Program Hamil

PROGRAM HAMIL
11 Februari 2021

IVF Centre RS Pondok Indah Tawarkan Program Bayi Tabung Berbasis Teknologi Modern

IVF Centre RS Pondok Indah berbasis one stop fertility clinic.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memiliki buah hati tentu diinginkan oleh sebagian pasangan suami istri. Namun, tak semua pasangan memiliki peluang yang sama.

Menurut Jurnal Kesehatan Mercusuar, tingkat infertilitas di Indonesia saat ini adalah 10-15 persen dari 40 juta pasangan usia subur yang mengalami masalah dalam kesuburan.

Infertilitas atau masalah kesuburan baik pada pria ataupun wanita dapat disebabkan dari berbagai faktor.

Namun, berkat kemajuan teknologi, infertilitas ini dapat diatasi untuk tetap bisa memiliki buah hati bagi pasangan suami istri.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan teknologi In vitro Fertilization (IVF) atau biasa yang kita kenal sebagai bayi tabung.

“Setiap tahun sekitar 1000 pasien ingin melakukan program IVF di rumah sakit untuk program kehamilan yang dinilai paling efektif saat ini,” jelas dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, M.Sc, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi RS Pondok Indah - Pondok Indah pada Konferensi Pers "RS Pondok Indah IVF Centre" pada Kamis, 4 Februari 2021.

Bagi Moms yang ada rencana untuk melakukan program IVF, wajib ketahui salah satu layanan kesehatan IVF terbaik di Jakarta berikut ini.

IVF Centre – RS Pondok Indah

Ruang Operasi - IVF Center 2.png

Foto: Dok. RSPI-Pondok Indah

Program IVF Centre adalah suatu teknologi reproduksi berbantu untuk mempertemukan sel telur dan sperma, sehingga terjadi pembuahan di luar tubuh.

RS Pondok Indah adalah rumah sakit terakreditasi nasional dan Joint Commission International (JCI).

Di tahun 2021, ia menghadirkan harapan baru untuk memiliki buah hati dengan hadirnya IVF Centre. Ini merupakan satu-satunya klinik IVF berbasis teknologi modern di Jakarta Selatan.

Dengan mengedepankan one stop fertility clinic, IVF Centre didukung oleh para dokter terakreditasi di bidangnya.

Seperti dokter spesialis obstetrik dan ginekologi (kebidanan dan kandungan) serta konsultan fertilitas dan endokrinologi reproduksi.

Baca Juga: 10 Penyebab Anovulasi (Tubuh Tidak Melepaskan Sel Telur) dan Cara Mengatasinya

Menariknya dan yang membedakan dengan program IVF lainnya, di RS Pondok Indah IVF Centre, proses pembuahan dipantau dengan teknologi Time Lapse Incubator, yaitu alat inkubator terkini memberikan gambaran perkembangan embrio setiap 5 menit menggunakan kamera.

Sehingga ini mencegah risiko menempatkan embrio pada lingkungan yang tidak stabil.

Selain program IVF, terdapat juga layanan inseminasi buatan, kondisi gangguan sperma, dan berbagai solusi gangguan kesuburan baik pada pria ataupun wanita.

Ini berlokasi di lantai 6 RS Pondok Indah IVF Centre, serta memiliki elevator langsung untuk ke lantai khusus IVF Centre.

Baca Juga: Seperti Apa Risiko Kehamilan Kembar dan Cara Memiliki Kehamilan Sehat?

Program IVF Dengan Teknologi Modern

Time Lapse Incubator.png

Foto: Dok. RSPI-Pondok Indah

“RS Pondok Indah IVF Centre ditenagai teknologi modern yang cukup lengkap dalam mendukung program bayi tabung untuk mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi,” jelas Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG-KFER, MPH, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi RS Pondok Indah IVF Centre.

Teknologi yang dipakai dalam IVF Centre RS Pondok Indah di antaranya sebagai berikut:

  • Intracytoplasmatic morphologically-selected sperm injection (IMSI), yakni untuk pemilihan sel sperma terbaik melalui pembesaran hingga 6.000 kali.
  • Timelapse Incubator, yaitu tempat pemantauan perkembangan embrio selama 24 jam melalui kamera.
  • Pre-implantation Genetic Testing (PGT), untuk mendeteksi kelainan genetik sebelum embrio ditransfer ke rahim.
  • Laser Hatching, teknologi laser terkini yang membantu penipisan dinding sel embrio untuk meningkatkan peluang embrio menempel di dinding rahim (implantasi).
  • Oocyte Imaging System, lensa khusus yang digunakan untuk melihat kematangan sel telur (oosit) berdasarkan susunan benang spindle (benang pembelahan) sehingga memungkinkan pemilihan sel telur terbaik yang digunakan dalam proses pembuahan.

Teknologi yang dikembangkan ini bertujuan untuk menambah tingkat keberhasilan program bayi tabung dan menjaga sterilisasi ruangan.

Jenis Layanan di IVF Centre RS Pondok Indah

Lab IVF Center.png

Foto: Dok. RSPI-Pondok Indah

“Bayi tabung atau IVF adalah metode reproduksi untuk mempertemukan sel telur dan sperma di luar tubuh manusia. Tingkat keberhasilannya mencapai 30-40 persen,” tambah dr. Yassin.

Menurut studi dalam Fertility and Sterility, IVF adalah program kehamilan yang memiliki tingkat keberhasilan cukup tinggi dibandingkan program kehamilan buatan lainnya.

Jadi tak perlu ragu untuk mencoba program bayi tabung ini ya, Moms.

Sebelum itu, mari ketahui jenis layanan yang tersedia di IVF Centre RS Pondok Indah, seperti berikut ini:

Baca Juga: Program Hamil Anak Perempuan, Ini Suplemen dan Rincian Biayanya

1. Screening Infertilitas

Kesehatan dan umur berpengaruh pada peluang kehamilan.jpeg

Foto: Orami Photo Stocks

Tindakan ini digunakan untuk mencari tahu penyebab ketidaksuburan yang dialami pasangan dengan melakukan pemeriksaan, sebagai berikut:

  • USG Transvaginal, pemeriksaan alat kelamin wanita melalui ultrasonografi untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab ketidaksuburan yang terjadi.
  • Analisis Sperma, pemeriksaan yang dilakukan untuk mengevaluasi kualitas sel sperma pada pria, baik dari segi bentuk, jumlah, dan gerakan.
  • Histerosalpingografi pemeriksaan untuk memvisualisasi dan mendeteksi kelainan pada rahim dan saluran telur pada wanita yang dapat menyebabkan ketidaksuburan.
  • Kadar hormon dalam darah, penilaian kadar hormon dalam darah digunakan untuk menilai fungsi ovulasi.

2. Office Hysteroscopy

Prosedur yang dilakukan untuk mendeteksi kelainan pada rahim yang berpotensi menjadi penyebab ketidaksuburan dengan menggunakan teleskop kecil (histeroskop) tanpa sayatan.

3. Intra-Uterine Insemination (IUI)

Pemeriksaan kehamilan normal.jpeg

Foto: Orami Photo Stocks

Pelayanan gangguan kesuburan dengan cara memasukkan sperma ke dalam rongga rahim wanita untuk memfasilitasi pembuahan.

4. In Vitro Fertilization (IVF)

Menggunakan teknologi reproduksi berbantu untuk mempertemukan sel telur matang dari seorang wanita dengan sperma pria yang telah dipersiapkan untuk pembuahan di luar tubuh.

Embrio yang telah terbentuk pasca pembuahan akan dimasukkan kembali ke rahim ibu untuk berkembang seperti kehamilan pada umumnya.

Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil, Kurangi Yuk Moms

5. MESA, TESA, PESA, & TESE

penyebab-sperma-tidak-masuk-ke-indung-telur.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Ini merupakan teknik pengambilan sperma dari pria yang mengalami gangguan reproduksi atau sumbatan pada saluran sperma.

Tindakan ini bersifat minimal invasive sehingga rasa nyeri sangat minimal dan recovery pascaoperasi menjadi lebih singkat.

6. Frozen Embrio

Penyimpanan sperma, sel telur, atau embrio dengan menggunakan teknik vitrifikasi pada suhu sangat rendah (-196) derajat Celsius.

Melalui teknik penyimpanan ini, sel sperma, telur, atau embrio dapat bertahan dalam jangka waktu lama dan dapat digunakan sewaktu-waktu apabila diperlukan.

7. Laparoskopi

jenis-operasi-caesar.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Laparoskopi adalah tindakan untuk membantu visualisasi rongga perut dan ovarium menggunakan alat sejenis teleskop dan sistem serat optik.

Tindakan bedah ini juga memungkinkan para dokter untuk melakukan pembedahan terkait kelainan yang menyebabkan infertilitas, seperti mioma, kista, dan sebagainya.

Baca Juga: Selain Makan Sehat, 5 Hal Ini Memaksimalkan Kualitas Sperma

8. Konseling Program IVF

Ini menjadi salah satu layanan yang paling menunjang keberhasilan program bayi tabung.

"Tingkat stres pasangan cukup tinggi terjadi pada proses pengambilan sel telur, penanaman embrio dan menunggu hasil," jelas Prof. Budi.

Oleh sebab itu, IVF Centre RS Pondok Indah memberikan layanan konseling dengan dokter ahli dalam membantu menjawab setiap pertanyaan dan dukungan psikologis pasien dalam program kehamilan IVF.

Fasilitas IVF Centre RS Pondok Indah

Fasilitas RSPI IVF Center.png

Foto: Dok. RSPI-Pondok Indah

Selain dukungan teknologi berbantu untuk keberhasilan program bayi tabung, RS Pondok Indah juga mengutamakan kenyamanan pasien selama di klinik.

Fasilitas yang disediakan di IVF Centre RS Pondok Indah antara lain sebagai berikut:

  • Ruang Tunggu, kenyamanan dan keamanan pengunjung diutamakan. Disediakan hand sanitizer dan penataan tempat duduk yang sesuai dengan protokol kesehatan.
  • Ruang Konsultasi, tempat pasien dan dokter spesialis bertemu untuk konsultasi dalam memulai program bayi tabung.
  • Embryology Lab, tersedia berbagai teknologi yang mendukung proses in vitro fertilization seperti timelapse incubator, single incubator dan lain-lain.
  • Ruang Operasi, ruangan rutin disterilisasi dengan disinfektan dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) oleh para dokter spesialis.
  • Ruang Fantasy, ruangan privat pasien untuk relaksasi atau menenangkan diri.

Baca Juga: 4 Inseminasi Buatan Untuk Membantu Cepat Hamil

Umumnya, semakin muda usia Moms untuk melakukan program IVF, akan semakin tinggi tingkat keberhasilannya.

Jadi tak perlu ragu untuk datang ke IVF Centre RS Pondok Indah ya, Moms. Protokol kesehatan yang ketat menjamin kenyamanan pasien selama melakukan tindakan.

Semoga keinginan untuk segera memiliki buah hati berhasil, ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait