Tren

TREN
17 Oktober 2020

50+ Inspirasi Souvenir Pernikahan, Mulai dari yang Unik Hingga Islami

Mulai dari hand sanitizer hingga masker bisa menjadi tren souvenir pernikahan 2020
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Keluarga dan teman telah melakukan perjalanan baik jarak dekat maupun jauh untuk bergabung dengan hari spesial kalian. Dan meskipun perasaan cinta serta penghargaan tidak mungkin diucapkan dengan kata-kata.

Ada banyak baca untuk mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan salah satunya adalah dengan memberikan apa yang disebut sebagai souvenir pernikahan.

Dengan begitu banyak pilihan bagus hingga harga souvenir yang beragam, memilih souvenir pernikahan unik pun menjadi tugas yang sulit bagi para calon pasangan pengantin.

Tapi, dengan semua waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk mempersiapkan pernikahan, menemukan souvenir menjadi perkara yang seharusnya mudah dan bebas stress. Tak lupa saat memilih, ingatlah apa yang sedang menjadi tren souvenir pernikahan 2020.

Inspirasi Souvenir Pernikahan

Berikut ini adalah beberapa contoh souvenir pernikahan yang akan membuat tamu undangan berpikir dua kali untuk membuangnya, yaitu:

1. Hand Sanitizers

Souvenir Pernikahan

Hand sanitizers ini merupakan salah satu ide souvenir pernikahan unik sekaligus cocok untuk di tengah situasi pandemi COVID-19 ini. Pasangan calon pengantin bisa mencari si pembersih tangan ini dengan dipersonalisasikan pesan ataupun inisial.

2. Sabun

Souvenir Pernikahan

Sabun menjadi salah satu ide souvenir pernikahan murah sekaligus mudah serta sederhana untuk dibeli atau dibuat. Sabun yang dibuat pribadi pun dapat menyesuaikan dengan aroma yang disukai sendiri.

Selain itu, bungkus dari souvenir pernikahan unik ini bisa dibuat secara khusus dengan label nama.

3. Tote Bag

Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan murah selanjutnya yaitu tote bag.

Carilah yang terbuat dari 100% kain goni karena ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dan dapat digunakan kembali. Ini adalah satu tote bag tahan lama yang mudah dibawa ke manapun terutama dibutuhkan ketika pandemi.

4. Succulents

Souvenir Pernikahan

Tidak ada yang lebih manis dari tumbuhan mungil yang dimasukkan ke dalam wadah mini. Para tamu dapat memajangnya di rumah atau di meja kantor.

Hitched menuliskan ini bisa menjadi ide souvenir menarik.

Hal yang baik tentang souvenir pernikahan mini succulent adalah mereka tidak memakan terlalu banyak ruang dan menambahkan sedikit tanaman hijau ke lingkungan para tamu.

5. Lilin

Orang selalu dapat melakukannya dengan lebih banyak lilin, dan membeli lilin yang dipersonalisasi bisa menjadikannya souvenir pernikahan elegan ditambah membuatnya sendiri adalah sentuhan yang bagus.

Cobalah untuk memilih aroma yang menarik, seperti buah atau bunga favorit.

6. Rempah

Souvenir Pernikahan

Berikan starter kit herbal sebagai souvenir pada tamu agar mereka memiliki persediaan yang tiada habisnya untuk dapur. Selain unik, rempah menjadi souvenir pernikahan murah.

7. Macarons

Souvenir Pernikahan

Selain unik, harga souvenir pernikahan ini pun dapat terjangkau bila calon pengantin memesan dalam jumlah besar.

Macarons adalah makanan penutup yang cantik sehingga hanya perlu memasukkan ke dalam kotak bening, menempelkan label atau pita yang lucu dan siap meluncur sebagai souvenir yang elegan kepada para tamu undangan.

8. Pelembab bibir

Souvenir Pernikahan

Lip balm adalah salah satu item yang tidak pernah para wanita puas beli.

Bagaimanapun, mereka sangat kompak sehingga dapat memasukkan satu ke dalam saku, tas, dan meja samping tempat tidur para wanita, jadi ide souvenir pernikahan 2020 ini bisa jadi solusinya.

9. Teh

Souvenir Pernikahan

Selain untuk diri sendiri, teh bisa menjadi souvenir pernikahan. Selain, harga souvenir jenis ini tentu murah, calon pengantin dapat memilih campuran teh favorit atau bahkan buat senidri khusus acara ini.

10. Kopi

Souvenir Pernikahan

Kopi sebagai souvenir pernikahan bisa menjadi ide yang menarik. Karena tidak ada yang akan menolaknya terutama bila dikemas dalam tas yang menggemaskan.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Wajib Dibicarakan Sebelum Lakukan Pernikahan Beda Budaya

11. Terarium Tanaman

Souvenir Pernikahan

Terarium tanaman bisa menjadi dekorasi yang bagus, sekaligus souvenir pernikahan yang bisa dipajang di sisi rumah mana pun.

12. Madu, Selai, atau Jeli

Souvenir Pernikahan

Botol madu, selai, atau jelly merica adalah hadiah ucapan terima kasih yang sempurna untuk tamu pernikahan. Mereka semua memiliki umur simpan yang panjang dan sangat menyenangkan hati bila dijadikan souvenir pernikahan elegan.

13. Syal

Souvenir Pernikahan

Jika di luar dingin, para wanita akan menghargai syal sederhana yang dapat mereka gunakan kembali dengan mudah pada kesempatan lain. Selain itu, syal juga bisa menjadi salah satu ide souvenir pernikahan Islami.

14. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan penting dapur, dan tamu akan menghargai souvenir pernikahan unik ini.

15. Biji Tumbuhan

Souvenir Pernikahan

Sedang menjadi tren untuk menanam tanaman, sehingga biji-bijian bisa menjadi salah satu ide souvenir pernikahan 2020. Harganya pun terjangkau juga isyarat akan ramah lingkungan.

16. Pouch

Selain tas, kain kanvas juga bisa dikaryakan menjadi tempat penyimpanan yang lebih kecil yaitu pouch. Souvenir unik ini bisa tempat penyimpanan mungil dengan retsleting bisa digunakan sebagai tempat pensil atau alat bepergian.

17. Mini Lolipop

Digemari sebagai camilan manis yang praktis, permen lolipop pun dapat terlihat cantik saat disajikan dengan apik. Moms juga dapat menyematkan berbagai pesan pada kemasannya.

18. Mug

Souvenir Pernikahan

Ada kemungkinan besar bahwa sebagian besar tamu pernikahan adalah peminum kopi, atau paling tidak minum teh, dan akan memanfaatkan mug yang dipilih sebagai souvenir pernikahan unik ini dengan baik.

19. Kipas

Souvenir pernikahan murah seperti kipas menjadi salah satu yang selalu dipilih. Utamanya, bila membeli dalam partai besar.

20. Kue

Selain murah, kue juga bisa menjadi tren souvenir pernikahan 2020, lho! Biasanya akan langsung habis dikonsumsi dalam waktu singkat.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Mengancam Pernikahan

21. Pembatas Buku

Souvenir Pernikahan

Buatlah pembatas buku sebagai souvenir pernikahan untuk teman serta keluarga yang telah menghadiri hari spesial.

22. Gelang

Gelang buatan sendiri bisa menjadi pilihan selanjutnya. Atau bila calon pengantin seorang muslim maka bisa menggunakan tasbih sebagai souvenir pernikahan Islami.

23. Kalung

Souvenir Pernikahan

Mungkin terdengar aneh, namun kalung bisa menjadi memorabilia hari besar pasangan calon pengantin sebagai souvenir pernikahan elegan.

24. Buku Mewarnai

Buku mewarnai merupakan souvenir unik dan kreatif untuk orang dewasa serta anak-anak

25. Kacamata

Souvenir Pernikahan

Jika mata seseorang tidak terlindungi, pernikahan di luar ruangan biasanya berarti banyak menyipitkan mata. Izinkan tamu undangan untuk melihat di hari besar dengan menyediakan kacamata hitam.

26. Pembuka Botol

Souvenir pernikahan murah lainnya adalah pembuka botol. Ya, siapa yang tidak membutuhkan pembuka botol di rumahnya? Souvenir unik ini tentu akan selalu dikenang ketika digunakan oleh para tamu undangan di rumah.

27. Set Pengocok Garam dan Merica

Souvenir Pernikahan

Set pengocok garam dan merica tentu akan membuat tamu undangan mengenang hari pernikahan setiap kali mereka menambahkan rasa pada hidangan.

Pengocok garam dan merica ini berfungsi dan merupakan souvenir pernikahan murah nan terjangkau. Berilah label stiker yang mudah dilepas seperti insial nama.

28. Label Tas

Buatlah souvenir pernikahan elegan yang tentunya berbeda yaitu label tas. Label tas bisa terbuat dari kulit daur ulang tentunya akan disukai oleh para tamu pernikahan. Pilih warna kulit dan stempel foil sesuai dengan tema pernikahan.

29. Tongkat Gayung Madu

Tak kalah dengan tren madu, para calon pengantin juga bisa memperhitungan tongkat gayung madu sebagai souvenir pernikahan 2020, lho!

Tongkat gayung madu terbuat dari 100% kayu alami dan aman untuk makanan. Bungkus secara individual dan tentunya hadiah ini akan berguna bagi para tamu.

30. Sendok Infuser Teh

Souvenir Pernikahan

Selain sekedar teh, sendok infuser juga bisa menjadi souvenir yang unik. Benda ini dapat ditempatkan ke kotak bening yang dihiasi pita dan siap untuk diserahkan kepada tamu undangan.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 3 Jenis Teman yang Berbahaya untuk Pernikahan

31. Sendal Jepit Kustom

Souvenir Pernikahan

Jika visi hari pernikahan diakhiri dengan bergoyang di lantai dansa, maka sandal jepit kustom ini harus dimiliki. Tamu undangan tentunya dengan senang hati akan menukar sepatu mereka dengan sandal jepit bila kelelahan di tengah acara.

32. Kaset

Souvenir Pernikahan

Apakah calon pengantin menyukai musik atau podcast? Kaset bisa menjadi salah satu souvenir pernikahan unik serta retro untuk diberikan pada tamu undangan.

33. Topi

Souvenir Pernikahan

Selain untuk aksesoris cantik, topi bisa juga menjadi ide souvenir sekaligus lucu untuk diabadikan dalam potret manis album pernikahan.

34. Foto Polaroid

Cara mudah untuk mempersonalisasi pernikahan adalah dengan menandatangani foto polaroid Moms dan pasangan.

35. Magnet Kulkas

Souvenir Pernikahan

Mengutip Here Comes The Guide, souvenir pernikahan murah seperti magnet kulkas pun bisa menjadi alternative pilihan menarik untuk para tamu. Mereka akan senang hati menaruhnya di kulkas sebagai aksesoris.

36. Korek Api

Souvenir Pernikahan

Mungkin terdengar aneh, namun korek api bisa menjadi souvenir pernikahan unik.

Menurut Brides, selain selalu berguna, kotak korek api pun bisa dipersonalisasikan dengan sentuhan elegan mulai dari kertas hingga warna cetakan agar sesuai dengan dekorasi pernikahan.

37. Masker

Souvenir Pernikahan

Jika menikah di masa COVID-19, maka masker bisa menjadi salah satu souvenir pernikahan 2020 ini serta berfungsi bagi para tamu undangan agar tetap menjaga protocol kesehatan selama acara berlangsung.

Tambahkan hashtag pernikahan atau ucapan lucu dan tanggal pernikahan ke masker untuk memperingati acara tersebut. Selain itu, fotografer dapat mengambil foto para tamu yang mengenakan masker wajah yang serasi!

38. Es Krim

Jika souvenir dibagikan saat tamu beranjak pulang, es krim adalah hadiah yang tepat.

Selain menikmati hidangan pencuci mulut di akhir acara, para tamu undangan tentu tidak bisa mengelak dari kemasan serta rasanya yang mencuri perhatian.

Cocok untuk konsep pernikahan outdoor yang kekinian bukan?

39. Permen Kapas

Biasanya permen kapas ditemukan di berbagai festival atau acara, namun menjadikannya souvenir pernikahan unik pun tak masalah.

Selain rasanya yang manis menggiurkan, tampilannya pun menggemaskan. Tentunya ini juga bisa menjadi bagian dari dekorasi pernikahan.

40. Saus atau Sambal Mini

Souvenir Pernikahan

Jika kalian berdua merupakan pasangan penggemar makanan pedas maka souvenir pernikahan berupa saus peda maupun sambal. Sajikan pilihan sambal atau saus favorit ke dalam botol kecil dan berikan kepada para tamu undangan.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Pernikahan Toxic Berikut Ini

41. Sedotan Reusable

Buah tangan pernikahan baiknya memang berguna seperti sedotan reusable yang sangat fungsional dan ramah lingkungan.

42. Saputangan

Klasik dan romantic. Dua hal ini menggambarkan sehelai sapu tangan sebagai souvenir pernikahan elegan. Calon pengantin dapat menemukan berbagai pilihan kain dan motif yang sesuai dengan tema pernikahan.

43. Buku Doa

Souvenir Pernikahan

Kumpulan doa bisa menjadi souvenir pernikahan Islami, yang tentunya akan terus dikenang. Ide souvenir ini cukup murah dan jadikan sebuah buku doa kecil.

44. Sendok Takaran

Souvenir seperti sendok takaran merupakan hal yang tak akan gagal untuk disukai oleh tamu undangan terutama para Moms karena berguna untuk mengisi dapur

45. Kartu Pos

Souvenir Pernikahan

Tema pernikahan menentukan bentuk souvenir, jika calon pengantin pecinta traveling maka berikan kartu pos!. selain alternative souvenir pernikahan murah, kartu pos tentu akan jadi pengingat manis yang tercipta di suatu tempat tertentu.

46. Diffuser Tanah Liat

Tamu undangan tentunya akan menyukai diffuser tanah liat untuk minyak esensial. Karena, mereka dapat menggantungnya di mobil, lemari dan sebagainya.

47. Alat Makan

Souvenir Pernikahan

Set alat makan seperti sendok, garpu maupun sumpit yang berbahan bambu sangatlah praktis dan estetik untuk sebuah souvenir pernikahan 2020.

48. Paket Tissue Kustom

Pastinya, sekelompok tamu undangan akan terharu dengan pernikahan kalian. Daripada meraih dan mencari-cari tissue maka taka da salahnya memberikan souvenir pernikahan berupa paket tissue kustom.

49. Kue Keberuntungan

Suvenir pernikahan kue keberuntungan adalah pilihan yang sangat terjangkau dan cara yang bagus untuk memecahkan kebekuan saat tamu pernikahan duduk.

Selain lezat, permainan meja, dan dekorasi meja, semuanya menjadi satu! Moms bahkan bisa mendapatkan yang dipersonalisasi dengan pesan sendiri di dalamnya,

50. Parasol

Souvenir Pernikahan

Real Simple memberikan ide parasol sebagai souvenir yang menyenangkan untuk pernikahan di pantai atau musim panas. Pilih salah satu yang cocok dengan palet warna pernikahan, atau padu padankan untuk tampilan yang unik.

Benda ini akan membuat tamu nyaman di tempat teduh, belum lagi mereka juga alat peraga yang menggemaskan untuk foto pernikahan.

Jika Moms berpikir mungkin akan turun hujan pada hari pernikahan, tukar payung kertas dengan payung biasa. Tamu akan berterima kasih!

Baca Juga: Hubungan Seks dalam Pernikahan dan Istirahat, Lebih Penting Mana?

51. Penutup Mata

Untuk ide mendukung pernikahan yang nakal yang menyiratkan bahwa tamu undangan akan bersenang-senang berpesta, berikan masker tidur. Kisaran harga, jadi pilihlah yang terlihat chic, terasa nyaman, dan sesuai dengan anggaran.

52. Donat

Souvenir Pernikahan

Dengan harga souvenir pernikahan yang terjangkau, donat bisa menjadi camilan larut malam yang luar biasa! Cetak label lucu dan kumpulkan donat itu dengan penuh gaya tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Baca Juga: 7 Years Itch dalam Pernikahan, Cuma Mitos atau Benar-benar Ada?

Terakhir, sebelum memilih souvenir yang sempurna yang paling penting adalah dengan menghitung anggaran, karena biaya rata-rata yang dikeluarkan yaitu sekirat Rp5 juta.

Hal ini menurut survey The Knot terhadap lebih dari 27.000 pengantin baru yang menikah pada tahun 2019.

Kemudian, pilih jenis pesta yang diinginkan yang tentunya menentukan jenis souvenir. Apakah tema pernikahan itu pedesaan, glamor, klasik, atau pantai.

Meskipun calon pengantin mungkin tergoda untuk membuat sendiri souvenir pernikahan, ketahuilah bahwa prosesnya mungkin sedikit memakan waktu, jadi pastikan memiliki waktu dan energi untuk mengumpulkannya

Moms juga dapat memesan suvenir dari pengecer, banyak di antaranya dapat dengan mudah mempersonalisasi bantuan untuk menambahkan sentuhan istimewa untuk souvenir pernikahan bagi tamu undangan.

Artikel Terkait