Kesehatan

9 April 2021

Inilah 4 Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

Bawang hitam bisa dijadikan sebagai obat antikanker
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat hitam belum diketahui banyak orang. Jangankan manfaat bawang hitam, keberadaan bawang jenis ini pun jarang diketahui.

Mungkin kita sudah biasa mendengar tentang bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih. Jenis-jenis bawang ini biasanya kita gunakan sebagai bumbu untuk penyedap sebuah masakan. Namun bagaimana dengan bawang hitam? Apa sebenarnya manfaat bawang hitam?

Baru-baru ini kepopuleran bawang hitam meningkat. Bawang ini bukanlah jenis bawang baru, melainkan bawang putih yang telah melalui proses fermentasi selama satu bulan di bawah suhu panas dan kelembapan yang dikontrol.

Hasil dari proses fermentasi ini akan menghasilkan bawang yang bertekstur lembut menyerupai jelly, dan uniknya tidak memiliki bau dan rasanya mirip seperti buah ara.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Dari sudut pandang nutrisionist, bawang hitam memiliki kandungan allicin yang sama dengan bawang putih, yaitu kandungan yang memberikan banyak manfaat. Bahkan jenis bawang ini diperkaya dengan asam amino yang jumlahnya hampir dua kali lipat jumlah antioksidan jika dibandingkan dengan bawnag putih.

Lalu apa saja manfaat bawang hitam ini untuk kesehatan?

Manfaat Bawang Hitam untuk Tubuh

Apa saja manfaat bawang hitam untuk tubuh kita Moms? Yuk langsung disimak, Moms.

1. Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Jantung

bawang hitam

Foto: firstforwomen.com

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di A.S menurut laporan dari American Heart Association.

Merokok, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga berdampak langsung pada kesehatan jantung. Meskipun benar bahwa faktor genetik juga berperan, gaya hiduplah yang sebenarnya berpengaruh.

Salah satu cara untuk melindungi jantung kita adalah dengan menambahkan bawang hitam dan makanan bernutrisi lainnya ke makanan sehari-hari kita. Antioksidan dalam rempah ini akan mendukung fungsi kardiovaskular dan dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Menurut ulasan yang diterbitkan oleh Frontiers in Physiology pada November 2018, bawang ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner.

2. Manfaat Bawang Hitam untuk Menjaga Fungsi Otak

bawang hitam

Foto: everydayhealth.com

Seiring bertambahnya usia, otak manusia menjadi kurang fokus dalam memproses informasi dan mempelajari hal-hal baru. Mungkin kita akan mulai mengalami masalah memori dan sulit untuk mengingat. Selain itu, faktor-faktor lain, seperti kurang tidur, diabetes, dan penyakit jantung, juga dapat memengaruhi fungsi kognitif dan otak.

Manfaat bawang hitam lainnya, dapat membantu menjaga fungsi otak tetap tajam sampai usia lanjut. Menurut Journal of Food and Drug Analysis, rempah ini dapat meningkatkan daya ingat karena tingkat antioksidannya yang tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria, Dads Wajib Tahu!

3. Bawang Hitam sebagai Obat Antikanker

bawang hitam

Foto: naturallivingideas.com

Kanker, yang telah dianggap sebagai salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Jenis penyakit ini erar kaitannya dengan pertumbuhan sel atau jaringan yang tidak terkontrol atau abnormal dalam tubuh kita.

Baca Juga: Selain Kemoterapi, Inilah Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

Banyaknya bukti yang menunjukkan bahwa manfaat bawang hitam memiliki efek antikanker dalam beberapa dekade terakhir ini. Bahkan bawang ini juga disarankan agar digunakan untuk mencegah dan mengobati kanker, dari kanker lambung hingga leukemia.

Mekanisme efek antikanker bawang hitam dalam berbagai jenis penyakit kanker terdiri dari induksi apoptosis, penghentian siklus sel, dan penghambatan pertumbuhan, dan invasi tumor.

Tertarik untuk mencoba bawang hitam Moms dengan segudang manfaat bawang hitam yang bisa Moms rasakan?

4. Manfaat Bawang Hitam untuk Penderita Diabetes

Manfaat bawang hitam untuk penyakit diabetes ternyata sangat banyak, Moms! Dilansir dari jurnal yang berjudul Physicochemical Properties, Biological Activity, Health Benefits, and General Limitations of Aged Black Garlic, manfaat bawang hitam sudah lama digunakan untuk penderita diabetes.

Disebutkan bahwa diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang sangat umum ditemui. Ketika mengalami diabetes, biasanya akan berkaitan dengan kondisi kesehatan yang lain seperti obesitas dan juga kolesterol tinggi.

Diabetes memang harus cepat ditangani, Moms. Jika tidak, penyakit ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang bisa merugikan kondisi kesehatan Moms dan keluarga.

Lalu, apa manfaat bawang hitam untuk para penderita diabetes? Seperti yang sudah diketahui, bawang hitam adalah hasil fermentasi dari bawang putih pada suhu tinggi.

Baca Juga: Ini Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah, Catat!

Sebuah studi menemukan bahwa penambahan ekstrak bawang hitam bisa membantu menurunkan gula darah. Tak hanya itu, penelitian tersebut mendapati bahwa manfaat bawang hitam sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Manfaat bawang hitam tersebut diduga karena mengandung SAC dan kandungan antioksidan yang tinggi. Ya, bawang hitam memang memiliki antioksidan tinggi dua kali lipat lebih tinggi dari bawang putih.

Adanya antioksidan pada suatu bahan makanan sendiri diduga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes dan membantu mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit tersebut.

Tak hanya itu, dari beberapa studi lainnya pun terlihat bahwa bawang hitam bisa memberikan manfaat yang signifikan untuk para penderita diabetes. Namun perlu diketahui bahwa manfaat bawang hitam tidak bisa menggantikan pengobatan yang diberikan oleh dokter ya, Moms!

Jangan lupa untuk mengubah gaya hidup dan menjalankan pola hidup sehat agar bisa mengontrol kadar gula darah dan membuatnya tetap normal.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan manfaat bawang hitam Moms?

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria, Dads Wajib Tahu!

Cara Mendapatkan Manfaat Bawang Hitam

Membeli bawang hitam mungkin akan sulit. Meski demikian, bukan berarti Moms tak bisa membuat bawang hitam sendiri di rumah hanya dengan menggunakan rice cooker lho!

Langkah pertama yang harus Moms lakukan adalah dengan memanfaatkan rice cooker. Moms bisa memasukkan bawang putih dengan jumlah yang sekiranya dibutuhkan.

Jika sudah, silakan atur rice cooker dengan setelah untuk menghangatkan ya, Moms! Ingat, bukan setelah untuk memasak.

Nah, Moms bisa mendiamkannya selama dua minggu dengan suhu hangat yang terus menyala. Setelah dua minggu, keluarkanlah bawang hitam dari rice cooker.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah, Mujarab!

Ya, membuat bawang hitam memang tak mudah karena proses fermentasinya, Moms. Meski demikian manfaat bawang hitam bisa Moms dapatkan dengan risiko efek samping yang bisa dibilang minimum.

Moms bisa menggunakan bawang hitam sama seperti Mom menggunakan bawang putih. Meski demikian, Moms perlu berhati-hati karena teknik penyimpanannya yang berbeda.

Nah jika bawang putih bisa disimpan dalam suhu ruangan, maka Moms bisa menjaga kualitas bawang hitam dengan menyimpannya di lemari es atau pada suhu yang sejuk.

Eits, tapi jangan sampai Moms menyimpannya di tempat yang lembap ya! Moms juga perlu menyimpan bawang hitam di tempat yang terpapar cahaya matahari secara langsung. Hal ini dimaksudkan agar rasa bawang hitam tak mengalami perubahan.

Nah, sekarang Moms sudah tahu manfaat bawang hitam yang sangat baik untuk tubuh bukan?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait