Jadwal Sholat

placeholder

Hari ini

Jumat, 22 Oktober 2021

16 Rabi' al-Awwal 1443

Jadwal Sholat Dki Jakarta

Lihat jadwal hari ini
TanggalSubuhTerbitDzuhurAsharMaghribIsya
       
       
       
       
       
       
       

Sumber: Bimas Islam Kementrian Agama

Bagi Moms dan keluarga yang berdomisili di kota Jakarta, mari simak jadwal sholat Jakarta hari ini selengkapnya.

Sholat merupakan tiang agama dalam ajaran Islam, sehingga menjadikan sholat hukumnya wajib dan harus dikerjakan oleh umat Islam.

Oleh sebab itu, jika sholat dikerjakan maka akan mendapatkan pahala, tetapi jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa.

Dalam agama Islam, sholat yang wajib dilaksanakan yaitu sholat fardhu. Sholat fardhu terditi dalam 5 waktu dengan jumlah 17 rakaat setiap harinya.

Allah SWT telah mewajibkan sholat bagi umat Islam dan memerintahkan mereka agar mendirikan, serta menunaikannya dengan baik. 

Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Surah Adz Dzariyat ayat 56 yang berbunyi:

"Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (QS. Adz-Dzariyat : 56).

Ayat di atas menjelaskan jika manusia sesungguhnya diciptakan di duniar agar selalu beribadah kepada Allah. Oleh karena itu, kita sebagai umat manusia berlomba-lomba dalam beribadah salah satunya menjalankan ibadah sholat fardhu.

Nah agar tidak tertinggal waktu sholat, Moms harus mengetahui jadwal sholat Jakarta. Yuk simak jadwal sholat Jakarta di bawah ini.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Gua Maria untuk Wisata Religi Keluarga

Daftar Masjid di DKI Jakarta

Masjid Istiqlal.jpg

Foto: Liputan6.com

Setelah mengatahui jadwal sholat DKI Jakarta, tidak ada salahnya mengetahui daftar masjid terdekat agar ibadah tetap lancar. Masjid Istiqlal adalah masjid nasional Republik Indonesia yang merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara, lho.

Perancang Masjid Istiqlal yakni Friedrich Silaban merupakan seorang Kristen Protestan. Ia dipercaya menjadi perancang masjid Istiqlal ibukota karena telah memenangkan kompetisi rancang masjid beberapa waktu silam.

Makna dibalik pendirian masjid Istiqlal ini yakni "Ketuhanan" dan kompetisi ini diselenggarakan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Bapak Ir. Soekarno.

Selaras dengan semboyan Bangsa Indonesia yakni "Bhinneka Tunggal Ika" yang berarti "berbeda-beda tetapi tetap satu," masjid Istiqlal menjadi ikon toleransi antaragama karena lokasinya berseberangan dengan Gereja Katedral.

Selain ini, berikut daftar masjid di DKI Jakarta yang tersedia. Beberapa contoh masjid tersebut, antara lain:

  • Masjid Istiqlal: Jl. Taman Wijaya Kusuma Rt.08/02, Kel. Pasar Baru, Kec. Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Masjid Baitul Ihsan: Komp. Bank Indonesia Jl. Budi Kemuliaan/Kebon Sirih, Jakarta Pusat
  • Masjid Sunda Kelapa: Jl. Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
  • Masjid Al-Ikhlas: Gedung Kementerian Agama RI, Jl. MH.Thamrin no.6 Jakarta Pusat
  • Masjid Cut Meutia: Jl. Cut Meutia no.1, Menteng, Jakarta Pusat
  • Masjid Al-Fatah: Jl. Menteng Raya No. 58 ( Gedung Muhammadiyah )
  • Masjid At-Tanwir: Stasiun Gambir, Jl. Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Prov. DKI Jakarta
  • Masjid Asy-Syaakirin: Gedung Thamrin City Lt.8, Jl. Kebon Kacang Raya, Kel.Kebon Melati, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat, Prov.DKI Jakarta
  • Masjid Baitul Ikhwan: Jl. Mardani Raya Kel.Cempaka Putih Barat, Kec.Cempaka Putih, Jakarta Pusat
  • Masjid Nurul Iman: Jl. Sinyar Raya Rt.02/09 Kel.Duri Pulo Kec.Gambir, Jakarta Pusat

Baca Juga: 15 Pesantren di Bandung, Terpercaya dan Punya Fasilitas Lengkap!

Makanan Khas DKI Jakarta

Kerak Telor.jpg

Foto: primarasa.co.id

Moms, setelah mengetahui jadwal sholat DKI Jakarta dan sekitarnya serta daftar masjidnya, rasanya belum lengkap jika belum mencoba makanan khas DKI Jakarta berikut ini.

Ini menjadi ide menarik ketika sedang mengunjungi ibukota dalam mengenal budaya dan selak beluk di DKI Jakarta.

Apa saja ya? Yuk kita lihat.

1. Kerak Telor

Ini menjadi makanan khas DKI Jakarta pertama yang harus dicoba. Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sangat terkenal terutama pada saat acara Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Kerak telor hampir mirip dengan martabak, perbedaanya terletak pada isi dan cara memasaknya. Isi kerak telor adalah ketan dan ubi. Cara memasak kerak telor, yaitu dengan dipanaskan di atas tungku arang yang panas.

Mudah sekali menemukan makanan khas DKI Jakarta ini. Penjual kaki lima atau di sekitaran monumen nasional (MONAS) dan kota Tua, banyak yang menjualnya.

2. Ketoprak

Jika Moms penyuka makanan dengan bumbu kacang, ini cocok sekali. Ketoprak adalah makanan khas DKI Jakarta yang selanjutnya.

Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi dengan rasa yang lezat ini disiram dan diaduk dengan saus kacang.

Biasanya, ia juga ditaburi dengan kerupuk warna warni. Makanan khas DKI jakarta dan Betawi ini termasuk makanan yang sangat mudah dijumpai.

3. Soto Betawi

Soto nusantara adalah salah satu destinasi kuliner yang wajib dicicipi di setiap kota. Begitu juga untuk makanan khas DKI Jakarta, soto Betawi patu dicoba.

Soto Betawi ialah soto yang berkuah santan dengan isi daging sapi, ayam, tomat, dan kentang. Rasa soto betawi ini sangat lezat dan gurih.

Daging soto betawi terasa empuk, dan kuahnya terasa gurih dengan campuran santan. Makanan khas DKI Jakarta ini sangat cocok disantap dengan nasi putih sebagai makan siang.

Baca Juga: 9+ Resep Gado-Gado Khas berbagai Daerah, Lezat!

4. Asinan

Bukan hanya kota Bogor yang memiliki asinan, asinan Betawi adalah salah satu makanan khas DKI Jakarta yang juga disukai banyak orang.

Pada Asinan Betawi memiliki campuran berbagai sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti kubis, kecambah, tahu, sawi, selada ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dicampur cuka dan cabai.

Makanan khas DKI Jakarta ini tak jarang juga ditaburi kacang goreng dan bisa disantap dengan kerupuk kuning berbentuk seperti mi yang melingkar.

Meskipun namanya asinan Betawi, kuliner satu ini rasanya gurih, pedas, dan asinnya sangat normal, lho!

5. Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk adalah makanan khas DKI Jakarta yang mempunyai proses masak berbeda dengan nasi putih biasa.

Menggunakan bahan-bahan rempah seperti air santan, daun salam, daun jeruk, serai, dan laos yang dikukus hingga matang.

Nasi uduk Betawi bercita rasa gurih dan beraroma lebih harum.

Biasanya, nasi uduk Betawi disajikan bersama dengan lauk pauk seperti orek tempe, tahu, ayam goreng, daun kemangi, dan sambal goreng.

Selain nikmat disajikan bersama sambal cabai terasi, makanan khas DKI Jakarta ni tak kalah nikmat jika disajikan bersama es teh manis, apalagi ditambah dengan gorengan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Di Jakarta yang Jarang Diketahui

Tempat Terkenal di DKI Jakarta

Monas.jpg

Foto: idetrips.com

Bukan hanya jadwal sholat DKI Jakarta yang perlu Moms ketahui. Tempat terkenal di DKI Jakarta pun perlu Moms ketahui lho.

Selain makanan khas, mengunjungi destinasi tempat terkenal di DKI Jakarta juga harus dicoba. Berikut beberapa tempat terkenal untuk berwisata dan mengenal berbagai monumen di ibukota.

1. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas) merupakan simbol bangsa Indonesia. Monas juga menjadi ikonik kebanggaan dan tempat terkenal DKI Jakarta.

Bangunan dengan tinggi mencapai 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam masa penjajahan kolonial Hindia Belanda.

Sesampainya di puncak Monas, Moms bisa memakai empat teropong yang telah disediakan yang dapat digunakan secara gratis. Selain itu, terdapat juga beberapa anak tangga cukup tinggi yang dapat dinaiki oleh anak-anak agar mereka lebih mudah menikmati pemandangan di DKI Jakarta.

Ini berlokasi di pusat kota, Gambir Jakarta Pusat.

2. Museum Fatahilah

Tempat terkenal di DKI Jakarta selanjutnya yakni museum Fatahilah. Museum ini memiliki tiga lantai dengan banyak ruangan yang menyimpan sejarah detil soal DKI Jakarta.

Tak hanya itu saja, Moms juga bisa menemukan ribuan koleksi benda bersejarah mengenai perkembangan kota Jakarta sejak masih jadi Batavia dan Jayakarta dahulu.

Di museum ini pengunjung dapat berkunjung ke salah satu ruangan yang merupakan replika dari kamar Pangeran Diponegoro.

Lokasi museum Fatahilah yakni di sekitaran Kota Tua Jakarta Pusat.

3. Gelora Bung Karno

Jika Moms penyuka olahraga, tempat terkenal satu ini patut dikunjungi, yakni Gelora Bung Karno (GBK).

Ada berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan di dalam objek wisata satu ini di sekitaran Senayan.

Ingin mengelilingi seluruh GBK tanpa lelah? Ada sepeda tandem dan sepeda roda dua biasa yang disewakan untuk publik, lho.

Selain itu arena ini juga menjadi spot yang seru untuk berolahraga, jogging dan aktivitas olahraga lainnya.

Tempat terkenal di DKI Jakarta ini terletak di Jalan Pintu Satu Senayan, Gelora, Kota Jakarta Pusat.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Sering Jadi Lokasi Film

Daftar Wisata Religi Jakarta

Makam Mbah Priuk.jpg

Foto: islami.co

Moms sekarang sudah tahu kan jadwal sholat Jakarta? Nah setelah mengetahui jadwal sholat Jakarta, tak ada salahnya Moms juga mengetahui wisata religi yang bisa Moms kunjungi bersama keluarga.

Wisata religi ini menambahkan pengetahuan Moms tentang sejarah agama Islam.

Yuk kita simak wisata religi di Jakarta.

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Uniknya, masjid ini dirancang oleh Friedrich Silaban merupakan seorang Kristen Protestan.

Rancangan tersebut membuat masjid Istiqlal kian megah dan mewah. Dari terah masjid, Moms bisa melihat bangunan utama masjid dengan meanara yang menjulang tinggi dan kubah besar.

Masjid Istiqlal memiliki kubah bergaris tengah 45 meneter yang ditopang 12 pilar raksasa dan 5.138 tiang pancang. Kubah diameter 45 meter ini merupakan simbol rasa hormat dan syukur atas kemerdekaan Indonesia pa datahun 1945.

Masjid ini pun hanya memiliki 5 lantai yang melambangkan jumlah rukun Islam. Pada malam hari, masjid Istiqlal memiliki cahaya lampu yang memberikan suasana sejuk dan damai.

Moms selain untuk tempat ibadah, masjid ini digunaka sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia dan berbagai kegiatan, seperti tabligh akbar, pengajian, dan perayaan hari besar Islam.

Wah memang tak heran masjid Istiqlal menjadi destinasi wisata religi yang terkenal di Jakarta ya Moms.

Lokasi: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

2. Masjid At-Tin

Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki Masjid At-Tin yang berdiri megah.

Nama At-Tin awalnya merupakan upaya mengenang jasa-jasa istri mantan Presiden Soeharto yang bernama Ibu Tien atau lengkapnya Hj. Fatimah Siti Hartinah.

Keunikan dari masjid ini adalah arsitekturnya menonjolkan lekukan bentuk anak panah pada dinding dan hampir setiap sudut yang menghiasinya. Wisatawan yang berkunjung ke masjid At-Tin akan langsung dapat melihat kemegahan lekukan anak panah.

Masjid ini dibangun dengan suasana ala Timur Tengah. Pada bagian taman, terdapat lampu-lampu hias dan pohon palem rindang yang membuat masjid terasa sejuk dan adem.

Jika berkunjung ke sana, Moms akan disuguhkan dengan fasilitas yang dimiliki masjid At-Tin, seperti ruang rekreasi, warung makan, internet, perpustakaan, mess muazin, ruang penjaga, hingga rumah dinas imam besar.

Lokasi: Jl. Raya Taman Mini Pintu 1, Jakarta Timur.

Baca Juga: 5 Pulau Cantik Dekat Jakarta yang Layak Jadi Alternatif untuk Berlibur

3. Makam Al-Hawi Condet

Bagi Moms yang tinggal di Jakarta Timur, mengunjungi makan Al-Hawi Condet bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata religi.

Pada bulan puasa makam para Habib ini ramai dikunjungi oleh peziarah. Wisata religi ini juga tak hanya dikunjungi jamaan dari dalam dan luar kota, tetapi sejumlah ulama dari Yaman, Malaysia, dan Singapura pun pernah berziarah ke makam tersebut.

Tak jauh dari Jalan Raya Condet, terdapat masjid dengan arsitektur gaya Belanda.

Berjalan sedikit, Mom akan menemukan komplek makam para ulama besar Islam dan terdapat 10 makam Habib dan 11 makam keturunannya.

Lokasi: Jalan Condet Raya No. 44, RT.2/RW.6, Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur.

4. Situs Religi Makam Mbah Priok

Situs Religi Makam Mbah Priok menjadi salah satu wisata religi di Jakarta dan sering didatangi peziarah karena dianggap keramat.

Sebelum pandemi COVID-19, peziarah biasanya datang pada malam Jumat, malam Sabtu, dan malam Minggu.

Peziarah datang ke makan Mbah Priok ada yang sekedar bersilatuhrami, berdoa hingga minum "mata air barakah" yang diyakini meiliki khasiat, seperti air zam-zam.

Di dalam kawasan ini terdapat 13 makan termasuk makam Habib Hasan al Hadad atau lebih dikenal sebagai Mbah Priok.

Lokasi: Jalan Pasar Koja RW.1, Koja, Jakarta Utara

Baca Juga: Mengisi Liburan Jakarta? Ini 4 Tempat Wisata Ramah Anak yang Bisa Dikunjungi

5. Masjid Agung Sunda Kelapa

Selain masjid-masjid yang disebutkan di atas, terdapat masjid unik yang tak kalah megah yaitu masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat.

Masjid Agung Sunda Kelapa terbilang unik karena tidak memiliki kubah, bedug, bintang bulan, dan sederet simbol khas timur tengah pada bangunannya.

Halaman depan masjid, Moms akan disuguhkan dengan gapura dengan ukiran kaligrafi Arab. Nuansa warnanya sebagian besar berwarna hijau dan emas dan terdapat menara dengan simbol bulan dan bintang di puncak menara.

Hingga kini, masjid Agung Sunda Kelapa masih menunjukkan karakter bangunan aslinya yang apik dan penuh sejarah.

Bentuk atap perahu tersebut merupakan ciri khas dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

Nah itu dia Moms jadwal sholat Jakarta dan wisata religinya. Ternyata Jakarta banyak menyimpan wisata religi dan sejarahnya yang wajib Moms kunjungi untuk menambah wawasan agama Islam.

Moms, sekarang Moms sudah tahu kan jadwal sholat Jakarta? Jadi jangan sampai kelewat ya.

  • https://www.brilio.net/wow/8-hadits-tentang-sholat-lengkap-dengan-keutamaannya-200508x.html
  • https://www.cermati.com/artikel/sambil-menunggu-waktu-berbuka-ayo-nikmati-7-wisata-religi-di-jakarta-ini
Artikel Terkait