Home & Living

13 Agustus 2021

9+ Inspirasi Warna Pastel untuk Rumah yang Lembut dan Sedap Dipandang, Moms Wajib Tahu!

Warna-warna pastel konon memberikan kesan yang tenang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms atau Dads ingin mengubah sesuatu dalam desain interior rumah kalian? Atau mungkin sedang merencanakan renovasi? Nah, sebelum memutuskan perlu diingat warna-warna pastel adalah yang paling populer saat ini.

Interior rumah akan mendapat manfaat dari warna-warna pastel seperti pink, biru, hijau mint, dan krem netral yang dipadukan dengan aksesori yang lebih berani. Palet warna pastel juga termasuk abu-abu hangat, pasir, creme, warna kuning jernih, merah muda salmon, abu-abu merpati, dan hijau terang.

Warna pastel hanyalah nuansa cerah dari warna-warna terkenal yang telah dicampur dengan putih. Mereka dapat dicirikan oleh ketenangan dan netralitas. Tergantung pada klasifikasinya, nama-nama warna tersebut mungkin sangat berbeda.

Apa yang disebut sebagai creme mungkin disebut gading dalam pengaturan lain. Demikian pula, salmon pink kadang-kadang disebut peach pink.

Inspirasi Warna Pastel untuk Rumah

Definisi warna pastel adalah skema palet muda, polos, juga cerah, namun tetap lembut saat dipandang mata. Lalu, apa saja ide kreasi warna pastel untuk di rumah?

1. Grounded Sage

Grounded Sage

Foto: mydomaine.com

Salah satu warna pastel yang paling bersahaja, sage adalah warna yang menenangkan. Hijau pudar dengan nada kuning ini dapat membuat ruang tamu terasa mengundang dan menenangkan.

Untuk memadukan cat sage ke dalam desain ruang tamu yang mulus, padukan dengan warna alami pada furnitur rumah seperti kulit gelap, kayu hangat, dan warna putih lembut.

2. Lavender dan Biru Langit

Lavender dan Biru Langit

Foto: mydomaine.com

Lavender muda dan warna biru langit pucat memperkenalkan sisi manis selamat datang ke ruang tamu ini. Penuh dengan warna di antara dinding galeri, sandaran biru, dan dekorasi berwarna cerah, elemen kontras ini menciptakan keseluruhan yang unik dan personal.

Akar abad pertengahan dan maksimalis dari desain ini membuatnya terasa santai dan praktis tanpa kehilangan karakter.

3. Buttercream Yellow

Buttercream Yellow

Foto: mydomaine.com

Warna ruang tamu tidak harus dimulai dengan dinding. Jika Moms mendekorasi dengan warna tanah yang kaya, perkenalkan beberapa tepi dengan warna yang lebih membumi seperti kuning krim mentega ini.

Aksen yang lebih gelap pada furnitur menekankan kehangatan yang mendalam di ruangan ini, sementara aksen kuningan memecah bahan yang lebih lembut untuk menambahkan kesan mengkilap dan elegan.

Baca Juga: Memilih Warna Cat Rumah Sesuai Mood

4. Rose

Rose

Foto: mydomaine.com

Moms atau Dads pasti menyukai bagaimana seni dinding sudut dan meja kopi modern mewujudkan elemen yang lebih lembut dari ruangan ini, bermain di dinding merah muda pastel yang kaya dan sofa tebal.

Untuk menciptakan lebih dalam lagi, desainer memilih untuk bekerja dengan aksen kuningan yang menonjol di lantai kayu alami. Lanskap tekstur unik ini dipenuhi dengan proporsi indah yang menyatukan ruang dengan kepribadian.

5. Beige

Beige

Foto: mydomaine.com

Ruang tamu dengan warna pastel krem pada dinding ini difokuskan pada warna netral, memadukan warna hangat dari lantai hingga langit-langit dengan kedalaman dan ketertarikan visual.

Untuk menambahkan sedikit variasi pada aksen alami ruangan, tanaman hias yang rimbun dan butiran kayu yang hidup menghadirkan tekstur pada ruang yang menenangkan. Dengan skema warna yang sederhana dan getaran yang menenangkan, ruang tamu ini terasa seperti sarang yang bisa kita habiskan seumur hidup.

6. Mint

Mint

Foto: mydomaine.com

Ruang tamu ini menjadi wadah yang kuat untuk tampil maksimal dengan warna favorit. Perapian dengan blok warna menghadirkan warna hijau yang lebih dalam untuk kontras dengan dinding atas pastel mint, dan berbagai furnitur menghadirkan karakter boho yang unik.

Dipadukan dengan pola cerah di karpet dan bantal lantai, warna-warna lembut ini berpadu dengan berbagai dekorasi.

Baca Juga: 6 Tren Warna Cat Pastel untuk Mencerahkan Rumah

7. Soft Pistachio

Soft Pistachio

Foto: mydomaine.com

Jika putih mencolok terasa seperti kontras yang intens di ruang tamu yang bernuansa hangat, pilihlah warna pastel yang bagus yang tetap menghadirkan kontras tanpa terasa menggelegar. Kami menyukai nada pistachio yang nyaris tidak ada di dinding ini dengan warna oranye yang terbakar di karpet.

Ditata dengan keranjang anyaman alami dan dekorasi minimal, sedikit warna pada cat ruang tamu ini cukup menambah palet untuk membuat semuanya terasa segar.

8. Ivory Peach

Ivory Peach

Foto: mydomaine.com

Dinding gading-persik ini halus, lembut, dan elegan. Hasil akhir yang dipoles pada ruangan ini memberikan kesan tradisional, tetapi dua aksen hijau yang diredam kontras dengan nada netralnya.

Tekstur ada di mana-mana: Dari perapian tiga tingkat hingga kursi beludru, ottoman berlapis kain, dan permadani bermotif, ruang tamu ini dinamis dari lantai hingga langit-langit.

9. Airy Blue

Airy Blue

Foto: mydomaine.com

Untuk menggabungkan nada lembut dengan pernyataan besar, cat dinding dan rapikan dengan warna yang sama. Warna biru ini menghadirkan getaran yang terinspirasi dari laut yang terasa menenangkan pada pandangan pertama.

Dengan nuansa biru yang lebih gelap pada aksen dekorasi ruang tamu, rona cerah yang ditemukan pada bunga kuning dan bantal lempar menambah kedalaman ruang sekaligus melengkapi tema warnanya yang sejuk.

10. Pink

pink

Foto: mydomaine.com

Merah muda adalah bahan pokok dalam hal pastel, dan ruang tamu ini melakukannya dengan tepat: Dinding cerah hanya dengan sedikit warna di nadanya membuat ruang terasa hangat dengan furnitur dan dekorasi putih.

Saat ditata dengan trim jendela hitam tebal dan sandaran kulit berlapis kain, dinding yang sedikit merah muda ini menambah kedalaman ruang untuk hasil akhir yang lembut.

Baca Juga: Bingung Pilih Warna untuk Kamar? Ini 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Bagus untuk Kesehatan

Tips Menggunakan Warna Pastel dalam Rumah

warna cat pastel

Foto: Orami Photo Stock

Setelah menentukan warna pastel untuk ruang tamu, berikut ini beberapa tips menggunakan warna pastel dalam rumah:

1. Tentukan Arah

Memilih warna pastel ke dalam rumah dalam dekorasi bukanlah satu ukuran untuk semua. Jika, mencari nuansa yang lebih seperti cottage, maka memadukan berbagai warna pastel dalam satu ruangan adalah pilihan yang bagus.

Namun, untuk sesuatu yang lebih tradisional, pilih untuk tetap dalam satu warna dan variasikan nadanya. Jika Moms menginginkan suasana santai, cat barang-barang yang lebih besar seperti furnitur atau dinding aksen dengan warna pastel . Membuat keputusan desain ini akan membantu menginformasikan pembelian cat warna pastel di rumah.

2. Padukan dengan Warna Berani

Dengan mendekorasi, terkadang kita terjebak dalam pola pikir "semua atau tidak sama sekali", seperti dalam "Saya akan mengubah seluruh ruangan ini menjadi pastel!" Untungnya, tren itu telah lama berlalu, dan menggunakan berbagai nada dan corak untuk mendekorasi satu ruangan adalah teknik dekorasi yang umum.

Jika Moms ingin memasukkan warna pastel untuk musim ini tetapi tidak ingin ruangan terasa terlalu lapang atau sakarin, coba padukan pastel dengan warna-warna berani dalam satu keluarga.

Baca Juga: Biar Beruntung, Yuk Intip Panduan Warna Cat Dinding Berdasarkan Shio di Tahun Babi Tanah

3. Tambahkan Bahan Alami

Jika biasanya menjauhi pastel karena terasa terlalu feminin, pertimbangkan untuk mencampur pastel dengan bahan-bahan alami untuk membumikan. Karpet berwarna krem ​​atau wol/rami adalah cara sederhana untuk memadukan aksen pastel dengan fondasi yang kokoh di kamar Anda.

Jika Moms atau Dads lebih suka menggunakan pastel dalam pola yang menyenangkan di lantai, maka pilihlah furnitur kayu alami dan penutup sofa atau kursi sebagai unsur alam. Untuk tampilan yang berani di ruang mana pun, lampu pernyataan dari bahan alami akan melengkapi dekorasi pastel.

4. Hadirkan Aksen Hitam

Menambahkan warna hitam ketika tujuan adalah untuk mendekorasi dengan pastel mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi beberapa nada gelap ini akan membantu membumikan pastel dan membuat ruangan terasa lebih canggih. Aksen hitam juga akan memberikan tempat yang netral bagi mata tamu untuk beristirahat.

Salah satu cara mudah dan murah untuk menambahkan warna hitam adalah melalui satu atau dua bantal. Memilih sesuatu dengan sedikit pola dapat membuat warna hitam terasa cukup ringan untuk menyatu dengan pastel di sekitarnya.

Meja ujung hitam adalah cara yang bagus untuk membumikan ruang a sambil juga menonjolkan gaya yang pilih untuk ruangan itu.

Itu dia beberapa ide warna pastel untuk ruang tamu serta tips yang bisa Moms dan Dads coba aplikasikan di rumah, selamat mencoba!

  • https://www.popsugar.co.uk/fashion/pastel-fashion-trend-2021-48132768
  • https://findwords.info/term/pastel
  • https://www.merriam-webster.com/dictionary/pastel
  • https://www.housebeautiful.com/uk/decorate/looks/how-to/a1704/how-to-use-pastel-colours-home/
  • https://www.mymove.com/home-inspiration/decoration-design-ideas/colorful-ways-to-use-pastels-in-your-modern-interiors/
  • https://www.livspace.com/in/magazine/decor-pastel-colors
  • https://www.thespruce.com/bedroom-color-ideas-using-pastels-350600
  • https://963kklz.com/2021/04/19/5-tips-for-using-this-pastel-palette-in-your-home-this-spring/
  • https://www.elledecor.com/design-decorate/color/g30778081/pastel-rooms/
  • https://decoholic.org/pastel-bedroom-designs/
  • https://www.idealhome.co.uk/all-rooms-ideas/pastel-colour-schemes-10-of-the-best-89195
  • https://www.ofdesign.net/interior-design/pastel-bedroom-colors-20-ideas-for-color-schemes-1711
  • https://www.apartmenttherapy.com/pastel-bedrooms-36783904
  • https://treehouse.co/us/blog/pastel-colors-in-interior-design-most-gorgeous-2021-trends.html
  • https://www.architectureartdesigns.com/15-magnificent-pastel-living-room-designs-that-will-catch-your-eye/
  • https://www.mydomaine.com/pastel-living-room
  • https://www.veranda.com/decorating-ideas/g32302435/pastel-rooms/?slide=3
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait