Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Bayi | Feb 24, 2018

Ini Yang Disukai & Tidak Disukai Oleh Bayi

Bagikan


 

Berbeda dengan orang dewasa yang bisa mengungkapkan kesukaan maupun ketidaksukaannya, bayi masih belum bisa mengungkapkan perasaannya melalui kata-kata.

Seringkali orang tua tidak dapat membaca jalan pikiran bayi tentang apa yang membuat ia rewel, senang, bingung, bahkan kaget. Moms tidak perlu khawatir untuk mengetahui jalan pikiran si kecil karena ternyata untuk mengetahui kesukaan dan ketidaksukaannya sangatlah mudah.

 

Berikut adalah lima hal yang disukai dan menarik untuk bayi :

1. Warna-warna kontras

Bayi yang baru lahir belum bisa membedakan warna-warna gradasi seperti hijau dan hijau pupus. Sehingga warna-warna kontras seperti hitam-putih atau warna-warna cerah dan bervariasi lebih mudah dikenali oleh bayi dan lebih menarik baginya.

Pada usia 3 atau 4 bulan, bayi sangat tertarik pada warna-warna cerah. Apapun warnanya, apapun polanya, bila terdiri dari warna yang secara visual kontras menjadi lebih menarik bagi bayi.

2. Wajah yang dikenalnya

Bayi belum bisa melihat ekspresi tatapan cinta yang kita berikan melalui mata kita. Bayi hanya tertarik pada kacamata dibandingkan dengan warna kulit kita.

Begitu memasuki usia 2 bulan saat penglihatannya berkembang, ia sudah mampu memfokuskan pandangannya pada bentuk wajah dan lebih menyukainya dibandingkan dengan bentuk yang lain. Bayi sudah dapat mengekspresikan kegembiraannya melalui senyuman pada orang yang ia kenal pada usia 6-8 minggu.

3. Bunyi-bunyian

Bayi sangat suka pada suara-suara, karena menarik perhatian dan rasa penasarannya. Untuk itulah mengapa banyak mainan yang diciptakan dengan bunyi-bunyian.

Mainan bayi semacam rattle merupakan penghasil bunyi pertama yang paling sempurna. Mainan tersebut memang bernotasi tunggal namun menghasilkan bunyi yang berbeda-beda tergantung pada cepat atau lambatnya mainan itu digoyang.

4. Cermin

Walau terpesona pada pantulan wajahnya di cermin, bayi belum mengerti bahwa itulah wajahnya. Ia akan berusaha meraih cermin karena belum mengerti cara kerja cermin. Pada usia 18 bulan barulah ia bisa mengenali dirinya pada cermin.

5. Gerakan

Sesuatu yang dapat bergerak selalu membuatnya terpesona. Contohnya kipas angin, tayangan televisi, dll.

 

Adapun lima hal yang tidak disukai oleh bayi antara lain :

1. Wajah kaku

Bayi dapat memperhatikan ekspresi seseorang dan bisa memilih mana orang yang ia sukai dan tidak. Apalagi bila kita menggunakan topeng, bayi akan kaget dan semakin bingung karena tidak ada ekspresi yang ditampilkan.

2. Cahaya terang

Walaupun mainan yang mengkilap dan cermin menarik untuk bayi, namun mata bayi belum bisa digunakan secara maksimal. Sehingga cahaya yang terlalu terang seperti cahaya matahari yang terik atau lampu senter pada ruang praktek dokter dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman.

3. Suara yang keras dan dalam

Suara bernada tinggi seperti suara mama atau lagu dengan nada tinggi seperti lagu nyanyian nina bobo lebih disukai oleh si kecil. Jadi Oom atau kakek tidak perlu bingung dan merasa bersalah bila si kecil menangis saat disapa. Bayi memerlukan waktu untuk bisa beradaptasi dengan suara yang tidak terlalu familiar untuknya.

4. Rasa asam

Dari lahir bayi hanya mengenal rasa manis dari cairan ketuban, ASI atau susu formula. Sehingga tidak heran saat diberikan makanan padat yang beraneka rasa bayi akan menoak makanan atau minuman rasa asam yang anda tawarkan.

5. Rangsangan yang berlebihan

Saat bermain dengan bayi, pastikan si bayi tidak menerima stimulasi yang berlebihan. Seperti bila terlalu banyak orang yang mengajaknya bermain ciluk ba, bayi akan merasa kesal bukan senang.

 

(HEI)

 

 

 

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.