkah Moms mempersiapkan biaya sekolah Si Kecil? Paling tidak, survei dulu perkiraan biaya masuk TK dan SD swasta berikut ini:

Baca Juga : Ini Tandanya Anak Siap Untuk Masuk Sekolah, Tak Hanya Mengenai Umurnya Saja Lho Moms

Biaya Sekolah TK dan SD Swasta

1. YPI Al- Azhar

Bagi Moms yang hendak mendaftarkan Si Kecil ke sekolah Islam ini, Mom harus merogoh kantong sekitar Rp. 17 juta untuk uang pangkal, sedangkan untuk biaya sekolah perbulannya, Moms akan dikenakan biaya sekitar Rp.800 ribu. Itu hanya untuk biaya Taman Kanak-kanak saja lho.

Bila sudah masuk Sekolah Dasar biayanya tentu akan berbeda lagi. Untuk sekolah dasar, angkanya akan naik sekitar dua kali lipat yaitu sekitar Rp. 30 jutaan dan perbulannya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 1,5 juta.

2. Sekolah Bunda Mulia

Sekolah Bunda Mulia yang terletak di Jakarta Pusat ini juga memiliki angka biaya pendidikan yang cukup tinggi, untuk Taman Kanak-kanak biaya masuknya sudah mencapai angka sekitar Rp. 8 juta ke atas, sedangkan untuk biaya perbulannya mencapai Rp. 1 juta.

Biaya tersebut belum termasuk dengan uang kegiatan Si Kecil lho Moms, yang angkanya bisa mencapai Rp. 3 juta lebih.

Nah, kalau harga TK nya saja sudah bikin Moms mulai pusing, bagaimana dengan biaya Sekolah Dasar? Untuk biaya sekolah SD, uang pangkalnya sudah mencapai angka Rp. 10 juta dengan biaya perbulan diatas Rp. 1 juta.

Lagi – lagi, belum termasuk dengan uang kegiatan yang angkanya bisa mencapai Rp. 5 juta. Wah harus siap-siap untuk menabung lebih ketat nih, Moms.

3. Santa Maria

Untuk sekolah berbasis Katolik ini, terletak di Jakarta Pusat. Bila Moms ingin Si Kecil masuk ke sekolah ini, Moms harus merogoh kantong sekitar Rp. 15 Juta, sedangkan biaya perbulannya mencapai angka Rp. 1 juta.

Harga tersebut belum termasuk harga seragam dan uang kegiatan, yang bula di total angkanya mencapai Rp. 3 juta.

4. Bina Bangsa School

Bila Moms ingin Si Kecil bersekolah di sekolah yang bertaraf internasional, beda lagi angka yang harus Moms keluarkan karena tentunya jauh lebih mahal.

Bina Bangsa School menggunakan satuan USD untuk biaya sekolahnya. Untuk biaya masuk, angkanya mencapai USD 3,700 sedangkan uang sekolahnya sendiri mencapai angka USD 4,200 per tahunnya.

Ingat ya Moms, angka tersebut belum termasuk biaya pendaftaran dan lain-lain, lho.

Tips Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak

Angka biaya pendidikan tadi memang boleh dijadikan patokan bagi Moms dan suami dalam menyiapkan uang bagi sekolah Si Kecil. Tapi sebaiknya, Moms harus menyiapkan dana lebih dari angka yang tertera diatas. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan adanya faktor inflasi, sehingga angka biaya pendidikan anak terus meningkat. Setiap tahunnya, biaya pendidikan dapat naik hingga 25%.

Jangan anggap sepele biaya pendidikan ini, berikut beberapa tips yang dapat Moms lakukan guna menyiapkan dana pendidikan Si Kecil:

- Cek biaya pendidikan di sekolah yang diinginkan, termasuk biaya kenaikan per tahunnya.

- Buatlah rencana tabungan atau investasi guna memenuhi biaya tersebut.

- Hitunglah berapa jumlah tabungan atau investasi rutin yang dibutuhkan sesuai dengan angka yang rencananya akan digunakan.

- Menabung atau berinvestasi secara disiplin dengan berpatokan pada rencana yang telah dibuat

Meski memang pasti membuat pusing, tapi dengan niat dan kedisiplinan Moms menabung, Si Kecil pasti dapat masuk ke sekolah impian kok.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.