Jadwal Sholat

placeholder

Hari ini

Kamis, 28 Oktober 2021

22 Rabi' al-Awwal 1443

Jadwal Sholat Kota Pekanbaru

Lihat jadwal hari ini
TanggalSubuhTerbitDzuhurAsharMaghribIsya
       
       
       
       
       
       
       

Sumber: Bimas Islam Kementrian Agama

Berikut jadwal sholat Pekanbaru, Moms.

Dengan mengetahui jadwal sholat Pekanbaru, Moms pun bisa melaksanakan sholat wajib dengan tepat waktu.

Mengingat sholat lima waktu adalah perkara yang wajib untuk ditunaikan oleh seluruh umat Muslim.

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, Nabi SAW bersabda, “Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah sholat.” (HR. Tirmidzi no. 2825. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani).

Setelah mengetahui jadwal sholat Pekanbaru, tidak ada salahnya juga bagi Moms untuk menyimak daftar masjid di Pekanbaru beserta makanan khas, dan tempat wisatanya.

Baca Juga: 5 Tips Saat Anak Pergi Karyawisata Tanpa Ditemani Orangtua Agar Mandiri

Daftar Masjid Kota Pekanbaru

Masjid Pekanbaru

Foto: cakap.id

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau. Nah, kota ini adalah salah satu pusat ekonomi yang terbesar di Pulau Sumatera.

Kota Pekanbaru pun termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi jika dibandingkan dengan kota lainnya di Sumatera.

Karena termasuk sebagai kota besar, tentunya ada banyak sekali masjid yang bisa Moms kunjungi di wilayah Pekanbaru.

Usai membahas menganai jadwal sholat Pekanbaru, berikut daftar masjid beserta alamatnya yang bisa Moms kunjungi!

  • Masjid Raya Pekanbaru Jl. Senapelan No.128, Kp. Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau 28155
  • Masjid Agung An-Nur Jl. Hang Tuah Pekanbaru, Riau
  • Masjid Al Husni Jl. Kampar Kelurahan Kulim
  • Masjid Al Huda Jl. Perdana, Bukit Raya, Riau
  • Masjid Al-Falah Darul Muttaqin Jl. Sumatera, Simpang Empat, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28121
  • Masjid Ar-Rahim Jl. Imam Munandar, Tengkerang Sel., Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28126
  • Masjid Al-Mujahidin Jl. Jendral Jl. Perwira, Labuh Baru Tim., Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28291
  • Masjid Ar-Rahman Jl. Jend. Sudirman No.482, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau 28121
  • Masjid Muthmainnah Jl. Kartini, Simpang Empat, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28156
  • Masjid Al-Mustaqim Pekanbaru Gg. Cempedak I No.2, Wonorejo, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28121

Baca Juga: 10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Lezatnya Tak Perlu Diragukan!

Makanan Khas Kota Pekanbaru

nasi lemak

Foto: batiqa

Setelah mengetahui jadwal sholat Pekanbaru dan di mana masjid yang bisa dikunjungi, rasanya kurang jika tak membahas makanan khas dari salah satu kota sibuk di Sumatera ini.

Jangan sampai tidak tahu atau ketinggalan informasi nih, Moms! Berikut makanan khas kota Pekanbaru yang wajib untuk dicoba!

1. Nasi Lemak

Nasi lemak memang makanan khas dari Melayu, Moms. Meski demikian penduduk Pekanbaru ternyata banyak sekali orang Melayu. Hal tersebut membuat nasi lemak kian populer di sini.

Nasi lemak sendiri memiliki ciri khas rasa yang gurih. Tak hanya itu, Moms juga bisa menyantap nasi lemak dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, telur dadar, sambal, dan lain sebagainya.

2. Gulai Siput

Nah, kota Pekanbaru juga terkenal banget dengan gulai siputnya nih, Moms! Perlu diakui bahwa siput memang tidak lazim untuk disantap bagi sebagian orang. Meski demikian, menu ini menjadi andalan kota Pekanbaru.

Siput yang disantap diolah dalam bumbu yang sangat khas sekali dengan gulai melayu. Berbeda dengan gulai biasanya, menu ini memiliki kuah yang lebih kental.

Jangan lupa untuk menikmati menu ini karena gulai siput tidak akan Moms temukan di kota lain, lho!

3. Es Laksamana

Mengetahui jadwal sholat Pekanbaru sudah, bagaimana kalau membahas salah satu menu yang bisa disantap bersama keluarga jika berkunjung ke sini? Yup, es laksamana bisa Moms jadikan salah satu pilihan karena begitu menyegarkan!

Es laksamana ini sangat nikmat jika dikonsumsi pada siang hari yang terik. Minuman ini terbuat dari buah kweni, santan, dan juga gula merah.

Rasanya yang segar dan manis membuat es laksamana ini cocok sekali menjadi hidangan di tengah cuaca panas, Moms! Melepaskan dahaga dengan yang manis-manis? Siapa takut!

Jika jadwal sholat Pekanbaru sudah diketahui dan ragam kulinernya pun tak terlewat. Sekarang, saatnya membahas mengenai tempat terkenal di ibu kota Riau yuk!

Baca Juga: Ternyata Ada Manfaatnya Lho Mengajak Anak Wisata Kuliner!

Tempat Terkenal Kota Pekanbaru

jadwal imsak kota pekabaru

Foto: traveloka

Rasanya tidak afdal jika belum membahas mengenai tempat terkenal di kota Pekanbaru usai mengetahui jadwal sholat Pekanbaru, ya, Moms. Mari simak tempat populer di Pekanbaru berikut ini untuk Moms kunjungi dengan keluarga.

1. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman rekreasi ini bisa menjadi tempat Moms dan keluarga ketika memutuskan untuk berkunjung ke Pekanbaru! Dengan mengusung tema taman yang terbuka, taman ini memiliki banyak aktivitas dan berbagai dekorasi kegiatan luar ruangan yang sangat cantik.

Moms juga bisa menikmati berbagai wahana, seperti banana boat dan juga memancing. Ikan tangkapan yang Moms dan Dads dapatkan bisa juga dibawa pulang.

Eits, jangan lupa! Taman ini juga menyediakan tempat foto yang ciamik untuk Moms dan keluarga.

2. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam selalu menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi oleh keluarga yang berlibur.

Bukan hanya keluarga yang datang ke sini, namun ini pun menjadi tempat yang sering digunakan untuk pengambilan foto pre-wedding.

Bentuk objek wisata yang megah ini serta warna yang cantik membuat banyak orang ingin datang dan mengabadikan momen cantik di bukit kapur ini.

Nah, itu informasi mengenai jadwal sholat Pekanbaru dan informasi lainnya seputar kota cantik ini!

3. Theme Park Asia Farm Hayday

Di sini Moms bisa menikmati tur ala Eropa dan lokasi seperti di Jepang. Tak hanya itu, di sini juga bisa ada game berhadiah, bioskop mini, melihat hewan ternah dan lain sebagainya.

Di Theme Park Asia Farm Hayday, Moms bisa menjadikan objek wisata ini untuk mengedukasi Si Kecil juga. Pasti seru, bukan?

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Edukasi di Bali, Pas Banget untuk Si Kecil!

4. Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah ini berlokasi di tepian sungai Siak. Tempat ini pun sering dijadikan lokasi untuk acara atau festival yang diadakan oleh pemerintah kota Pekanbaru.

Jadi, Moms bisa memerhatikan tanggal agar bisa bertepatan dengan festival ya, Moms!

5. Taman Bunga Impian Okura

Taman bunga ini berada di pesisir kota Pekanbaru. Taman ini pun sempat viral di sosial media pada tahun 2018.

Taman ini dikelilingi oleh perkebunan sawit dan karet. Lokasinya pun sangat cantik dan cocok untuk Moms yang senang berfoto.

Mengajak Si Kecil ke taman ini pastinya akan memberikan pengalaman baru dan bisa membuat bonding time bersamanya.

Wisata Religi di Kota Pekanbaru

Istana Siak Sri Indrapura.jpg

Foto: kataomed.com

1. Istana Siak Sri Indrapura

Wisata bernuansa Islami pertama di Kota Pekanbaru yang bisa Moms dan keluarga kunjungi, yakni Istana Siak Sri Indrapura di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Kampung Dalam, Siak, Pekanbaru.

Perlu Moms ketahui, Istana Siak Sri Indrapura merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim.

Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura, sebuah Kerajaan Melayu Islam di Nusantara yang selesai dibangun pada tahun 1893.

Bangunan tersebut mengadopsi konsep arsitektur khas Timur Tengah, Melayu, dan Eropa. Dengan bagian dinding istana berlapis keramik yang didatangkan langsung dari Perancis.

Istana Siak Sri Indrapura terdiri dari dua lantai dan memiliki sembilan ruangan yang didesain untuk sultan, serta satu ruangan untuk tamu kerajaan.

Wisatawan dapat melihat berbagai koleksi peninggalan Kesultanan Siak, mulai dari lukisan, singgasana berlapis emas, duplikat mahkota raja, hingga patung perunggu Ratu Wilhelmina.

2. Wisata Dakwah Okura

Pilihan wisata bernuansa Islami di Kota Pekanbaru yang selanjutnya, yakni Wisata Dakwah Okura yang terletak di Jl. Raja Panjang, Kel. Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau.

Awalnya, tempat wisata ini adalah sebuah yayasan yang dinaungi oleh sebuah pesantren. Pada saat itu, hanya terdapat dua ekor kuda yang digunakan untuk menyalurkan hobi murid-murid yayasan.

Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini terus berkembang hingga dikenal sebagai Wisata Dakwah Okura. Lalu dibuka untuk umum pada tahun 2014, dengan dipimpin oleh Muhammad Ari Syaiful.

Di sini, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan berbagai olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Mulai dari berkuda hingga memanah.

Selain itu, terdapat juga beragam aktivitas menarik lain, seperti berenang, moto cross, down hill, air soft, dan paint ball.

3. Komplek Makam Marhum Pekan

Moms dan keluarga juga dapat mengunjungi Komplek Makam Marhum Pekan yang terletak di Jl. Masjid, Pesisir, Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau sebagai tempat wisata religi.

Sesuai namanya, tempat ini merupakan komplek makam-makan zaman kesultanan.

Di sini terdapat makan Sultah Muhammad Ali Jalil Muazzam (Sultan ke-5) yang pernah memerintah dari tahun 1780 sampai dengan 1782. Selain itu, ada juga pendiri Pekanbaru, Mahrum Pekan yang disemayamkan di Komplek Makam Marhum Pekan.

Tak hanya melakukan ziarah kubur, Moms juga bisa memberikan Si Kecil ilmu pengetahuan seputar sejarah Islam di tempat ini.

Itulah jadwal sholat Pekanbaru beserta informasi menarik lainnya, Moms. Semoga bermanfaat, ya!

  • https://travelista.id/travel/667/ke-riau-jangan-lupa-kunjungi-5-lokasi-wisata-religi-ini/
  • https://riauaktual.com/news/detail/53834/3-tempat-wisata-halal-terbaru-di-pekanbaru.html
  • https://makassar.terkini.id/destinasi-wisata-halal-di-pekanbaru-untuk-menyemarakkan-liburan-anda/
  • http://kelanariau.blogspot.com/2017/01/wisata-dakwah-okura-menuai-pahala-lewat-wisata.html
  • https://www.andalastourism.com/tempat-wisata-pekanbaru
Artikel Terkait