Bayi

BAYI
27 Agustus 2020

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan, Catat ya Moms!

Perkembangannya yang cukup signifikan pun akan berpengaruh pada jadwal makan bayi 10 bulan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjadwalkan rutinitas dengan bayi 10 bulan merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh Moms dan Dads. Lewat rutinitas jadwal SI Kecil akan belajar membaca isyarat bayi untuk mengembangkan pola makan, tidur, dan bermain yang memenuhi kebutuhannya dan bekerja untuk keluarga kalian.

Jadwal makan bayi 10 bulan yang sudah mulai berkembang motoriknya tentu akan sangat menantang. Karena, Si Kecil tengah menikmati kebebasan baru dengan merangkak di sekitar rumah, berjalan dengan dukungan, hingga menjelajah berbagai hal.

Tentunya, makanan dalam perkembangan bayi 10 bulan ini adalah terbiasa dengan berbagai macam makanan padat. Walaupun begitu, Moms baiknya tetap tidak menambahkan gula atau garam langsung ke makanan atau air rebusan makanannya.

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Ide makanan secara bertahap dapat menjadi lebih bervariasi saat bayi 10 bulan mencoba dan menyukai makanan baru. Nah, berikut ini contoh jadwal makan bayi 10 bulan yang bisa Moms coba:

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan: Pagi Hari

  • Sarapan 2-4 Sendok Sereal atau Makanan 4 Bintang
  • Buah atau sayur 1
  • ASI atau formula 6 - 8 ons
  • Morning Snack Bread atau kerupuk 1 - 2 potong
  • Yogurt, keju, atau telur tumbuk setengah porsi

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan: Siang Hari

  • Ayam atau sumber protein 1-2 sendok makan
  • Sayuran 1 porsi
  • Jus buah atau sup setengah cangkir

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan: Sore Hari

  • Snack Buah, atau sayuran

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan: Malam Hari

  • Roti, biji-bijian, nasi, mie atau pasta 1 porsi
  • Sumber protein seperti tahu 1 porsi
  • Buah atau sayur 1 porsi
  • Sebelum Tidur ASI atau formula 1 porsi

Baca Juga: Perkembangan Bayi 10 Bulan dan Stimulasinya

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan Menurut American Academy of Pediatrics (AAP)

jadwal makan bayi 10 bulan versi aap

Foto: Orami Photo Stock

Mulailah dan akhiri hari dengan menyusui untuk ikatan yang sehat dan nutrisi tambahan untuk bayi. Sementara itu, contoh lain dari jadwal makan bayi 10 bulan sebagaimana dilansir dari American Academy of Pediatrics (AAP), yaitu:

1 cangkir = 8 ons (240 mL)

4 ons = 120 mL

6 ons = 180 mL

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan: Sarapan

  • ¼ - ½ cangkir sereal atau telur tumbuk
  • ¼ - ½ cangkir buah, potong dadu (jika anak anda makan sendiri)
  • 4–6 oz. susu formula atau ASI

Snack:

  • 4–6 oz. ASI atau susu formula atau air
  • ¼ cangkir keju potong dadu atau sayuran matang

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan: Makan Siang

  • ¼ - ½ cangkir yogurt atau keju cottage atau daging
  • ¼ - ½ cangkir sayuran kuning atau oranye
  • 4–6 oz. susu formula atau ASI

Camilan:

  • 1 biskuit atau kerupuk yang sedang tumbuh gigi
  • ¼ cangkir yogurt atau potong dadu (jika anak makan sendiri) buah

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan: Makan Malam

  • ¼ cangkir ayam, daging, atau tahu yang dipotong dadu
  • ¼ - ½ cangkir sayuran hijau
  • ¼ mie gelas, pasta, nasi, atau kentang
  • ¼ cangkir buah
  • 4–6 oz. susu formula atau ASI

Sebelum waktu tidur:

  • 6–8 oz. susu formula atau ASI atau air (Jika susu formula atau ASI, ikuti dengan air atau sikat gigi sesudahnya).

Baca Juga: Jadwal Makan Bayi 8 Bulan dan Porsi Tepatnya

Jadwal Makan Bayi 10 Bulan Ikatan Dokter Indonesia (IDAI)

jadwal makan bayi 10 bulan versi idai

Foto: Orami Photo Stock

Contoh jadwal makan lain menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI):

06.00 ASI

08.00 Makan pagi (MPASI makanan keluarga)

10.00 Makanan selingan

12.00 Makan siang (MPASI makanan keluarga)

14.00 ASI

16.00 Makanan selingan

18.00 Makan malam (MPASI makanan keluarga)

21.00 ASI

(02.00 ASI bila perlu)

Jadwal makan bayi 10 bulan ini mungkin terlihat sedikit berbeda untuk Moms, namun tidak apa-apa. Jangan terlalu fokus pada jumlah waktu tertentu.

Si Kecil kini bisa makan setengah cangkir tiga sampai empat kali sehari, ditambah camilan sehat. Sekarang Moms bisa mulai memotong makanan lunak menjadi potongan-potongan kecil alih-alih menumbuknya.

Si Kecil bahkan mungkin mulai makan makanan sendiri dengan jari-jarinya. Lanjutkan menyusui setiap kali Si Kecil inginkan.

Porsi Makan Bayi 10 Bulan

jadwal makan bayi 10 bulan: porsi

Foto: Orami Photo Stock

Saat Si Kecil menginjak 10 bulan maka ia membutuhkan sekitar 750 hingga 900 kalori setiap hari, dengan sekitar setengahnya berasal dari ASI atau susu formula dan sisanya dari makanan padat.

Porsi makan bayi 10 bulan menurut whattoexpect yaitu Si Kecil harus makan ¼ sampai ½ cangkir biji-bijian, buah dan sayuran, ¼ sampai ½ cangkir makanan olahan susu, dan ¼ sampai ½ cangkir makanan berprotein per hari. Moms masih bisa menawarkan 24 sampai 30 ons sehari ASI atau susu formula juga.

Kemudian, berdasarkan artikel keluaran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), porsi makan bayi 10 bulan yaitu setengah mangkok ukuran 250 ml dengan tekstur minced (cincang halus), chopped (cincang kasar), dan finger food yang berikan sebanyak 3-4 kali makan besar dan 1-2 kali makan selingan.

Bila beracuan dengan hal tersebut, maka Si Kecil dapat merapatkan bibir ketika disuapi untuk membersihkan sisa makanan di sendok, dan Si Kecil dapat menggigit makanan dengan tekstur lebih keras, sejalan dengan tumbuhnya gigi.

Dalam situs resminya, World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan agar Si Kecil mulai menerima makanan pendamping sebanyak 3 – 4 kali sehari pada usia 9 – 11 bulan yang mana termasuk bayi 10 bulan. Penentuan makan yang tepat akan menjadi penentu asupan seimbang.

Harapannya, ketika porsi makan bayi 10 bulan tercukupi maka baik berat badan dan tinggi tumbuh dapat sesuai dengan grafik pertumbuhan dari Center for Disease Control and Prevention, yaitu sebagian besar bayi perempuan memiliki berat rata-rata 18,7 pon, sedangkan anak laki-laki memiliki berat sekitar 20,2 pon. Kebanyakan bayi perempuan memiliki panjang sekitar 28,1 inci, sedangkan bayi laki-laki memiliki panjang 28,9 inci.

Namun, setiap anak memiliki kondisi yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi orang tua menjadwalkan bayi untuk ke dokter sekadar untuk pengecekan pertumbuhan dan perkembangannya. Biasanya, berat badan bayi yang lebih rendah dari usianya karena MPASI belum diterima dengan baik.

Kebiasaan Makan Bayi 10 Bulan

jadwal makan bayi 10 bulan: kebiasaan

Foto: Orami Photo Stock

Mulailah makanan baru dengan uji coba (beberapa hari hingga seminggu) untuk mencari reaksi alergi. Tapi:

  • Jangan berikan madu sampai setelah ulang tahun pertama bayi. Ini dapat mengandung spora yang tidak berbahaya bagi orang dewasa, tetapi dapat menyebabkan botulisme pada bayi.
  • Jangan berikan susu sapi biasa sampai Si Kecil lebih dari 12 bulan. Itu tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan bayi.
  • Moms bisa membeli makanan bayi yang menawarkan rasa dan tekstur baru Untuk mencegah tersedak, masak makanan meja sedikit lebih lama, sampai sangat lembut, dan potong kecil-kecil agar Si Kecil dapat menangani dengan aman.
  • Pada saat bayi berusia sekitar 9 bulan, mereka biasanya sudah memiliki ketangkasan dan koordinasi untuk mengambil makanan di antara jari telunjuk dan ibu jari sehingga mereka dapat mencoba makan sendiri kemudian hal ini pun berkembang lebih baik ketika 10 bulan.
  • Ajak Si Kecil bergabung dengan anggota keluarga lainnya saat makan. Pada usia ini, mereka senang berada di meja.
  • Jika Si Kecil menggunakan cangkir sippy, biarkan dia terus mengerjakannya. (Jus harus selalu diberikan dalam cangkir, bukan botol.)

Keamanan Makan Bayi 10 Bulan

jadwal makan bayi 10 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun merasa Si Kecil sudah lebih baik dalam hal makan. Tetap jangan pernah meninggalkan Si Kecil tanpa pengawasan saat makan. Sebelum memberi makan bayi 10 bulan ini perhatian beberapa keamanan seperti:

  • Jangan menyajikan makanan yang bisa membuat Si Kecil tersedak, seperti anggur utuh, sayuran mentah, buah keras, kismis, roti putih, potongan keju keras, hot dog, popcorn, dan permen keras.
  • Sebelum memberi tanyakan kepada diri sendiri, Apakah makanan mudah meleleh di mulut? Beberapa sereal kering akan meleleh di mulut, begitu pula biskuit ringan dan bersisik.
  • Apakah cukup matang sehingga mudah hancur? Sayuran dan buah yang dimasak dengan baik akan mudah dihaluskan. Begitu juga dengan buah dan sayuran.
  • Apakah itu lembut secara alami? Keju cottage, keju parut, dan potongan kecil tahu lembut.

Membuat Jadwal Makan Bayi 10 Bulan Berfungsi

jadwal makan bayi 10 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Saat membuat jadwal makan bayi 10 bulan berfungsi dengan baik maka Moms ingatlah kepribadian Si Kecil saat diberikan makan. Seorang anak yang menyukai banyak rangsangan dapat menikmatinya saat Moms "bermain pesawat" dengan sendok untuk memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

Tetapi anak yang lebih sensitif mungkin perlu fokus terus makan dengan sedikit gangguan. Jika Si Kecil menolak rasa dan tekstur baru, sajikan makanan baru dalam porsi kecil dan campur dengan makanan yang Moms tahu disukai Si Kecil.

Moms mungkin khawatir bahwa Moms memberi makan Si Kecil terlalu banyak atau tidak cukup. Perhatikan tanda-tanda bahwa anak lapar atau kenyang. Anak yang kenyang dapat menyusu dengan kurang antusias, berhenti, atau berpaling dari payudara atau botol. Dengan makanan padat, mereka mungkin berpaling, menolak membuka mulut, atau memuntahkan makanan.

Baca Juga: 7 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 10-12 Bulan

Biarkan jari bayi 10 bulan menyusu atau memegang sendok saat Moms menyusui. Ini adalah persiapan yang baik untuk masa balita, ketika anak-anak bertanggung jawab untuk makan sendiri. Dan jika Moms belum melakukannya, maka atur jadwal makan bayi 10 bulan dan kudapan biasanya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait