Rupa-rupa

6 Juni 2021

Ini Perbedaan Jacuzzi, Whirlpool, Hot Tub Yang Wajib Moms Tahu!

Meski sama-sama mandi air hangat, tapi ketiganya berbeda lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sedang merencanakan liburan bersama keluarga? Saat memilih akomodasi liburan yang mewah seperti di hotel atau bahkan kapal pesiar, Moms pasti akan mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan. Salah satu akomodasi mewah yang biasanya ditawarkan ini adalah jacuzzi, whirlpool, hot tub. Namun, apakah Moms sudah paham beda ketiganya?

Meskipun sama-sama untuk berendam dan relaksasi, alangkah lebih baik Moms memahami pengertian jacuzzi, whirlpool, hot tub dan perbedaan ketiganya. Mereka juga seringkali tertukar atau bahkan dianggap sama saja.

Perbedaan Jacuzzi, Whirlpool, Hot Tub

Untuk mengetahui perbedaan jacuzzi, whirlpool, hot tub, maka Moms harus menyimak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 19 Manfaat Sauna untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Tingkatkan Kebahagiaan!

1. Hot Tub

hot tub

Foto: cedartubs.com

Pertama yang dibahas adalah hot tub dulu. Tahukah Moms bahwa istilah hot tub sebenarnya mengarah pada bak mandi kayu berbentuk tong yang populer pada akhir 1960-an?

Bak itu kemudian diisi dengan air hangat yang temperaturnya dipertahankan oleh material kayunya. Dengan begitu, kehangatannya akan menimbulkan efek relaksasi yang menenangkan untuk mereka yang sedang menggunakan fasilitas ini.

Hot tub kemudian menjadi salah satu tren untuk bersosialisasi, karena digunakan untuk berendam santai sambil mengobrol bersama teman-teman. Dalam satu hot tub biasanya memiliki kapasitas sekitar 4 hingga 11 orang dewasa, tergantung ukurannya.

2. Whirlpool

whirlpool

Foto: immo-magazin.de

Seiring berkembangnya teknologi, produsen hot tub mulai membuat bak mandi dengan bahan kaca fiber atau termoplastik karena ternyata bahan ini memiliki ongkos produksi yang lebih murah. Bak mandi ini biasanya ditanam dalam tanah dan disebut spa.

Lalu sebuah perusahaan pompa asal Amerika Serikat bernama Jacuzzi mengenalkan spa yang dilengkapi dengan jet. Bak ini memiliki lubang-lubang kecil yang terus mengalirkan air dengan tekanan tertentu dan pompanya memungkinkan air ini agar tetap hangat dan tersaring.

Tidak hanya menimbulkan efek rileks, jet pada spa tersebut diyakini mampu menyembuhkan nyeri otot dan persendian hingga memperlancar aliran darah.

Produk itu diberi nama Jacuzzi Whirlpool Bath dan populer pada 1980-an sebagai fasilitas hotel yang mewah.

Sejak saat itu, spa yang dilengkapi dengan pompa jet akrab disebut dengan whirpool.

3. Jacuzzi

jacuzzi

Foto: kolambali.com

Sebenarnya Jacuzzi adalah brand yang pertama kali mengenal whirlpool, dan kebanyakan orang salah kaprah dengan menyebutnya sebagai Jacuzzi. Padahal kini, sudah banyak produsen whirlpool selain Jacuzzi.

Jadi Jacuzzi adalah sebuah brand, dan karena terlalu populer, maka orang-orang mengasosiasikan semua produk sejenis ini dengan nama Jacuzzi.

Itulah pengertian jacuzzi, whirlpool, hot tub yang Moms perlu tahu, jadi kini Moms sudah lebih paham.

Baca Juga: Sauna Bisa Mengurangi Risiko Demensia? Ini Pendapat Ahli

Kini Sudah Ada Whirlpool Portable

Kini Moms sudah paham perbedaan jacuzzi, whirlpool, hot tub sehingga tak akan tertukar dalam penyebutannya.

Whirlpool memang identik dengan harganya yang mahal dan sebagai salah satu fasilitas mewah di hotel atau kapal pesiar dan pembuatannya cukup sulit.

Namun jangan salah, sekarang ini Moms bisa menikmati kenyamanan whirlpool tanpa repot pergi ke hotel. Berkat perkembangan teknologi, kini Moms dapat menikmati whirlpool portable yang bisa dibawa kemana saja.

Harganya juga lebih murah dan sifatnya yang bisa dibawa kemanapun membuatnya banyak diminati oleh orang-orang. Hebatnya lagi, memiliki whirlpool portable juga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat berendam di jacuzzi, whirlpool, hot tub yang Moms wajib tahu:

  • Membantu menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.
  • Memperlancar aliran darah, dan.
  • Menyembuhkan penyakit sendi.

Meskipun harganya jauh lebih murah daripada whirlpool biasanya, produk ini tahan lama karena dibuat dari bahan berkualitas dan juga mudah dirawat.

Untuk kisaran harga, jacuzzi portable dapat Moms temukan di pasaran dengan harga antara Rp 7 juta hingga Rp 15 juta.

Sementara itu, bak mandi air panas jenis whirlpool dapat Moms temukan di pasaran dengan harga antara Rp 8 juta hingga Rp 30 juta.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Berendam di Jacuzzi, Whirlpool, Hot Tub Akan Membawa Manfaat

manfaat berendam

Foto: brilio.net

Ritual terapi budaya mandi di Jepang melibatkan lebih dari sekedar membersihkan diri dari kotoran fisik.

Dari "onsens", atau mata air panas alami, hingga sento (pemandian umum) dan furos (pemandian pribadi), berendam di air hangat penyembuhan ini adalah cara untuk memurnikan kotoran spiritual sehari-hari.

Dr. Bobby Buka, dokter kulit yang berbasis di New York menyebutkan bahwa kulit akan melepaskan endorfin sebagai respons terhadap air hangat yang menenangkan dengan cara yang sama seperti endorfin dilepaskan saat Moms merasakan sinar matahari di kulit.

Bobby juga menjelaskan bahwa merendam diri dalam air panas dapat menjadi terapi dan menyegarkan karena aliran darah meningkat ke kulit.

Mengutip Journal of Applied Physiology, mandi air hangat juga bisa meningkatkan pernapasan. Suhu air dan tekanan di dada meningkatkan kapasitas paru-paru dan asupan oksigen.

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pemanasan pasif, seperti menghabiskan waktu di sauna, juga dapat mengurangi risiko serangan jantung, meningkatkan kontrol gula darah, dan bahkan membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam satu studi dari Journal of Temperature, para peneliti mengumpulkan data dari 14 peserta dan menemukan bahwa berendam dalam mandi air panas selama satu jam membakar kalori (sekitar 140) sebanyak 30 menit berjalan kaki. Ini karena air hangat membuat jantung Moms berdetak lebih cepat, memberikan olahraga yang sehat.

Mereka juga menemukan respons positif anti-inflamasi dan gula darah yang dapat melindungi dari penyakit dan infeksi.

Mandi air panas selama satu jam dapat membantu lewat beberapa hal, seperti:

Baca Juga: 3 Alasan Ibu Hamil Mengelus Perutnya, Bisa Membuat Rileks Juga

Berendam Juga Bisa Menghilangkan Nyeri

Jangan lupa tentang manfaat terbaik di jacuzzi, whirlpool, hot tub, yakni mengurangi nyeri.

Mandi di sento adalah pengalaman budaya dan komunal yang unik di Jepang. Mereka mengklaim bahwa air panas dari mata air alami mereka dapat meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan sistem saraf, dan membantu menghilangkan rasa sakit yang hebat.

Meskipun mata air panas tidak tersedia di banyak negara, penelitian menunjukkan bahwa Moms dapat memperoleh manfaat serupa dengan berendam di jacuzzi, whirlpool, hot tub, bak mandi air panas atau mengunjungi sauna.

Dr. Mark Khorsandi, seorang ahli bedah migrain di Houston, Texas menyebutkan bahwa stres menyebabkan otot-otot tubuh berkontraksi. Untungnya, mandi air panas ini dapat meredakan gejala tersebut dan menjaga otot tetap kendur.

Meregangkan dan bergerak di air juga memberikan latihan berdampak rendah untuk ketidaknyamanan pada otot, persendian, dan tulang.

Banyak orang yang menderita penyakit kronis melaporkan perasaan depresi dan putus asa. Mark Khorsandi juga mengatakan mandi air panas dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan fisik, dan dapat meredakan perasaan sedih yang terkait dengan nyeri kronis.

Praktikan Mindfulness dengan Menambahkan Garam Epsom

garam epsom

Foto: healthline.com

Perendaman dalam sento memiliki kualitas restoratif dan kuratif emosional yang membantu menghilangkan kotoran dari pikiran, tubuh, dan jiwa. Mandi air panas secara teratur bahkan mampu membantu meringankan ketidaknyamanan akibat gangguan autoimun.

Melalui trial and error, ditemukan bahwa melakukan yoga yang lembut dan berendam dalam pemandian mingguan mengurangi rasa sakit yang terus-menerus di persendian dan otot akibat penyakit autoimun.

Setelah mengisi bak mandi dengan garam Epsom, letakkan handphone dan putarkan rekaman meditasi terpandu. Berendam dalam garam Epsom terlarut ini dapat membantu mengatasi nyeri otot dan stres, memungkinkan relaksasi yang lebih besar.

Memperhatikan lebih dekat sensasi di tubuhnya telah membantu banyak orang yang sakit untuk merasa lebih hadir, terlepas dari penyakitnya.

Jika Moms memiliki masalah penyakit, Moms akan melihat perubahan signifikan pada kesehatan fisik dan emosional. Mandi restoratif seperti onsen, sento, dan furo involves mengubah baik pikiran dan jiwa untuk memiliki pengalaman yang lebih dalam dan lebih bermakna.

Baca Juga: Mandi Air Hangat Bisa Merusak Kulit, Mitos atau Fakta?

Untuk Sensasi Menyenangkan, Tambahkan Minyak Lavender

Minyak lavender sering digunakan saat mandi jacuzzi, whirlpool, hot tub atau sauna untuk penyembuhan pasca episiotomi, fisura anus, dan bahkan wasir. Di luar kekuatan penyembuhan kulitnya, lavender juga memiliki efek anti-kecemasan dan mengurangi gejala emosional pramenstruasi.

Ada banyak penelitian sekarang yang menunjukkan bahwa minyak esensial dapat memengaruhi kewaspadaan, gairah, dan suasana hati melalui stimulasi saraf penciuman.

Ahli aromaterapi mungkin merekomendasikan mandi minyak esensial untuk membantu tidur, meningkatkan relaksasi, mengelola stres, dan mengangkat suasana hati.

Campur minyak lavender dengan pengemulsi sebelum menambahkannya ke air mandi. Mosm juga direkomendasikan untuk mencampurkan empat hingga enam tetes minyak ke dalam satu sendok makan susu murni, krim atau madu, lalu menambahkannya ke bak mandi.

Itulah pengertian dan perbedaan mengenai jacuzzi, whirlpool, hot tub serta manfaat dan cara menyenangkan menggunakannya. Selamat mencoba ya Moms!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/2112126/
  • https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23328940.2017.1288688?journalCode=ktmp20
  • https://kumparan.com/kumparantravel/sama-sama-kolam-apa-perbedaan-jacuzzi-whirlpool-dan-hot-tub/full
  • https://www.99.co/blog/indonesia/jacuzzi-hot-tub-whirlpool/
  • https://www.healthline.com/health/chronic-pain/hot-bath-benefits-sento-furo-japanese-bathing#Improve-mindfulness-with-an-Epsom-salt-bath
  • https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/features/take-a-healing-bath
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait